Teladan! Ini 5 Kisah Seleb Mama yang Pernah Jadi Pendonor ASI

Ternyata, begini suka duka menjadi pendonor ASI

7 Agustus 2019

Teladan Ini 5 Kisah Seleb Mama Pernah Jadi Pendonor ASI
Instagram.com/sarwendah29,tya_ariestya,inijedar

Air Susu Ibu (ASI) merupakan satu-satunya asupan makanan bagi bayi yang belum bisa mencerna makanan padat. ASI diproduksi karena adanya hormon prolaktin oksitosin setelah kelahiran bayi.

Meski begitu, tak semua perempuan memiliki pasokan ASI yang sama. Pasalnya, produksi ASI dipengaruhi oleh berbagai macam hal, seperti makanan, kondisi jiwa dan pikiran, perawatan payudara, pola istirahat, dan masih banyak lagi.

Nah, bagi Mama yang memiliki masalah dengan produksi ASI, jangan khawatir!

Di zaman modern ini, banyak sekali tersedia bank ASI bagi Mama yang produksi ASI-nya tidak terlalu banyak. Bank ASI tersebut berasal dari para Mama yang memiliki pasokan ASI melimpah.

Hal tersebut juga dilakukan oleh beberapa selebriti tanah air seperti Sarwendah hingga Jessica Iskandar.

Tak hanya mendonorkan ASI di area Jakarta, artis-artis ini juga ternyata menyumbangkan ASI-nya hingga keluar negeri, lho!

Nah, kira-kira siapa saja seleb yang mendonorkan ASI setelah melahirkan? Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa daftarnya.

1. Sarwendah Tan donor ASI di Singapura

1. Sarwendah Tan donor ASI Singapura
Instagram.com/sarwendah29

Pada 5 Juni 2019 lalu, Sarwendah Tan baru saja melahirkan anak keduanya Thania Putri Onsu di Rumah Sakit Thomson Medical Singapura.

Menariknya, ia tidak hanya memberikan ASI untuk si Kecil Thania, tetapi juga untuk bayi-bayi lain yang membutuhkan donor ASI.

Meskipun saat itu ia masih menetap di Singapura, tetapi ia tak mau menyerah untuk melanjutkan tindakan mulia yang sudah ia lakukan saat melahirkan anak pertamanya, Thalia.

Ia pun berusaha untuk melakukan cek darah agar bisa mendonorkan ASI-nya selama di Singapura.

“Kita lagi mau ke RS mau cek darah untuk donor ASI selama di Singapura. Semoga hasilnya bagus jadi bisa kayak waktu cici-nya donor ke hospital dan anak-anak lain yang membutuhkan,” ujar istri Ruben Onsu tersebut dalam salah satu unggahan di akun instagram pribadinya.

Setelah melewati serangkaian test, Sarwendah akhirnya dapat menjadi pendonor ASI di Singapura. Ia pun merasa sangat bersyukur dan berharap agar ASI pemberiannya dapat membantu sesama.

“Tak berhenti aku bersyukur bagaimana saat ini aku kembali bisa menjadi pendonor ASI dan kali ini di Singapura. Untuk menjadi pendonor ASI sudah pasti harus melewati proses yang panjang untuk bisa di pastikan kalau ASI bagus dan dinyatakan berhasil untuk bisa jadi pendonor ASI. Semoga bisa banyak membantu anak-anak ASI lagi ya, jadi cece @thaliaputrionsu dan dede @thaniaputrionsu banyak saudaranya,” ujar Sarwendah.

2. Tya Ariestya donor ASI ke anak kembar Cynthia Lamusu

2. Tya Ariestya donor ASI ke anak kembar Cynthia Lamusu
Instagram.com/tya_ariestya

Dikenal sebagai salah satu artis yang berhasil menjalani bayi tabung. Tya Ariestya ternyata juga pernah menjadi pendonor ASI.

Uniknya, ia diminta langsung oleh pasangan artis Surya Saputra dan Cynthia Lamusu untuk memberikan ASI pada kedua bayi kembarnya, yakni Atharva Bimasena Saputra dan Ataya Tatjana Aisyah Putri.

Menurut informasi yang beredar, Tya Ariestya ditunjuk oleh Surya dan Cynthia sebagai ibu sepersusuan anaknya karena Tya memiliki pola hidup yang sehat. Jadi mereka pun dapat menjamin kualitas ASI yang dimiliki oleh Tya.

Editors' Picks

3. Jessica Iskandar donor ASI ke 9 bayi, termasuk Gempita

3. Jessica Iskandar donor ASI ke 9 bayi, termasuk Gempita
Instagram.com/haristjio

Pada 2013 lalu, Jessica Iskandar melahirkan El Barack Alexander. Setelah melahirkan, ia tidak hanya memberikan ASI pada El tetapi juga pada sembilan bayi lainnya yang membutuhkan.

Karena tindakan mulianya itu ia sempat dipanggil ibu ASI oleh teman-temannya.

“Ada sembilan bayi. Cowoknya satu, delapannya cewek. Aku kenal, ada temen, ada saudara. Ada anak produser aku. Kemarin baru kasih 10 kantung. Kalau diminta aku kasih,” ungkap Jessica pada awak media.

Diantara beberapa bayi tersebut salah satunya ialah Gempita Nora Marten anak Gading Marten dan Gisella Anastasia.

Perempuan yang kini menjadi tunangan Richard Kyle itu mengaku iba bila ada bayi yang haus dan mengharapkan ASI dari Mamanya. Oleh karena itu, ia bersedia membantu memberikan nutrisi untuk bayi-bayi tersebut.

“Aku kasihan kalau ada yang aku kenal bayinya nggak bisa kasih ASI. Aku tahu kan rasanya bayi kelaparan, kasihan,” tutup Jessica.

4. Melanie Putria membuka donor ASI di Instagram

4. Melanie Putria membuka donor ASI Instagram
Instagram.com/melanieputria

Melanie Putria juga menjadi salah satu artis yang mendonorkan ASI-nya. Sebagai seorang Mama, Melanie sangat bersyukur bisa diberikan kemudahan dan kelancaran dalam memberikan ASI.

Oleh karena itu, ia memiliki bank ASI sendiri di dalam rumahnya. Ia mengaku tak ragu untuk menyumbangkan ASI-nya pada teman-temannya di media sosial.

Ia juga sangat terbuka bila ada orang yang datang ke rumahnya dan membutuhkan ASI untuk bayi mereka.

5. Sharena Delon donor ASI karena produksi berlimpah

5. Sharena Delon donor ASI karena produksi berlimpah
Instagram.com/mrssharena

Hampir serupa dengan Melanie Putria, Sharena Delon juga memutuskan untuk menjadi pendonor ASI karena produksi ASI-nya yang melimpah.

Dalam akun Instagram pribadinya, Sharena Delon mengungkapkan bahwa dirinya sering melakukan pumping ASI karena dia selalu menyediakan ASI perah untuk anaknya.

Selain itu, ia juga memutuskan untuk mendonorkan sisa kebutuhan ASI-nya.

“Rencananya sih once a day mau aku coba pake botol sampai stock liquid gold milk-ku habis. Sisa ASIP yang normal mau di donorin aja,” ujar Sharena.

Nah, itulah kelima kisah seleb Mama tanah air yang pernah menjadi pendonor ASI.

Sangat menginspirasi dan patut diacungi jempol!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;