Pembuluh Darah Pecah, Penyebab Mata Merah setelah Melahirkan

Dengan teknik mengejan yang benar, masalah ini bisa dihindari

8 September 2021

Pembuluh Darah Pecah, Penyebab Mata Merah setelah Melahirkan
Freepik/tirachardz

Setelah melahirkan, mungkin Mama mendapati beberapa bagian tubuh yang mengalami perubahan atau kejanggalan. Sebagian mama baru menyadari adanya masalah pada mata mereka yang menyebabkan mata memerah parah. Wah, apakah hal ini berbahaya? 

Berikut ini Popmama.com merangkum informasi mengenai penyebab mata merah setelah melahirkan, dilansir dari What to Expect:

Penyebab Mata Merah setelah Melahirkan

Penyebab Mata Merah setelah Melahirkan
Freepik/User18526052
Dok. Jovee

Mata merah setelah melahirkan umumnya terjadi akibat pembuluh darah yang pecah di bawah dan di dalam mata. Hal ini disebabkan karena ketika dalam proses persalinan, mama Mengejan dan mendorong sangat keras. Alih-alih bagian bawah tubuh yang terdorong, bagian wajah dan mata lah yang terdorong sehingga pembuluh darah pun memompa terlalu kencang dan akhirnya pecah.

Editors' Picks

Apakah Kondisi Ini Dapat Kembali Seperti Semula?

Apakah Kondisi Ini Dapat Kembali Seperti Semula
Freepik/valuavitaly

Mata memerah setelah melahirkan memang tampak membuat wajah menjadi tidak segar ya, Ma. Tetapi tenang, Ma, kondisi ini secara normal dapat kembali seperti semula. Kurang lebih membutuhkan waktu sekitar seminggu hingga dua minggu setelah melahirkan, area mata akan membaik. 

Tips Mengatasi Mata Merah setelah Melahirkan

Tips Mengatasi Mata Merah setelah Melahirkan
Freepik/cookie_studio

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan terhadap mata merah setelah melahirkan sambil menunggu gejala ini mereda, antara lain:

  • Mengompres dingin mata beberapa kali sehari selama 10 menit setiap kali untuk membantu mempercepat pemulihan.
  • Kenakan kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan di siang hari.

Mencegah Mata Memerah setelah Melahirkan

Mencegah Mata Memerah setelah Melahirkan
Freepik/DCStudio

Saat Mama mengejan dan mendorong dalam proses melahirkan, Mama cenderung mendorong sekuat tenaga. Namun, hal ini sebaiknya tidak dilakukan. Dalam kelas-kelas persiapan melahirkan, instruktur menganjurkan untuk mendorong dengan tenaga dari diafragma dan otot perut atas. Tujuannya untuk meminimalkan ketegangan yang mungkin terjadi pada otot dan pembuluh-pembuluh darah di bagian tubuh lain. 

Dengan teknik mengejan dan mendorong yang tepat, pembuluh darah mata tidak akan pecah. Apabila wajah mama terasa memerah dan kepala seolah-olah terasa meledak selama proses melahirkan, kemungkinan mata akan memerah setelah proses melahirkan selesai. 

Studi juga menunjukkan bahwa ibu hamil yang bugar secara fisik pada trimester terakhir kehamilan akan lebih baik dalam mendorong secara efisien, dan mata mereka tidak akan terlalu terpengaruh oleh ketegangan persalinan.

Kapankah Kondisi Ini Menjadi Berbahaya?

Kapankah Kondisi Ini Menjadi Berbahaya
Freepik/Jcomp

Secara umum, mata memerah setelah melahirkan akibat pecahnya pembuluh darah bukanlah hal yang berbahaya. Tetapi apabila Mama mendapati tubuh mama mudah memar dan muncul lebih banyak kapiler-kapiler yang pecah di bagian tubuh lain, segera konsultasikan ke dokter karena hal ini dapat menjadi penanda kondisi kesehatan yang lebih serius. 

Demikian informasi terkait penyebab mata merah setelah melahirkan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.