TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Doa untuk Mengatasi Kecemasan saat Hamil Trimester Pertama

Semoga doa ini mampu membuat hati menjadi tenang selama masa kehamilan

16 September 2022

6 Doa Mengatasi Kecemasan saat Hamil Trimester Pertama
Pexels/ RODNAE Productions

Hamil dan mempunyai anak merupakan hal yang didamakan banyak perempuan. Ketika kabar baik itu datang, Mama dan keluarga tak henti-hentinya mengucapkan rasa syukur atas apa yang telah diberikan Sang Maha Kuasa.

Berada di fase kehamilan trimester pertama pasti membuat Mama sangat bahagia serta ada rasa penasaran mengenai perkembangan si janin.

Mungkin di satu sisi Mama terharu dengan kabar bahagia ini, tapi di sisi lain timbul perasaan cemas dan khawatir dalam diri, apakah bisa melewati masa kehamilan dengan lancar hingga proses persalinan nanti.

Segala upaya telah Mama lakukan demi menjaga kesehatan si janin di dalam perut. Seperti mencukupi asupan gizi, melakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan dan menerpakan pola hidup sehat.

Tapi ada saatnya rasa cemas itu terus datang dan untuk mengurangi perasaan ini, banyak orang berdoa untuk ketenangan hatinya.

Di dalam Islam, Ibu hamil sangat disarankan untuk memperbanyak membaca dzikir atau pun berdoa yang baik untuk bayi di dalam kandungan.

Dalam Islam, beribadah dan berdoa menjadi ritual kepercayaan untuk mendapatkan keselamatan, ketenangan serta mendekatkan diri kepada-Nya.

Allah SWT mengingatkan kita dalam Surah Al-Qur'an Ar-Ra’d ayat 28:

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Al-ladziina aamanuu watathma-innu quluubuhum bidzikrillahi alaa bidzikrillahi tathma-innul quluub(u); [QS. 13:28]

Artinya: (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram. [QS. 13:28]

Sebagai seorang muslimah, Mama ingin memohon dijauhkan dari rasa cemas itu, meminta ketenangan hati serta selalu berada dalam lindungan-Nya selama masa kehamilan ini.

Mungkin, memang tidak ada doa khusus yang diperuntukkan ibu hamil, namun beberapa doa ini bisa menentramkan hati mama yang saat ini sedang cemas karena kehamilan.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum doa untuk mengatasi kecemasan saat hamil trimester pertama.

1. Baca Surah Luqman setiap hari untuk memohon agar bayi di dalam perut tumbuh menjadi anak yang baik

1. Baca Surah Luqman setiap hari memohon agar bayi dalam perut tumbuh menjadi anak baik
Pixabay/Afshad

وَوَصَّيْنَا الْاِنْسٰنَ بِوَالِدَيْهِ ۚ حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصٰلُهٗ فِيْ عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِـوَالِدَيْكَ ۗ اِلَيَّ الْمَصِيْرُ

wa washshoinal-insaana biwaalidaiih, hamalat-hu ummuhuu wahnan 'alaa wahniw wa fishooluhuu fii 'aamaini anisykur lii wa liwaalidaiik, ilayyal-mashiir 

Artinya: "Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orangtua-nya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orangtua-mu. Hanya kepada Aku kembalimu." (QS. Luqman 31: Ayat 14).

Menurut Muhammad Quraish Shihab dalam Tafsir Al Mishbah, doa dari ayat tersebut menunjukkan penghormatan dan kebaktian kepada orangtua menempati posisi kedua setelah pengagungan kepada Allah SWT.

Surah ini bisa menjadi doa untuk mengatasi kecemasan ibu hamil karena dengan Mama membaca surah ini, diharapkan bayi di dalam kandungan bisa menjadi anak saleh atau salihah sesuai dengan impian orangtuanya.

Doa ini juga diharapkan agar si Kecil dapat merasakan kasih sayang dari orangtua-nya yang telah berjuang menjaganya sejak di dalam kandungan.

2. Doa untuk mencari perlindungan dari bencana yang parah, kesengsaraan, dan untuk dibebaskan dari kemalangan selama kehamilan

2. Doa mencari perlindungan dari bencana parah, kesengsaraan, dibebaskan dari kemalangan selama kehamilan
aboutislam.net

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ، وَسُوءِ الْقَضَاءِ، وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ

Allahumma inni a’uzu bika min jahdil-bala’, wa darki shaqa’, wa su’il-qadha’, wa shamatatil-a’da’ 

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari susahnya bala’ (bencana), tertimpa kesengsaraan, keburukan qadha’ (takdir), dan kegembiraan para musuh.” ( HR. Al-Bukhari nomor 6347, 6616 dan Muslim nomor 2707).

