TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Rekomendasi Suplemen Vitamin A untuk Ibu Menyusui

Selain baik untuk kesehatan mata, vitamin A dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh saat menyusui

28 September 2022

6 Rekomendasi Suplemen Vitamin A Ibu Menyusui
Freepik/Racool_studio

Setelah melahirkan, pola hidup sehat harus terus diterapkan. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Vitamin dibutuhkan agar ASI yang dihasilkan berkualitas. ASI menjadi makanan utama si Kecil selama enam bulan pertama. ASI akan mendukung tumbuh kembang bayi.

Salah satu vitamin yang penting adalah vitamin A. Ini merupakan salah satu vitamin yang berfungsi untuk perkembangan dan kinerja berbagai organ tubuh, seperti mata, kulit, organ reproduksi, dan sistem kekebalan tubuh. Bukan cuma ibu menyusui saja yang mendapatkan manfaatnya, tetapi bayi pun turut mendapatkan manfaat vitamin A dari ASI. Kekurangan vitamin A dapat mengganggu kesehatan mama dan si Kecil.

Kebutuhan vitamin A dapat dipenuhi dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Bila kurang, Mama dapat mengonsumsi suplemen. Konsumsi suplemen vitamin A sebaiknya dilakukan dengan anjuran dokter.

Berikut Popmama.com berikan beberapa rekomendasi vitamin A untuk ibu menyusui.

1. 21st Century Vitamin A

1. 21st Century Vitamin A
iherb

Suplemen vitamin A dari 21st Century ini mengandung 3.000 mikrogram (mcg) atau 10.000 IU vitamin A. Dalam satu botol terdiri dari 110 butir. Sebaiknya dikonsumsi satu butir setiap hari setelah makan.

Suplemen vitamin A ini juga tidak memiliki tambahan gula serta mengandung minyak kedelai, gelatin, gliserin, air murni, dan kedelai untuk bagian softgels. Tidak memiliki tambahan ragi, pengawet, perisa, dan juga pewarna buatan. Jadi aman untuk dikonsumsi saat menyusui, Ma.

Harga: Rp 39.000.

2. Blackmores Vitamin A

2. Blackmores Vitamin A
Bukalapak

Dosis vitamin A yang pada Blackmores Vitamin A adalah 5.000 IU dan dianjurkan untuk mengonsumsinya sebanyak satu buah per hari untuk orang dewasa.

Konsumsi Blackmores Vitamin A baik untuk penglihatan pada malam hari, menjaga kesehatan kulit, untuk pemeliharaan selaput lendir yang sehat seperti lapisan pencernaan dan pernapasan.

Selama menyusui, sistem kekebalan tubuh yang baik dibutuhkan agar tidak mudah sakit. Nah, suplemen ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh mama selama menyusui si Kecil.

Harga: Rp.255.000.

Editors' Picks

3. Imugard Vitamin Herbal

3. Imugard Vitamin Herbal
Shopee

Imugard adalah suplemen vitamin A yang terbuat dari bahan herbal dan berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Suplemen vitamin A ini memiliki formula Triple Action Herbal yang terdiri dari meniran, daun kelor, dan kunyit yang efektif untuk memelihara daya tahan tubuh. Kandungan vitamin A yang terdapat dalam suplemen ini berasal dari daun kelor.

Untuk menjaga daya tahan tubuh dan memberikan asupan nutrisi yang diperlukan saat menyusui, konsumsi vitamin ini dengan rutin setiap hari.

Harga: Rp 26.000 – Rp 80.000.

    4. NOW Foods Vitamin A

    4. NOW Foods Vitamin A
    Tokopedia

    NOW Foods Vitamin A merupakan salah satu suplemen vitamin A yang memiliki dosis hingga 10.000 IU. Memiliki dosis tinggi, sebaiknya dikonsumsi hanya sebutir setiap harinya atau sesuai dengan anjuran dokter.

    NOW Foods Vitamin Amemberikan nutrisi esensial dalam tubuh, baik untuk kesehatan mata, dan membantu fungsi imun kesehatan tubuh dengan baik.

    Suplemen ini juga merupakan produk non-Genetically Modified Organisms (non-GMO) dan memiliki kualitas Good Manufacturing Practices (GMP).

    Harga: Rp 101.500 – Rp 365.900.

    5. Puritan’s Pride Beta Carotene Pro Vitamin A

    5. Puritan’s Pride Beta Carotene Pro Vitamin A
    Tokopedia

    Beta karoten yang terkandung dalam makanan berwarna merah, kuning, dan oranye dikonversi menjadi vitamin A. Beta karoten memiliki sifat sebagai antioksidan untuk melindungi sel dari kerusakan.

    Suplemen ini memiliki kandungan vitamin A yang mencapai 25.000 IU. Jadi Mama hanya membutuhkan 1 tablet per hari.  

    Selain melindungi sel dari kerusakan, konsumsi vitamin A juga dapat memberikan beberapa manfaat berikut:

    • Membantu menjaga kesehatan mata.
    • Mendukung sistem kekebalan tubuh.
    • Memberikan manfaat antioksidan bagi jantung dan organ lainnya.
    • Membantu menjaga kulit dan kesehatan rambut.

    Harga: Rp 140.000 – Rp 250.000.

    6. Swisse Ultiboost Zinc+

    6. Swisse Ultiboost Zinc+
    Tokopedia

    Produk suplemen kesehatan asal Australia, Swisse Ultiboost Zinc+, memiliki kandungan vitamin A 1250 IU dengan paduan zinc 25 mg, vitamin B6 30 mg, magnesium 35 mg, dan manganese 2 mg yang baik untuk kesehatan tubuh.

    Suplemen ini bermanfaat sebagai pengatur dari sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, menyembuhkan luka kecil, berperan vital dalam kesehatan reproduksi perempuan dan laki-laki, juga menjaga metabolisme dari protein, lemak, dan karbohidrat.

    Vitamin ini hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa dengan dosis satu tablet per hari, sebaiknya dikonsumsi setelah makan.

    Harga: Rp 198.000 – Rp 245.000.

    Itulah beberapa rekomendasi suplemen vitamin A untuk ibu menyusui. Sebelum Mama memutuskan untuk mengonsumsi suplemen, terutama dalam masa menyusui, konsultasikan dulu dengan dokter mengenai suplemen yang paling tepat. 

    Semoga informasi ini bermanfaat, Ma.

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

    Mama CerdAZ

    Ikon Mama CerdAZ

    Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

    Cari tahu yuk