Mengejutkan Orangtuanya, Bayi Ini Lahir dengan Berat Hampir 7 Kilogram

Memecahkan rekor dunia nggak, ya?

4 Januari 2019

Mengejutkan Orangtuanya, Bayi Ini Lahir Berat Hampir 7 Kilogram
dailymail.co.uk

Banyak yang bilang, semua yang ada di Texas menjadi lebih besar! Sepertinya istilah ini tepat digunakan, karena bayi asal Texas ini baru saja memecahkan rekor dunia sebagai bayi terbesar.

Umumnya, bayi yang lahir di Indonesia memiliki berat badan lahir yang tidak melebihi 4 kilogram. Jauh berbeda dengan Ali James Medlock, yang akhir tahun lalu baru lahir di Arlington, Texas, Amerika Serikat.

Ali James lahir dengan berat badan seperti 2 bayi. Dokternya bahkan bilang ia tidak pernah melihat bayi sebesar itu selama 30 tahun berkarier menjadi dokter kandungan.

Mau tahu kisah lengkap Ali James sang pemecah rekor dunia? Baca artikel Popmama.com selengkapnya di bawah ini yuk, Ma.

1. Mengejutkan, berat badan lahir yang sensasional

1. Mengejutkan, berat badan lahir sensasional
Dailymail.com

Jennifer Medlock, ibu dari Ali James mengaku tidak merasa ada yang aneh pada kehamilannya. Selama 9 bulan mengandung Ali James, anak keduanya, semua berjalan normal dan nyaris tanpa kendala.

Namun siapa yang sangka, kalau Ali James akan lahir dengan berat badan yang sunggu sensasional. Mengutip USA Today, Ali James lahir dengan berat badan 14 pon 13 ons, atau sekitar 6,7 kilogram. Panjang tubuhnya juga terbilang luar biasa, yaitu 21 inci atau sekitar 54 centimeter.

Baca juga: 8 Cara Tepat Merawat Tali Pusar Bayi Hingga Puput

2. Jauh dari perkiraan awal sang dokter

2. Jauh dari perkiraan awal sang dokter
Pexels/rawpixel.com

Sebelum melahirkan, dokter kandungan memang sudah mengatakan pada Jennifer kalau bayinya akan besar, namun perkiraan dokter hanya sekitar 10 pon atau 4,5 kilogram.

Jennifer dan Eric Medlock tidak kaget mendengar perkiraan tersebut, karena putri pertama mereka juga lahir dengan berat badan yang besar, yaitu 9 pon 10 ons atau sekitar 4,2 kilogram.

“Kami tidak menyangka akan lahir 14 pon. Tidak ada yang menyangka,” ujar Jennifer pada laman USA Today.

Kelahiran bayi dengan berat nyaris 7 kg ini mengejutkan kedua orangtuanya.

Editors' Picks

3. Harus masuk NICU

3. Harus masuk NICU
Freepik/Shutter2u

Ukuran lahir yang besar ini membuat Ali James harus dilahirkan melalui proses operasi sesar. Tak hanya itu, Ali James juga harus mendapatkan perawatan khusus di NICU, karena gula darahnya sangat rendah hingga bisa mengancam keselamatannya.

Ali James juga kesulitan bernapas saat baru lahir, selain itu kadar platelet-nya juga mengkhawatirkan. Beberapa gangguan kesehatan itu membuat Ali James harus dirawat di ruang NICU selama 1 minggu.

Namun setelah 1 minggu, Ali James dinyatakan sehat dan boleh dibawa pulang. Tentu saja Jennifer dan Eric sangat bahagia, mereka sudah tidak sabar ingin mempertemukan Ali James dengan Annabelle, kakaknya yang kini berusia 2 tahun.

4. Meski beratnya luar biasa, Ali tidak masuk rekor dunia

4. Meski berat luar biasa, Ali tidak masuk rekor dunia
Daily Mail

Dengan berat lahir seperti itu, sudah pasti Ali James menjadi bintang di antara bayi-bayi lain yang lahir dengan berat badan besar juga.

Dokternya bahkan bilang ia belum pernah membantu persalinan bayi dengan berat seperti Ali James, padahal ia sudah berkarier menjadi dokter kandungan selama lebih dari 30 tahun.

Walau begitu, ternyata berat badan Ali James tidak cukup besar untuk mengalahkan rekor-rekor bayi besar sebelumnya.

Menurut Guiness Book of World Record, bayi terbesar yang pernah lahir di dunia lahir di Ohio pada 1879 silam, beratnya mencapai 22 pon atau tepatnya 9.98 kilogram. Namun sayang, ia meninggal dunia 11 jam setelah dilahirkan. Bayi itu bahkan belum sempat diberi nama.

Namun bayi asal Ohio itu lahir dari ibu yang mengalami gigantisme. Sedangkan rekor bayi besar yang lahir dari ibu sehat dipegang oleh Ademilton yang lahir dengan berat 7,57 kilogram pada 2005 lalu di Brazil.

Pernah juga ada bayi yang lahir dengan berat 10,2 kilogram di Afrika Selatan, namun bayi dari Mama bernama Christina Samane ini didiskualifikasi karena ternyata ia mengidap Weaver Syndrome, yang menyebabkan pertumbuhan anak tidak normal.

Sedangkan untuk wilayah Texas, tempat lahir Ali James, bayi terbesar di kota itu adalah JaMichael Johnson, yang lahir pada 2011 lalu dengan berat 16 pon atau sekitar 7,2 kilogram. Masih lebih besar dari Ali James.