Editors' Picks

3. Doa agar hati tenang dari rasa cemas selama kehamilan

3. Doa agar hati tenang dari rasa cemas selama kehamilan
muslimgirl.com

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbi-shrah li sodri, wa yassir li amri, wahlul uqdatan min lisani yafqohu qawli

Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (QS. Thaha Ayat: 25-28).

Doa ini diharapkan agar Mama mendapat kelapangan dada dan memohon semoga urusan dapat dilacarkan selama masa kehamilan ini.

4. Doa ketika mengalami kesulitan dan kesusahan selama hamil

4. Doa ketika mengalami kesulitan kesusahan selama hamil
Freepik

Mungkin saat ini Mama mengalami kecemasan dengan kondisi fisik yang berubah, entah itu karena morning sickness, nyeri, atau perubahan hormon kehamilan di usia kandungan trimester pertama.

Hal ini bisa membuat Mama sedih dan khawatir tentang banyak hal. Dengan membaca doa ini, Mama bisa mengurangi kesedihan yang saat ini dirasakan.

Menguti dari MuslimSG, Allah SWT akan memberikan siapa pun yang membaca ini 7 kali di pagi atau sore hari kecukupan dari hal apa pun yang membawa kesedihannya:

حَسْبِيَ اللَّهُ لآ إلَهَ إلَّا هُوَ، عَلَيْهَ توَكَّلتُ، وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ

HasbiyAllahu la illaha illa Huwa, ‘alayhi tawakkaltu, wa Huwa Rabbul arshil azim

Artinya: "Cukuplah Allah bagiku, tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'arsy yang agung." (Sunan Abu Daud).

5. Doa berserah diri pada Allah SWT dan memohon yang terbaik bagi kelancaran selama masa kehamilan

5. Doa berserah diri Allah SWT memohon terbaik bagi kelancaran selama masa kehamilan
unsplash/ Masjid Pogung Dalangan

رَبَّنَا عَلَيْكَ تَوَكَّلْنَا وَإِلَيْكَ أَنَبْنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

Robbana, ‘alaika tawakkalna, wa ilaika anabna, wa ilaikal-masir 

Artinya: "Wahai Tuhan kami, hanya kepada-Mu kami bertawakkal, dan hanya kepada-Mu kami bertaubat, dan hanya kepada-Mu tempat kembali." (Surah Al-Mumtahanah Ayat 60:4).

6. Doa untuk melindungi bayi di dalam kandungan

6. Doa melindungi bayi dalam kandungan
unsplash.com

اِذْ قَالَتِ امْرَاَتُ عِمْرَانَ رَبِّ اِنِّيْ نَذَرْتُ لَكَ مَا فِيْ بَطْنِيْ مُحَرَّرًا فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ ۚ اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

iż qālatimra`atu 'imrāna rabbi innī nażartu laka mā fī baṭnī muḥarraran fa taqabbal minnī, innaka antas-samī'ul-'alīm

Artinya: (Ingatlah), ketika istri Imran berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku bernazar kepada-Mu, apa (janin) yang dalam kandunganku (kelak) menjadi hamba yang mengabdi (kepada-Mu), maka terimalah (nazar itu) dariku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (QS. Ali Imran Ayat 3:35)

Setiap ibu melakukan segalanya untuk melindungi bayinya. Dari merawat hingga memberikan yang terbaik untuk anak-anak mereka, tidak ada yang tidak dilakukan orangtua.

Melansir dari theislamicquotes.com, mayoritas cendekiawan Muslim merekomendasikan membaca ayat-ayat Al-Qur'an tertentu untuk melindungi bayi dari hal buruk, penyakit dan insiden berbahaya lainnya.

Itulah kumpulan doa untuk mengatasi kecemasan saat hamil trimester pertama. Semoga doa di atas bisa membantu menenangkan hati ketika Mama sedang cemas dengan kehamilan ini. Semoga apa yang Mama doakan akan terkabul dan kegundahan yang ada di hati dapat hilang ya, Ma. Amin!

Baca juga : 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk