5 Tips Menjaga Kehamilan Tetap Sehat bagi Mama Berbadan Gemuk

Perhatikan ini agar kesehatan mama dan janin tetap terjaga

15 Februari 2021

5 Tips Menjaga Kehamilan Tetap Sehat bagi Mama Berbadan Gemuk
Freepik/katemangostar

Banyak Ibu hamil dengan berat badan berlebih melahirkan bayi-bayi yang sehat. Namun, ada beberapa risiko kesehatan yang terhubung dengan kelebihan berat badan atau obesitas selama kehamilan.

Apabila sejak sebelum hamil Mama sudah berada pada berat badan berlebih dan terus bertambah seiring dengan usia kehamilan, Mama berisiko menderita diabetes gestasional, komplikasi persalinan seperti distosia bahu, preeklampsia, sleep apnea, hingga depresi pasca persalinan.

Jangan khawatir, Mama tetap bisa mencegah risiko tersebut dengan melakukan lima tips menjaga kehamilan tetap sehat bagi Mama berbadan gemuk, yang akan Popmama.com bagikan berikut ini!

1. Rajin minum air putih

1. Rajin minum air putih
freepik/freepik

Minuman dengan perasa, soda, dan jus dapat menyebabkan penambahan berat badan karena kandungan gulanya yang tinggi.

Meski bukan favorit semua orang, Air putih adalah minuman terbaik untuk kesehatan tubuh. Usahakan meminum 6-8 gelas air putih setiap harinya dengan selalu sedia botol minum besar kemanapun Mama pergi.

Editors' Picks

2. Makan hidangan porsi kecil secara teratur

2. Makan hidangan porsi kecil secara teratur
Freepik

Berhenti makan tidak akan membantu mengontrol berat badan yang sehat. Gunakan metode makan lebih sering dengan porsi lebih sedikit untuk membantu menjaga berat badan yang sehat dan meringankan masalah kehamilan seperti morning sickness dan mulas.

Makan dalam porsi sedikit secara teratur juga meningkatkan metabolisme, membantu menstabilkan kadar gula darah, dan menjaga Mama untuk tidak terlalu lapar sehingga makan terlalu banyak makan gula dan lemak secara berlebih.

3. Fokus pada makanan yang esensial

3. Fokus makanan esensial
Freepik

Makan lebih sering dengan porsi yang lebih sedikit akan menjadi lebih efektif apabila yang Mama konsumsi adalah makanan dan minuman sehat dengan nutrisi tepat.

Perbanyak makan sayur, buah, dan roti atau sereal gandum untuk memenuhi kebutuhan vitamin, serat, dan mineral. Lalu perbanyak makanan rendah lemak seperti kedelai dan oat untuk kebutuhan kalsiu, protein dan iodin. Jangan lupakan daging merah,ikan, dan kacang-kacangan untuk kebutuhan protein, zat besi, dan omega 3.

4. Bergeraklah!

4. Bergeraklah
Freepik

Ibu hamil tanpa kondisi khusus direkomendasikan untuk melakukan olahraga ringan selama setidaknya 2,5 jam dalam seminggu, atau 30 menit dalam sehari dan 5 hari dalam seminggu. Mama bisa mencoba olahraga favorit ibu hamil, yaitu berjalan santai, berenang, dan yoga.

Pastikan Mama tidak melakukan olahraga yang terlalu berat hingga berpotensi membahayakan kandungan ya Ma.

5. Carilah bantuan

5. Carilah bantuan
Freepik/gpointstudio

Apabila Mama kesulitan menjaga berat badan sendiri selama kehamilan, carilah bantuan tambahan dari ahli gizi atau dokter kepercayaan. Mereka akan memberikan penilaian, metode, hingga menu dan pola diet yang terbaik untuk kondisi tubuh mama.

Demikian tips yang bisa Mama lakukan untuk menjaga kehamilan tetap sehat meski Mama bertubuh gemuk. Setelah membaca tips di atas, semoga Mama terinspirasi untuk mengontrol berat badan tetap pada batas sehat sedini mungkin. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.