Bisa Memperlancar ASI, Ini 5 Manfaat Srikaya untuk Ibu Menyusui

Walaupun bisa meningkatkan produksi ASI, jangan makan secara berlebihan ya, Ma

2 Maret 2021

Bisa Memperlancar ASI, Ini 5 Manfaat Srikaya Ibu Menyusui
Pexels/Stock Photography

Buah srikaya atau sering disebut juga dengan Mona atau Nona. Rasanya yang manis membuat buah ini disukai banyak orang. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh, terlebih ibu hamil dan menyusui.

Kandungan yang terdapat dalam buah srikaya adalah vitamin B1, vitamin C, karbohidrat, protein, serat, kalsium, potassium, magnesium, zat besi, zinc, fosfor, dan lemak. Untuk itu, buah srikaya banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa manfaat buah srikaya untuk ibu menyusui. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Meningkatkan produksi ASI

1. Meningkatkan produksi ASI
Pexels/Wendy Wei

Ibu menyusui disarankan untuk mengonsumsi srikaya karena mampu meningkatkan produksi ASI. Hal ini dikarenakan srikaya mengandung vitamin dan mineral yang mampu merangsang produksi ASI. 

Nah, dengan mengonsumsi buah srikaya, produksi ASI dapat meningkat. Namun, pastikan mengonsumsinya dengan benar dan tidak berlebihan. Sebaiknya makan seperlunya saja. 

Editors' Picks

2. Baik untuk pencernaan

2. Baik pencernaan
Pexels/keng muansuk

Srikaya mampu melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Buah ini dapat menghilangkan racun di dalam usus. Maka dari itulah, pencernaan bisa berjalan lancar. Mama pun terhindar dari diare, sembelit, dan penyakit perut lainnya.

Mama yang sedang mengalami diare pun bisa diobati dengan mengonsumsi buah srikaya. Walaupun sedang diare, Mama tak perlu khawatir karena masih dapat menyusui.

3. Mengatasi stres dan depersi

3. Mengatasi stres depersi
Freepik

Kerap kali banyak ibu menyusui yang mengalami stres atau depresi karena menjadi orangtua baru. Srikaya mampu mengatasi stres atau depresi karena mengandung zat kimia yang bagus untuk otak. 

Srikaya mengandung magnesium dan vitamin B kompleks yang dapat mengendurkan otot, mengurangi stres, depresi, dan meningkatkan kesehatan otak.

Jadi, semua nutrisi yang terdapat pada buah srikaya juga mampu membuat perasaan ibu menyusui lebih tenang, nyaman, dan bebas stres.

4. Detoks alami dengan srikaya

4. Detoks alami srikaya
Pexels/Milind

Tanpa disadari tubuh kita mengandung racun yang bisa menyebabkan beberapa penyakit. Biasanya racun datang dari makanan-makanan yang dikonsumsi. Dengan mengendapnya racun dalam tubuh bisa membahayakan kesehatan diri sendiri.

Nah, srikaya mampu mengusir racun dalam tubuh karena mengandung antioksidan yang tinggi. Jadi, konsumsi buah srikaya agar racun segera ke luar dari dalam tubuh. Mama pun menjadi lebih sehat dan mempunyai daya tahan tubuh yang kuat.

5. Mendorong pertumbuhan rambut

5. Mendorong pertumbuhan rambut
Freepik

Masalah yang sering dihadapi oleh ibu menyusui adalah banyaknya rambut yang rontok. Hal ini dikarenakan selama masa menyusui kadar hormon estrogen, progesteron, oksitosin, dan prolaktin mengalami penurunan.

Salah satu cara untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan mengonsumsi srikaya. Selain itu, buah srikaya juga dapat mempermudah penyerapan nutrisi pada rambut. Zat besi yang terkandung dalam srikaya inilah yang bisa mengatasi semua masalah rambut rontok.

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah srikaya juga bisa mengatur produki sebum pada kulit kepala. Sehingga kepala jauh dari masalah ketombe dan kulit kepala yang kering.

Itulah beberapa manfaat buah srikaya untuk ibu menyusui. Meski bermanfaat, makanlah buah srikaya dengan tidak berlebihan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.