Manfaat Keju untuk Ibu Menyusui Terhadap Kualitas ASI

Mana suaranya pecinta keju?

16 Maret 2020

Manfaat Keju Ibu Menyusui Terhadap Kualitas ASI
Freepik/valeria_aksa...

Ketika Mama sedang aktif menyusui si Kecil, maka diperlukan asupan gizi yang cukup agar kualitas ASI selalu terjaga.

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi produk olahan susu bernama keju. Mungkin Mama termasuk salah satu orang yang tidak terlalu suka keju, namun faktanya ada banyak manfaat keju untuk ibu menyusui terutama untuk ASI dan dampaknya bagi bayi.

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan manfaat keju untuk ibu menyusui yang telah Popmama.com rangkum berikut ini.

Mau tahu apa saja segudang manfaat keju untuk ibu menyusui dan bayinya?

Keju bisa menjadi sumber protein tinggi bagi ibu menyusui yang berguna untuk meningkatkan kualitas ASI. Seperti diketahui, keju adalah produk olahan susu, yang kaya akan protein.

Kandungan pada keju sendiri sangat mirip dengan susu, hanya saja Mama harus mengonsumsinya dengan porsi yang cukup.

Buatlah menu keju yang bervariasi sehingga Mama bisa menikmati keju secara rutin tanpa rasa bosan. Berikut ini manfaat keju untuk ibu menyusui yang juga akan didapat manfaatnya oleh bayi.

1. Pertumbuhan tulang dan gigi

1. Pertumbuhan tulang gigi
thedailybeast.com

Kalsium sangat berguna dalam masa pertumbuhan tulang dan gigi si Kecil. Nah, selain sebagai sumber protein, ternyata keju juga memiliki kandungan vitamin B yang berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium.

Sebuah studi membuktikan bahwa jenis keju cheddar dan mozzarella dapat mencegah gejala kerapuhan gigi.

Jadi, Mama patut memasukkan keju dalam daftar makanan sehari-hari dengan berbagai macam olahannya. Selain baik untuk kesehatan Mama sendiri, nutrisi yang terserap nantinya juga bisa tersalurkan ke anak melalui ASI.

Editors' Picks

2. Kekebalan tubuh

2. Kekebalan tubuh
Freepik/tirachard

Manfaat keju untuk ibu menyusui berikutnya adalah menjaga kekebalan tubuh. Ini dikarenakan adanya kandungan protein di dalam keju. Salah satu gejala kekurangan protein yang perlu Mama tahu adalah rambut rontok pada saat menyusui.

Jika Mama mengalami hal tersebut, jangan biarkan berlanjut.

Konsumsi keju agar mendapat tambahan asupan protein yang mana juga sangat bermanfaat untuk menunjang kekebalan tubuh sehingga si Kecil juga tidak gampang sakit.

3. Melancarkan sistem pencernaan

3. Melancarkan sistem pencernaan
verywellhealth.com

Inilah manfaat fosfor bagi ibu menyusui yang bisa didapat dari keju. Seringkali Mama mengalami sembelit ketika sedang menyusui, yang mana artinya penyerapan nutrisi di dalam tubuh tidak terjadi dengan baik.

Nah, tugas fosfor di dalam tubuh adalah untuk merangsang riboflavin dan niacin agar nutrisi yang terserap lebih maksimal.

Tips Mengonsumsi Keju untuk Ibu Menyusui

Tips Mengonsumsi Keju Ibu Menyusui
idaijogja.or.id

Di pasaran Mama dapat menemukan beragam jenis keju dangan ukuran yang berbeda-beda. Ada keju yang keras, lembut dan keju yang kulit luarnya telah dicuci.

Nah, perlu diketahui bahwa kualitas dan kandungan nutrisinya ternyata juga berbeda-beda. Misalnya kandungan kalsium pada keju berbeda-beda tergantung dari proses pembuatannya.

Mama juga lebih disarankan mengonsumsi jenis keju rendah lemak karena kadar lemak dan kalorinya rendah.

Apabila Mama punya banyak stok keju di rumah, simpanlah di lemari es agar kualitas kesegarannya terjaga. Lalu saat hendak dikonsumsi, diamkan dulu beberapa saat hingga suhu keju sama dengan suhu ruangan.

Itu dia penjelasan tentang apa saja manfaat keju untuk ibu menyusui dan bagaimana tips mengonsumsinya dengan baik. Semoga bermanfaat ya Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.