Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Payudara Besar Sebelah saat Menyusui

Kondisi ini banyak dialami oleh busui, apakah Mama juga mengalaminya?

19 September 2020

Ini Penyebab Cara Mengatasi Payudara Besar Sebelah saat Menyusui
verywellfamily.com

Proses menyusui memang idealnya bisa dilakukan di kedua sisi payudara. Harapannya, tentu saja agar produksi ASI tetap seimbang.

Selain itu, jika proses menyusui tidak dilakukan di salah satu sisi payudara, tentu saja bisa berisiko terjadi pembengkakan karena saluran susu tersumbat, ataupun mastitis.

Laman Very Well Family menerangkan bahwa payudara besar sebelah saat menyusui bisa disebabkan oleh si Kecil yang mungkin lebih sering menyusu pada salah satu payudara saja.

Nah, saat Mama menyusui si Kecil, jaringan-jaringan penyuplai ASI (hormon prolaktin) di payudara akan bekerja ekstra keras.

Semakin sering Mama menyusui bayi, misalnya di payudara kanan, maka semakin besar pula sel-sel jaringan payudara.

Itulah mengapa payudara terlihat besar sebelah. Sementara, payudara yang jarang digunakan untuk menyusui, akan terlihat lebih kecil atau tidak setara dengan payudara yang lain.

Di samping itu, produksi ASI di payudara yang jarang dipakai menyusui juga akan semakin berkurang.

Setelah mengetahui penyebab payudara besar sebelah saat menyusui, berikut Popmama.com juga telah merangkum tiga cara mengatasi kondisi tersebut.

Editors' Picks

1. Mulai menyusui dari payudara yang lebih kecil

1. Mulai menyusui dari payudara lebih kecil
Parents.com

Saat masuk waktu menyusui atau ketika si Kecil rewel ingin menyusu, Mama bisa memulai dengan menyusuinya dari payudara yang lebih kecil.

Biasanya, beberapa hari kemudian, payudara yang lebih kecil ini akan mulai menghasilkan lebih banyak ASI dan ukuran payudara akan lebih seimbang.

2. Memompa dan memijat payudara setelah menyusui

2. Memompa memijat payudara setelah menyusui
Freepik/Zilvergolf

Ketika bayi sudah kenyang dan selesai menyusu, Mama bisa memompa payudara untuk merangsang payudara yang lebih kecil agar memproduksi ASI lebih banyak.

Cara ini efektif untuk meningkatkan suplai ASI yang seharusnya membantu meningkatkan ukuran payudara mama.

3. Memompa payudara satunya ketika sedang menyusui

3. Memompa payudara satu ketika sedang menyusui
medicalnewstoday.com

Ketika si Kecil sedang menyusu di payudara kanan, misalnya, Mama bisa memerah ASI yang ada pada payudara kiri. Cara tersebut efektif untuk menyeimbangkan produksi ASI. Suplai ASI yang seimbang juga akan membuat bentuk payudara menjadi seimbang pula.

Apalagi saat sedang menyusui, payudara yang tidak sedang menyusui tetap akan memproduksi ASI. Sayang bila Mama melewatkan kesempatan tersebut.

Nah, itulah penyebab beserta tiga cara mengatasi payudara besar sebelah saat menyusui. 

Jika bayi memiliki preferensi payudara dan menolak untuk menyusui di dua sisi, cobalah mencari tahu mengapa, dan biasakan agar si Kecil mau menyusui dari kedua payudara.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.