Ibu Melahirkan di Halaman Rumah Sakit, Begini Kronologinya

Kronologi ibu melahirkan di halaman rumah sakit

14 Juli 2021

Ibu Melahirkan Halaman Rumah Sakit, Begini Kronologinya
Pexels/MART PRODUCTION

Saat menghadapi persalinan, semua ibu pasti berharap semua prosesnya berjalan lancar dan baik-baik saja. Namun hal berbeda justru dialami oleh seorang ibu asal Yogyakarta, yang terpaksa melahirkan anaknya di halaman rumah sakit dalam kondisi berdiri.

Kabar itu langsung menjadi viral di dunia maya karena hal itu diduga terjadi karena sang Mama terlambat mendapat pelayanan rumah sakit. Meski demikian, pihak Dinas Kesehatan kemudian memberikan klarifikasi tentang kejadian sebenarnya. Berikut Popmama.com ulas berita terkait seorang ibu melahirkan di halaman rumah sakit, khusus untuk Mama.

1. Video yang viral

1. Video viral
Pexels/Pixabay

Rekaman berdurasi 30 detik yang beredar itu menunjukkan seorang perempuan berbaju kuning beserta suaminya yang menggunakan baju oranye. Sang suami tampak memegang bayi yang baru saja lahir. Sementara itu, istrinya masih dalam posisi berdiri, dan nampak belum mendapatkan penanganan yang seharusnya.

Dalam waktu singkat, video tersebut tersebar dan menjadi perhatian masyarakat. Mengingat membludaknya kasus Covid-19 belakangan ini, ada dugaan bahwa sang Mama tidak mendapatkan pelayanan sebagai mestinya. Tentu saja hal ini menuai pro dan kontra netizen.

Editors' Picks

2. Kronologi persalinan yang sebenarnya

2. Kronologi persalinan sebenarnya
Pexels/Jonathan Borba

Pihak Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani, membenarkan kejadian tersebut. Memang benar ada ibu hamil yang melahirkan di halaman Rumah Sakit Pratama pada Senin (12/7/2021) lalu. Namun hal itu bukan terjadi karena sang Mama tidak mendapatkan pelayanan sebagaimana mestinya.

Kejadian yang sebenarnya adalah ibu hamil tersebut datang ke rumah sakit tanpa membawa rujukan. Sementara itu, IGD di rumah sakit tersebut sedang dalam kondisi penuh. Namun saat petugas sedang menanyai sang Suami, tiba-tiba saja sang Istri sudah melahirkan.

Melihat kejadian tersebut, pihak rumah sakit juga segera memberikan pertolongan. Ibu yang melahirkan tersebut langsung dibawah ke dalam rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan sebagaimana mestinya.

3. Kondisi ibu dan bayi kini

3. Kondisi ibu bayi kini
Pexels/Isaac Taylor

Video ibu yang melahirkan dalam posisi berdiri di halaman rumah sakit memang cukup mencengangkan. Pasalnya, hal ini memang cukup berisiko. Persalinan yang tidak steril berpotensi mengundang penyakit, sedangkan posisi persalinan yang tidak ideal bisa saja membahayakan bayi maupun sang Mama.

Namun menurut Emma Rahmi Aryani, pihak rumah sakit telah melakukan tindakan cepat untuk mengatasi hal ini. ibu dan bayinya pun segera mendapat pertolongan serta dalam kondisi sehat dan selamat. Pihak Dinkes pun berharap kesalahpahaman dan pemberitaan yang tidak benar di luar sana bisa diluruskan.

Amankah Ibu Hamil Melahirkan dalam Posisi Berdiri?

Amankah Ibu Hamil Melahirkan dalam Posisi Berdiri
Pexels/Amina Filkins

Bagi masyarakat awam, ibu melahirkan dalam posisi berdiri memang kurang aman dan nyaman. Meski demikian, dalam ilmu medis, melahirkan dalam posisi ini sangat mungkin dilakukan. Namun tentunya dengan berbagai pengamanan dan standar kesehatan yang memadai.

Beberapa pendapat mengatakan bahwa posisi melahirkan dengan berdiri akan membantu Mama membuka panggul dengan lebih mudah dan lebar dengan bantuan gravitasi. Namun untuk melakukannya, Mama harus memastikan bahwa posisi ini cukup aman untuk bayi lahir.

Itulah sedikit ulasan Popmama.com tentang ibu yang melahirkan di halaman rumah sakit Yogyakarta. Persalinan memang hal yang tak main-main karena membutuhkan persiapan dan proses yang matang. Karenanya, jangan lupa untuk merencanakannya dengan baik ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.