7 Ciri-ciri Fisik yang Akan Kamu Rasakan Saat Hamil Muda

Untuk memastikan segeralah lakukan test pack setelah merasakan ciri-ciri ini ya Ma

28 April 2019

7 Ciri-ciri Fisik Akan Kamu Rasakan Saat Hamil Muda
Freepik/jcomp

Selain terlambat menstruasi, tanda hamil muda apa lagi yang gampang terlihat?

Memang, tidak semua orang menyadari bahwa Mama tengah hamil muda jika Mama tidak mengatakannya. Secara tampilan, ibu hamil muda terlihat biasa saja, belum tampak perubahan fisik yang mencolok.

Namun, untuk meyakinkan Mama, ada kok ciri-ciri fisik yang tampak cukup jelas selama trimester I selain terlambat menstruasi. Setidaknya, ciri-ciri fisik ini bakal meyakinkan Mama bahwa benar Mama tengah hamil. Apa sajakah ciri-ciri fisik tersebut? Popmama.com memberitahunya untuk Mama.

1. Kram perut bagian bawah

1. Kram perut bagian bawah
ntvbd.com

Awalnya, Mama mungkin mengira ini salah satu gejala PMS. Apalagi, kram perut bagian bawah kerap terasa pada 10-14 hari usia masa subur atau ovulasi. Makanya, waktunya bisa berbarengan dengan jadwal menstruasi Mama.

Selain kram perut, Mama juga dapat menjumpai tanda keluarnya bercak darah. Flek tanda hamil ini berwarna agak pink atau lebih gelap, tetapi tidak semerah darah menstruasi.

Jika kedua hal itu terjadi bersamaan pada jadwal menstruasi Mama, bisa jadi itu tanda awal kehamilan, Ma.

2. Payudara lebih sensitif

2. Payudara lebih sensitif
Pixabay/Foundry

Pada awal masa kehamilan, payudara Mama akan lebih sensitif. Ini akibat peningkatan kadar hormon dalam tubuh Mama. Begitu pembuahan terjadi di rahim, payudara Mama akan terasa lebih penuh, geli atau nyeri ketika disentuh.

Selain itu, puting payudara juga lebih besar. Daerah di sekitar puting, yang disebut areola, juga lebih gelap.

Seiring pertambahan usia kandungan, payudara Mama kian membesar untuk memproduksi ASI dan menyusui si Kecil saat lahir nanti.

3. Perubahan kulit dan rambut

3. Perubahan kulit rambut
Pexels/Rawpixel

Beberapa ibu hamil mengalami perubahan kulit dan rambut pada awal kehamilan. Namun, bentuk perubahannya bisa berbeda-beda. Ada yang mengalami masalah pada pertumbuhan rambut, perubahan warna kulit, timbul jerawat di wajah, hingga kulit terasa lebih mudah gatal dan sensitif.

Namun, ada juga ibu hamil yang rambutnya menebal, kulit wajah lebih mulus, dan kulit lebih lembut. Semua itu karena perubahan hormon dalam tubuh Mama, sehingga hamil membuat beberapa perubahan fisik yang bisa membuat Mama lebih glowing atau malah sebaliknya.

Editors' Picks

4. Kepala terasa pusing

4. Kepala terasa pusing
Freepik/katemangostar

Mama sering mudah pusing akhir-akhir ini, meski tidak melakukan aktivitas berat? Bisa jadi itu tanda hamil, Ma. Perubahan hormon membuat pembuluh darah Mama melebar. Tekanan darah juga cenderung menurun.

Makanya, Mama sering merasa pusing atau sakit kepala. Namun, usahakan mengatasi keluhan ini dengan lebih banyak istirahat dan makan minum teratur. Jangan sembarangan minum obat pereda nyeri atau sakit kepala ya, Ma. Jika memang rasa nyeri tidak tertahankan, lebih baik segera periksa ke dokter.

5. Suhu tubuh tinggi

5. Suhu tubuh tinggi
benesseregreen.com

Kalau Mama cermat, suhu tubuh ibu hamil saat baru bangun di pagi hari cenderung lebih tinggi. Biasanya, suhu tubuh ini akan meningkat sedikit usai masa ovulasi dan menetap pada suhu sama hingga menstruasi berikut.

Namun, jika Mama sudah mengukur suhu tubuh basal dan lewat dua minggu usai perkiraan waktu ovulasi, suhu tubuh masih meningkat, kemungkinan besar Mama hamil.

Pastikan kenaikan suhu tubuh ini juga dibarengi tanda fisik lain, seperti mual muntah atau telat menstruasi.

6. Sering buang air kecil

6. Sering buang air kecil
Freepik/Jcomp

Pada awal kehamilan, kamar mandi adalah sahabat karib Mama. Ya, Mama biasanya jadi lebih sering buang air kecil, terutama pada minggu ke-6 hingga ke-8 usai pembuahan.

Tanda ini terjadi sebagai akibat pembesaran rahim yang mulai menekan kandung kemih. Kandung kemih terasa cepat penuh, sekalipun Mama belum lama buang air kecil.

Beberapa ibu hamil muda malah mengeluhkan anyang-anyangan karena terlalu sering buang air kecil. Agar keluhan ini bisa berkurang, Mama bisa siasati dengan perbanyak minum air putih, terutama setelah buang air kecil.

7. Mual muntah

7. Mual muntah
tasogs.com

Ini tanda fisik yang paling terlihat pada Mama hamil muda. Keluhan mual muntah muncul akibat perut terasa tidak nyaman. Perubahan hormon ternyata juga berdampak pada sistem pencernaan Mama, sehingga kadar asam lambung naik dan memunculkan gejala mual muntah.

Biasanya, mual muntah akan berkurang saat memasuki usia kandungan trimester II. Satu hal yang perlu Mama ingat, 70% ibu hamil mengalam mual muntah. Jadi, selama mual muntah masih bisa terkendali, ini bukan tanda bahaya untuk Mama dan janin. Malah, kerap dianggap sebagai indikasi kehamilan sehat.

Demikian 7 tanda fisik hamil muda yang perlu Mama ketahui. Kalau Mama mengalami beberapa tanda di atas selain terlambat menstruasi, segera cek dengan test pack sebelum konsultasi ke dokter.

Semoga hasilnya membawa kabar gembira untuk keluarga kecil Mama, ya!

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!