Menunjang Imun, Inilah Jenis Vitamin yang Diperlukan Ibu Menyusui

Tak semua vitamin dan suplemen untuk meningkatkan imun tubuh aman dikonsumsi ibu menyusui

12 Mei 2021

Menunjang Imun, Inilah Jenis Vitamin Diperlukan Ibu Menyusui
Freepik/Wirestock
Dok. Jovee

Bagi para mama yang menyusui, menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting bagi diri sendiri dan bayi mama. Terutama selama musim pancaroba dan saat wabah pilek dan flu menjalar. Meningkatkan kekebalan tubuh dengan konsumsi makanan yang bergizi adalah langkah awal yang sangat baik.

Tetapi, terkadang kita sangat sibuk sehingga tak sempat memerhatikan makanan yang kita konsumsi. Jangankan kelengkapan gizinya, bahkan makan pun tak sempat karena harus berjuang melakukan berbagai aktivitas yang menyita perhatian kita. 

Untuk mengisi kekosongan asupan gizi tersebut, banyak ibu menyusui yang mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen. Suplemen ini ditujukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh setelah melahirkan. 

Lalu apa saja jenis vitamin dan nutrisi yang diperlukan di masa menyusui? Berikut ini Popmama.com merangkum informasinya dilansir dari Healthline:

Vitamin dan Nutrisi yang Diperlukan selama Menyusui

Vitamin Nutrisi Diperlukan selama Menyusui
Freepik/User6694312

Sebelum mengonsumsi multivitamin tambahan selama menyusui, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan mendiagnosis dan mendiskusikan apa saja vitamin dan nutrisi yang perlu ditambah dan tidak dalam asupan harian mama. 

Sebagian mama masih terus minum vitamin prenatal saat menyusui sehingga sebagian besar nutrisi penting yang dibutuhkan selama periode pasca persalinan sudah tercakup. Berikut ini beberapa nutrisi penting yang harus dipastikan didapatkan oleh ibu menyusui setiap hari:

  • Kalsium
  • Asam folat
  • Yodium
  • Zat besi
  • Vitamin A
  • Vitamin B6
  • Vitamin B12
  • Vitamin C
  • Vitamin D
  • DHA
     

Editors' Picks

Asupan Vitamin dan Nutrisi di Masa Menyusui dari Makanan

Asupan Vitamin Nutrisi Masa Menyusui dari Makanan
Pexels/foodie-fact

Untuk meningkatkan imunitas tubuh, vitamin dan nutrisi dari suplemen memang dapat menunjangnya. Tetapi, asupan vitamin dan nutrisi yang harus diutamakan adalah yang berasal dari makanan yang sehat. Berikut ini rekomendasi diet makanan untuk ibu menyusui dari Mary Gollan, RD, konsultan laktasi Preg Appetit! seperti yang kami lansir dari Healthline:

  • 1/2 piring buah dan sayuran
  • 1/2 cangkir biji-bijian
  • 3 ons protein tanpa lemak
  • Produk susu dan olahannya setiap kali makan

Untuk menambah energi dan meningkatkan produksi ASI, Obstetrics and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan ibu menyusui untuk makan sekitar 450 hingga 500 kalori ekstra per hari. Secara umum, jumlah  ini setara dengan total sekitar 2.500 kalori per hari.

Amankah Mengonsumsi Suplemen Penambah Kekebalan Tubuh dengan Multivitamin Lain?

Amankah Mengonsumsi Suplemen Penambah Kekebalan Tubuh Multivitamin Lain
Freepik/user12715979

Perlunya mengonsumsi suplemen atau tidak di masa menyusui adalah hal perlu didiskusikan dengan dokter atau ahli diet mama. Dilansir dari CDC, jika Mama dalam masa menyusui dan harus menjalani diet ketat, Mama mungkin tidak mendapatkan nutrisi yang cukup melalui makanan sehingga meningkatkan risiko kekurangan gizi. 

Apabila kondisinya demikian, melengkapi gizi dengan suplemen peningkat kekebalan tubuh selain multivitamin diperbolehkan. Dengan catatan konsumsi dan dosisnya di bawah pengawasan dokter. 

Kuncinya adalah jangan melebihi jumlah harian yang dianjurkan dan minumlah suplemen yang terbukti aman untuk ibu menyusui. 

Jenis-Jenis Suplemen dan Vitamin yang Tergolong Aman dan Tidak Aman untuk Ibu Menyusui

Jenis-Jenis Suplemen Vitamin Tergolong Aman Tidak Aman Ibu Menyusui
Freepik/Wirestock
Dok. Jovee

Minum suplemen dan vitamin tambahan untuk ibu menyusui tidak bisa sembarangan. Beberapa jenis suplemen, vitamin, atau pun merek-nya mengandung bahan-bahan yang dapat mengalir melalui ASI mama dan berbahaya apabila masuk ke tubuh bayi. Berikut ini beberapa jenis suplemen dan vitamin yang tergolong aman untuk ibu menyusui, asalkan diminum sesuai dosis yang disarankan:

  • Vitamin C (120 mg per hari)
  • Vitamin D (600 IU per hari)
  • Vitamin B kompleks (bervariasi, tergantung jenis vitamin B-nya)
  • Probiotik (dosisnya bervariasi tergantung jumlah colony forming units (CFU) yang terdaftar pada labelnya)
  • Seng (12 mg per hari)

Suplemen yang masih menjadi kontroversi konsumsinya untuk ibu menyusui antara lain echinacea dan elderberry. Jika Mama melihat manfaatnya sesuai dengan kondisi tubuh mama, Mama sebaiknya mendiskusikannya dengan dokter untuk mendapat gambaran pro dan kontranya jika diminum dalam masa menyusui.

Peringatan Penting Menyangkut Konsumsi Vitamin dan Suplemen Tambahan

Peringatan Penting Menyangkut Konsumsi Vitamin Suplemen Tambahan
Unsplash/Pina Messina

Setiap mama pasti akan mengusahakan yang terbaik untuk kesehatan diri sendiri dan bayinya. Konsumsi vitamin dan suplemen tambahan adalah salah satu cara untuk meningkatkan vitalitas dan kualitas ASI. 

Namun, setiap ibu menyusui dan bayi memiliki riwayat kesehatan individu yang unik, Ma. Oleh karena itu, kita tidak dapat berasumsi bahwa setiap suplemen yang dijual bebas sekalipun aman dikonsumsi oleh ibu menyusui. Ibu menyusui juga akan berbagi suplemen melalui ASI-nya dengan bayinya. 

Kami sangat menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi vitamin dan suplemen apapun. 

Nah, itulah informasi terkait jenis vitamin yang dibutuhkan ibu menyusui untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.