Menyusui saat Bayi Tidur, Apakah Boleh Dilakukan?

Apakah ini aman untuk bayi?

3 Maret 2021

Menyusui saat Bayi Tidur, Apakah Boleh Dilakukan
Freepik/sergei_stock1977

Jika bayi terbangun dalam keadaan lapar setiap malam, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Selain memberikan ASI lebih banyak di siang hari, Mama juga dapat menyusuinya di malam hari saat ia tidur.

Menyusui bayi saat mereka tidur di malam hari dapat mencegah bayi terbangun dan menangis karena kelaparan.

Apakah ini aman untuk dilakukan? Yuk, simak tips Popmama.com berikut mengenai menyusui saat bayi tidur.

Apakah Aman Menyusui Bayi saat Ia Tertidur?

Apakah Aman Menyusui Bayi saat Ia Tertidur
Freepik/Jcomp

Menyusui saat bayi tidur dikenal juga dengan sebutan dream feed. Ini adalah saat Mama membangunkan bayi, namun ia tidak  terbangun sepenuhnya, untuk menyusu sekali lagi sebelum Mama tidur di malam hari.

Bayi yang tidur antara jam enam dan delapan malam sering terbangun karena lapar di tengah malam. Penelitian menunjukkan bahwa memberikan ASI tambahan di antara jam 10 malam dan tengah malam biasanya mengurangi bayi terbangun karena lapar, membantu bayi tetap tidur sampai waktu pagi yang lebih “masuk akal”. Ini bisa menjadi bagian dari jadwal tidur rutin si Kecil.

Editors' Picks

Bagaimana Caranya?

Bagaimana Caranya
Freepik/etajoefoto

Apakah Mama tertarik untuk melakukan dream feed? Yuk, lakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Dengan lembut keluarkan bayi dari keranjang bayi atau boks bayi antara pukul 10-12 malam. Atau sebelum Mama tidur.
  • Tempatkan payudara (atau botol) di bibir bawah bayi. Biasanya bayi akan mulai menyusu, meskipun dia belum bangun sepenuhnya.
  • Lakukan selama 5 hingga 10 menit di satu sisi payudara, lalu tawarkan sisi lainnya selama 5 hingga 10 menit lagi.

Jika bayi sangat mengantuk, Mama mungkin perlu membangunkannya sedikit, dengan mengganti popoknya jika basah atau menggelitik jari kakinya.

Apakah Perlu Membuat Bayi Bersendawa?

Apakah Perlu Membuat Bayi Bersendawa
Freepik/yanalya

Ya. Mama harus selalu menyendawakan bayi setelah menyusui meskipun bayi setengah sadar. Lalu bagaimana membuat bayi kembali tertidur sepenuhnya?

Pertama, bungkus bayi dengan bedung. Mama pun dapat mengayunnya di kursi goyang atau berjalan dengan menggendong bayi di lengan.

Saat Mama meletakkan si Kecil di tempat tidur, ingatlah untuk melakukan trik "bangun dan tidur" cepat, yang mengajarkan bayi untuk tertidur sendiri.

Ketika Mama melakukan dream feed, ia akan mendapatkan kalori ekstra yang dibutuhkannya agar tidur lebih nyenyak. Mama pun bisa tidur dengan nyenyak tanpa terbangun karena tangisan bayi di tengah malam.

Sampai Kapan Mama Harus Melakukan Dream Feed?

Sampai Kapan Mama Harus Melakukan Dream Feed
Freepik/freepic.diller

Ingat, tujuan mama adalah membantu bayi tidur hingga pagi hari. Seperti yang dinyatakan di atas, lima hingga 10 menit di setiap sisi payudara sudah cukup untuk kebanyakan bayi.

Semua bayi berbeda, jadi tidak ada rekomendasi usia yang spesifik mengenai sampai kapan Mama harus melakukan dream feed.

Aturan umumnya adalah bahwa Mama dapat mengucapkan selamat tinggal pada dream feed pada dua hingga empat minggu setelah bayi tidur nyenyak hingga pagi hari.

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting bagi Mama dan bayi, jadi, cara ini bisa dilakukan agar semua bisa tidur dengan nyenyak.

Itulah informasi mengenai menyusui saat bayi tidur. Selamat mencoba, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.