Mengalami 5 Hal Ini di Awal Kehamilan? Segera Periksa ke Dokter!

Kenali potensi kondisi berbahaya di awal kehamilan

7 Mei 2021

Mengalami 5 Hal Ini Awal Kehamilan Segera Periksa ke Dokter
Freepik/dusanpetkovic

Berita kehamilan selalu menjadi hal membahagiakan bagi orangtua yang menanti-nanti kehadiran buah hati. Segera setelah mengetahui bahwa Mama hamil, tindakan paling baik yang bisa Mama lakukan adalah membuat janji konsultasi dengan dokter atau bidan ahli terkait kandungan.

Konsultasi dengan dokter kandungan tidak akan terlalu sering atau intens. Namun ada beberapa kondisi di awal kehamilan yang perlu Mama waspadai dan segera tindak lanjuti ke dokter atau bidan ahli segera setelah Mama mengalaminya.

Cari tau lima kondisi yang berpotensi bahaya bagi kandungan di awal kehamilan dalam artikel Popmama.com di bawah ini yuk!

1. Muntah terus menerus

1. Muntah terus menerus
Freepik/Comzeal

Morning sickness adalah salah satu gejala yang umum Mama alami sejak awal masa kehamilan. Namun, jika Mama kerap merasa mual hingga muntah terus menerus dalam jarak waktu berdekatan dan sulit untuk berhenti, Mama berpotensi mengalami dehidrasi dan lemas.

Dalam kondisi ini, segera kabari orang terdekat atau langsung periksakan diri ke dokter.

Editors' Picks

2. Perdarahan parah

2. Perdarahan parah
Unsplash/Anthony Tran

Siklus menstruasi tentu terhenti bersamaan dengan terbentuknya janin. Namun tidak jarang ibu hamil yang masih mengeluarkan flek dari vagina karena berbagai faktor hormonal dan reaksi tubuh terhadap stressor.

Apabila Mama mengalami perdarahan yang banyak dari vagina hingga terlihat seperti keadaan menstruasi, sangat mungkin sesuatu terjadi pada kandungan mama. Hentikan aktivitas yang berat atau melelahkan dan langsung periksakan.

3. Sakit kepala yang intens

3. Sakit kepala intens
Freepik/Jcomp

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan Mama merasa pusing atau sakit kepala, baik terkait dengan kehamilan maupun tidak. Tapi jika sakit kepala yang Mama rasakan sudah sangat intens hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, jangan ambil risiko.

Hindari meminum sembarang obat dan segera periksakan ke dokter, ya!

4. Demam

4. Demam
Freepik/maksymiv_yura

Selama kehamilan, suhu tubuh mama memang secara alami akan semakin tinggi atau panas. Untuk mencegah komplikasi akibat suhu tubuh terlalu panas, Mama dianjurkan untuk menghindari kegiatan maupun area yang terlalu panas atau dapat membuat suhu tubuh semakin tinggi.

Demam adalah salah satu kondisi yang sangat perlu diwaspadai, karena suhu tubuh mama yang cepat naik dapat membahayakan kandungan. Apabila setelah dikompres demam tak kunjung mereda, langsung periksakan ke dokter ahli untuk penanganan lebih lanjut.

5. Kram perut

5. Kram perut
Freepik/Jcomp

Biasanya dialami pada periode menstruasi, kram perut pada awal kehamilan sangat rentan memengaruhi tumbuh kembang janin. Apabila dalam keadaan kram perut, Mama dianjurkan untuk telentang dan mengompres bagian yang kram dengan handuk atau kantung gel hangat.

Jika dalam beberapa waktu kram perut tak kunjung reda bahkan terasa semakin menjadi, jangan tunggu berlarut hingga komplikasi lain seperti perdarahan dan demam. Segera periksakan ke dokter.

Itu dia lima kondisi dengan potensi membahayakan bagi janin. Jangan terlalu khawatir, namun juga jangan anggap remeh ya, Ma. Tetap waspada dan jangan ragu untuk segera periksakan ke dokter apabila Mama mengalami kondisi ini!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.