Aman Rawat Kulit di Masa Menyusui dengan 9 Rekomendasi Skincare Ini

Pastikan skincare yang Mama gunakan mengandung bahan-bahan yang aman untuk ibu menyusui

6 Juli 2021

Aman Rawat Kulit Masa Menyusui 9 Rekomendasi Skincare Ini
Freepik

Saat hamil hingga setelah melahirkan mungkin Mama menyadari adanya perubahan pada kulit mama. Sebagian ibu hamil ada yang mengalami pregnancy glow, tetapi sebagian lainnya justru merasakan berbagai masalah kulit yang cukup mengganggu, bahkan hingga di masa menyusui.

Meski di masa menyusui ini banyak Mama yang merasa lebih malas dan sibuk mengurus bayi mungil mama, tetapi bukan berarti tidak bisa merawat diri lho, Ma. Mama tetap bisa mendapatkan kulit yang sehat dengan rutin menggunakan skincare. Namun pastikan produk yang Mama gunakan aman untuk ibu menyusui. 

Berikut ini Popmama.com punya rekomendasi skincare yang aman untuk ibu menyusui. Beberapa di antaranya bahkan merupakan produk skincare lokal. Yuk intip daftarnya:

1. Avoskin

1. Avoskin
avoskinbeauty.com

Skincare lokal memang sedang mendapatkan sorotan karena kualitasnya yang jempolan. Avoskin, salah satunya. Avoskin menggunakan bahan-bahan alami dan halal yang telah disesuaikan dengan karakteristik kulit perempuan Indonesia. 

Di websitenya, Avoskin menjelaskan bahwa produk-produknya telah teruji klinis, aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui. Tetapi untuk beberapa produk, seperti yang mengandung BHA, retinol, dan alpha arbutin sebaiknya Mama berdiskusi dahulu dengan dokter jika ingin menggunakanannya. 

2. Bio Oil

2. Bio Oil
Popmama/Bio Oil
Bio Oil

Di masa kehamilan, kulit meregang karena janin yang membesar dan perubahan bentuk tubuh serta kenaikan berat badan yang mungkin cukup signifikan. Setelah melahirkan hingga menyusui, stretch marks pun masih menjadi momok yang menghantui. Untuk mengatasi stretch marks yang mengganggu, Bio Oil banyak digunakan oleh para ibu hamil dan menyusui di seluruh dunia. 

Bio Oil telah menjadi holy grail  bagi banyak ibu hamil dan menyusui karena manjur untuk mengatasi stretch marks dan melembapkan kulit. Mama juga dapat menyamarkan bekas luka dan membuat kulit wajah jadi lebih ternutrisi dengan mengaplikasikannya di area wajah tipis-tipis. 

3. Cetaphil

3. Cetaphil
cetaphil.co.id

Hingga selepas melahirkan dan menyusui, sebagian Mama masih merasakan kulitnya tidak sebaik saat sebelum hamil. Biasanya yang dikeluhkan adalah kulit yang lebih kering daripada sebelumnya. Untuk itu Mama memerlukan produk perawatan yang lembut, aman, dan melembapkan. 

Mama dapat mencoba perawatan kulit dari Cetaphil yang terkenal akan formulasinya yang lembut, ringan, dan aman untuk ibu hamil. Mulai dari pembersih wajah hingga sunscreen, Cetaphil dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia di berbagai apotik atau pun e-commerce.

Editors' Picks

4. Mama's Choice

4. Mama's Choice
shopee.co.id

Di kalangan para Mama, merek Mama's Choice mungkin sudah tak asing lagi. Apabila Mama bingung dengan banyaknya merek skincare di pasaran yang masih diragukan keamanannya untuk ibu menyusui, Mama's Choice bisa menjadi pilihan terpercaya. 

Mama's Choice diformulasikan dengan kandungan bahan-bahan yang aman, alami, serta halal untuk ibu hamil. Tentu saja, jika aman untuk ibu hamil, maka juga aman untuk ibu menyusui. Ada begitu banyak produk Mama's Choice yang tersedia untuk Mama, mulai dari sheet mask tanpa alkohol, paraben, dan pewangi, sampai pelembap wajah, hingga perawatan untuk rambut.
 

5. Mustela

5. Mustela
mustela.co.id

Merek Mustela banyak dikenal sebagai salah satu merek perawatan kulit untuk bayi yang terkenal di seluruh dunia. Tetapi tahukah Mama, Mustela tak hanya punya produk-produk untuk bayi saja. Melainkan juga punya lini produk maternity alias untuk ibu hamil dan menyusui. Sebut saja stretch marks serum, stretch marks cream, dan nursing comfort balm. Menarik bukan, Ma?

6. Sebamed

6. Sebamed
amazon.com

Dikenal sebagai merek yang terkenal akan perawatan kulit berjerawatnya, ternyata Sebamed ini aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui lho, Ma. Ada berbagai produk yang ditujukan untuk merawat kulit yang mengalami stretch marks atau pun untuk merawat kulit wajah mama yang sedang rentan terhadap kekeringan dan menjadi lebih sensitif. 

7. Sensatia Botanical

7. Sensatia Botanical
Tokopedia.com

Bicara soal kandungan skincare, bahan yang alami dan natural lebih disarankan untuk ibu hamil dan menyusui. Kini ada banyak produk dari merek lokal yang mengutamakan keunggulan manfaat bahan alami dan natural. Salah satunya adalah Sensatia Botanical. 

Sensatia Botanical adalah merek kosmetik asli Indonesia yang berasal dari Bali. Telah berdiri sejak tahun 2000, Sensatia Botanical memiliki berbagai jenis produk perawatan kulit wajah dan tubuh yang ramah untuk ibu hamil dan menyusui. Mulai dari face wash, toner, scrub, masker, hingga essential oil

8. The Body Shop

8. The Body Shop
Instagram.com/thebodyshopindo

Untuk Mama pecinta produk perawatan tubuh dan kulit dari The Body Shop, boleh bergembira, Ma. Pasalnya, The Body Shop aman digunakan oleh ibu hamil atau pun menyusui sekalipun. 

The Body Shop mempunyai berbagai rangkaian produk perawatan kulit, mulai dari mengatasi dan menyembuhkan jerawat, hingga serum yang dapat digunakan agar kulit tampak segar, lembap, dan glowing di masa menyusui. Agar lebih aman, konsultasikan dengan dokter produk-produk apa saja yang ingin Mama gunakan di masa ini agar diteliti kandungan bahan-bahannya yang aman digunakan. 

9. Wardah

9. Wardah
Tokopedia.com

Siapa sih perempuan Indonesia yang tak kenal dengan merk Wardah? Ya, Wardah merupakan merk kosmetik asli Indonesia yang telah mendapat label halal dari Majelis Ulama Indonesia dan juga lolos uji BPOM. Mengantongi izin dan telah melewati ujian yang ketat, Wardah menggunakan bahan-bahan yang aman digunakan, bahkan untuk ibu hamil dan menyusui sekalipun. 

Wardah memiliki berbagai lini rangkaian yang dapat menjadi solusi berbagai permasalahan kulit perempuan Indonesia. Jadi, pilih yang sesuai dengan kondisi kulit mama ya.

Itu dia sembilan rekomendasi skincare yang aman untuk ibu menyusui. Apa merek skincare andalan mama yang aman dan punya kandungan yang baik untuk ibu menyusui?

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.