5 Fakta Ibu Melahirkan di Bulan Muharram, Bayinya Punya Indera Keenam?

Mama akan mendapat berkah khusus jika melahirkan di hari ke-10 Muharram

9 Juli 2024

5 Fakta Ibu Melahirkan Bulan Muharram, Bayi Pu Indera Keenam
Freepik/jcomp

Bagi umat Islam, suasana di bulan Muharram akan terlihat berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Hal ini dikarenakan Muharram menjadi bulan pertama di kalender Hijriyah dan menjadi salah satu bulan mulia selain bulan Dzulhijjah, Dzulqaidah, dan Rajab.

Banyak orang memilih untuk tidak menikahkan anaknya di bulan Muharram karena dianggap sebagai bulan angker. Mereka juga tidak mau mengkhitankan anaknya di Muharram karena dianggap sebagai bulan sakral. 

Lantas, bagaimana dengan ibu yang melahirkan di bulan Muharram? Berikut Popmama.com siap membahas deretan fakta ibu melahirkan di bulan Muharram

1. Mendapatkan pahala berlipat ganda

1. Mendapatkan pahala berlipat ganda
Freepik/pch.vector

Melansir laman NU Online, bulan Muharram termasuk salah satu dari empat bulan yang dimuliakan Allah SWT. Barang siapa yang melakukan kebajikan di bulan Muharram seperti melahirkan, maka akan diberikan pahala berlipat ganda.

Imam Al Baghawi mengatakan:

العَمَلُ الصَّالِحُ أَعْظَمُ أَجْرًا فِي الْأَشْهُرِ الْحُرُمِ، وَالظُّلْمُ فِيْهِنَّ أَعْظَمُ مِنَ الظُّلْمِ فِيْمَا سِوَاهُنَّ
Artinya: “Amal saleh lebih agung (besar) pahalanya di dalam bulan-bulan haram (Zulqa’dah, Zulhijjah, Muharram, dan Rajab). Berbuat kedzaliman di dalamnya (juga) lebih besar daripada kedzaliman di dalam bulan-bulan selainnya.” - (Imam Al-Baghawi). 

Editors' Pick

2. Membawa berkah dan rahmat khusus

2. Membawa berkah rahmat khusus
Pexels/Vidal Balielo Jr.

Bulan Muharram dianggap salah satu dari empat bulan suci dalam Islam, bersama dengan Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Rajab. Umat Islam sering mempercayai bahwa bulan ini membawa berkah dan rahmat khusus, termasuk bagi mereka yang akan melahirkan.

Di bulan Muharram, umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan amal ibadah. Dalam Islam, melahirkan dapat dianggap sebagai amal baik dan bentuk ibadah. Selain itu, Islam sangat menghargai dan memuliakan peran ibu. Rasulullah SAW bersabda bahwa surga berada di bawah telapak kaki ibu.

Hal tersebut menunjukkan betapa besar penghargaan Islam terhadap peran ibu, termasuk proses melahirkan.

3. Mendapat berkah khusus jika melahirkan di hari ke-10 Muharram

3. Mendapat berkah khusus jika melahirkan hari ke-10 Muharram
Freepik/wavebreakmedia-micro

Hari ke-10 Muharram dikenal sebagai Hari Asyura, yang mana memiliki makna khusus dalam sejarah Islam. Banyak yang percaya bahwa melahirkan di bulan ini membawa berkah dan rahmat tambahan, baik bagi sang Mama maupun bayi yang dilahirkan. 

Meski tidak ada dalil khusus dalam agama yang menyatakan hal ini, keyakinan tersebut sering kali dipengaruhi tradisi serta budaya yang menghargai bulan Muharram sebagai waktu penuh keberkahan. 

4. Melahirkan bayi pada waktu suci

4. Melahirkan bayi waktu suci
Freepik/DC Studio

Muharram dikenal sebagai ‘bulan Allah’ (Syahrullah). Melahirkan bayi pada bulan Muharram sering kali dianggap sebagai peristiwa penuh berkah karena berlangsung dalam waktu yang dipandang penuh rahmat dan kedamaian. 

Selain itu, banyak umat Islam  meyakini bahwa bayi yang lahir di bulan ini akan membawa keberkahan tambahan. 

5. Kemungkinan bayi memiliki indera keenam

5. Kemungkinan bayi memiliki indera keenam
Freepik/annakharchenko1

Malam 1 Suro merupakan malam yang menandai awal pula pertama di penanggalan Jawa. Di tahun ini, malam 1 Suro bertepatan dengan 1 Muharram 1446 Hijriuah alias Tahun Baru Islam. 

Menurut Furi Harun selaku Ahli Medium Interdimensional, masuk akal jika bayi yang lahir pada malam 1 Suro kemungkinan besar memiliki indra keenam. Kemungkinan tersebut dapat lebih besar mencapai 70 persen dibandingkan bayi lain. 

Keyakinan tentang keistimewaan ini kembali pagi pada masyarakat yang bersumber dari tradisi serta kepercayaan leluhur masing-masing. Ada yang masih mempercayainya, namun ada pula yang menyampingkannya. 

Itu dia beberapa fakta ibu melahirkan di bulan Muharram. Secara umum, melahirkan di bulan Muharram bisa dianggap sebagai momen yang sangat istimewa dan penuh harapan baik. Sebab, bertepatan dengan waktu yang dimuliakan dalam kalender Islam.

Baca juga: 

The Latest