Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Tips Merawat Payudara agar Tetap Kencang saat Menyusui

Kesadaran dalam merawat kesehatan payudara diperlukan agar tetap kencang saat menyusui

8 Desember 2022

7 Tips Merawat Payudara agar Tetap Kencang saat Menyusui
Freepik.com

Tubuh perempuan mampu melakukan hal-hal yang luar biasa, salah satunya menyusui. Namun, seiring waktu area payudara saat menyusui akan mengalami banyak perubahan.

Berbagai perubahan tersebut dapat berdampak pada bentuk dan ukuran payudara kita. Hal ini seperti ukuran payudara yang menjadi lebih besar dan areola payudara yang terlihat lebih gelap.

Kesadaran untuk merawat payudara harus dilakukan untuk merawat dan menjaga kebersihan payudara. Sehingga membuat bentuk payudara mu tetap kencang walau saat menyusui.

Berikut Popmama.com sajikan nih! 7 tips cara merawat payudara mu agar tetap kecang walau sedang menyusui.

1. Gunakan bra dengan ukuran yang tepat

1. Gunakan bra ukuran tepat
Freepik.com

Untuk menjaga bentuk payudara agar tetap kencang penggunaan bra harus disesuaikan dengan ukuran yang pas dan tidak terlalu ketat.

Apabila tidak menggunakan ukuran yang tepat akan menyebabkan payudara mu terasa sakit. Pilih bra dengan bahan terbaik seperti katun agar payudara mu dapat bernafas dengan baik.

2. Lakukan olahraga rutin

2. Lakukan olahraga rutin
Freepik.com

Rutin berolahraga ternyata mampu berdampak pada bentuk payudara. Dilansir dari flo.health hal ini dapat menyebabkan otot dibawah payudara mu (pectorals) akan semakin mengencang dan terangkat.

Lakukan olahraga seperti push up, latihan beban, chest press, dan lainnya agar bentuk payudara mu semakin terjaga.

Editors' Picks

3. Berikan produk perawatan yang merawat kulit payudara

3. Berikan produk perawatan merawat kulit payudara
Freepik.com

Gunakan produk perawatan kulit payudara seperti lotion dan pelembap untuk menjaga kekencangan dan menghidrasi area kulit di payudara.

Penggunaan lotion dan pelembap dengan bahan herbal dapat menjadi pilihan karena memiliki ekstrak alami yang mampu meremajakan kulit. Selain itu melakukan scrub untuk mengangkat kulit mati pada area payudara juga bisa mengangkat kembali lho bentuk payudara mu agar terlihat semakin kencang.

4. Berlatih postur tubuh yang baik

4. Berlatih postur tubuh baik
Freepik.com

Bnetuk payudara juga dapat dipengaruhi oleh postur tubuh buruk yang terlihat bungkuk. Jaga postur bahu ke belakang dan luruskan tulang belakang sebanyak mungkin. Hal ini dilakukan agar postur tubu yang baik dapat menopang bentuk payudara agar terlihat terangkat dengan baik.

5. Atasi pembengkakan payudara dengan benar

5. Atasi pembengkakan payudara benar
Freepik.com

Ssat menyusui payudara mu akan terasa terlalu penuh, keras, dan bengkak. Gunakan kompres air dingin untuk mengatasi pembengkakan dan peradangan. Menggunakan alat bantu seperti pemerah asi otomatis bisa kamu gunakan agar payudara mu tetap terjaga.

6. Cari posisi nyaman saat menyusui

6. Cari posisi nyaman saat menyusui
Freepik.com

Agar bentuk tubuhmu tidak terganggu dan merasa nyaman, cari posisi terbaik yang nyaman saat akan menyusui. Penggunaan bantal bisa dilakukan agar mama dan bayi terasa nyaman.

Cobalah untuk tidak membungkuk atau memiringkan payudara ke bawah karena seiring waktu, menyusui setiap hari hanya akan memperparah kekenduran payudara.

7. Jaga kebersihan alat dan area payudara

7. Jaga kebersihan alat area payudara
Freepik.com

Saat mulai menyusui perhatikan bantalan payudara bersih dan higienis. Hindari pemakaian yang menyebabkan kelembapan karena dapat mengakibatkan jamur. Oleh karena itu Bantalan menyusui yang bersih dan kering dapat membantu mencegah puting payudara terhindar dari lecet, sariawan, atau mastitis.

Itu dia Popmama.com sajikan beberapa cara untuk merawat payudara agar tetap kencang saat menyusui, jangan lupa diterapkan untuk bentuk payudara yang sehat ya.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk