Corona Masih Ada, 60 Persen Ibu Hamil di Bandung Terpapar Covid-19

Ibu hamil dan anak sangat berisiko jika terjangkit covid-19

18 Juni 2021

Corona Masih Ada, 60 Persen Ibu Hamil Bandung Terpapar Covid-19
Freepik/pvproduction

Sampai saat ini pandemi virus corona di Indonesia belum juga selesai. Virus corona tidak mengenal siapa dan di wilayah mana masyarakat berada, namun siapapun dapat terjangkit virus ini. 

Salah satu kasusnya adalah ibu hamil yang terjangkit virus corona di wilayah Bandung. Menurut Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, salah satu rumah sakit di wilayah Bandung, tepatnya di Rumah Sakit Khusus Ibu Anak (RSKIA) terdapat kurang lebih 60 persen ibu hamil yang terjangkit virus corona.

Berdasarkan data dari Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Kota Bandung, dalam tahun ini terdapat kurang lebih 400 ibu hamil yang suspect dan 260 lainnya dipastikan positif Covid-19

Untuk mengetahui selengkapnya, berikut Popmama.com telah merangkum informasinya. 

Editors' Picks

1. Ibu hamil rentan melahirkan prematur

1. Ibu hamil rentan melahirkan prematur
Unsplash/freestocks

Daya tahan tubuh yang rentan membuat ibu hamil berisiko tinggi mengalami Covid-19. Padahal penyakit dengan gejala gemam, flu, batuk, dan hilang penciuman tersebut bisa menyebabkan berbagai risiko terhadap kehamilan.

Ibu hamil yang positif terjangkit virus corona berisiko untuk melahirkan secara prematur. Bayi yang dilahirkan saat belum cukup bulan tersebut diketahui dapat memiliki berbagai gangguan kesehatan saat dilahirkan. Hal ini tentu saja bukan sesuatu yang diinginkan oleh semua ibu hamil.

2. Penanganan intensif khusus ibu hamil

2. Penanganan intensif khusus ibu hamil
Unsplash/Camylla Battani

Untuk ibu hamil yang sudah dinyatakan positif Covid-19, mereka akan ditangani langsung secara intensif oleh RSKIA Kota Bandung ini.

Penanganan ini tidak hanya saat keadaan hamil, namun sampai bayi dilahirkan. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah bayi suspect atau sudah positif virus corona. 

3. Berharap adanya penambahan fasilitas tempat tidur

3. Berharap ada penambahan fasilitas tempat tidur
Unsplash/Sharon McCutcheon

Rumah Sakit Khusus Ibu Anak (RSKIA) Kota Bandung ini telah ditetapkan sebagai salah satu RS rujukan Covid-19 berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jabar No. 445/ Kep.186-Dinkes/ 2020.

Melihat kasus Covid-19 yang terus melonjak dan mencapai 80% lebih, Muhadjir Effendy berharap pihak RSKIA mendorong Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menambahkan fasilitas tempat tidur.  

Itu dia Ma informasi mengenai 60 persen ibu hamil di Bandung yang positif Covid-19. Tetap jaga diri dan mengikuti protokol kesehatan terus ya, Ma. Semoga Mama dan bayi sehat selalu hingga persalinan tiba.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.