Ini 7 Hal yang Perlu Diketahui tentang Kehamilan Kedua

Yuk Ma ketahui sebelum persiapan program hamil kedua

18 Juni 2021

Ini 7 Hal Perlu Diketahui tentang Kehamilan Kedua
Freepik/pvproductions

Kehamilan kedua biasanya akan lebih mudah dijalani dan tidak penuh kekhawatiran karena Mama sudah lebih berpengalaman dengan kehamilan anak pertama sebelumnya. 

Namun, bukan berarti bisa menyepelekan kehamilan kedua ini. Di kehamilan kedua akan datang hal-hal yang sedikit berbeda dari kehamilan pertama. Kira-kira apa saja ya?

Dilansir dari Today's Parent, berikut adalah tujuh hal yang harus diketahui mengenai kehamilan kedua. Berikut Popmama.com telah merangkumnya.

Disimak yuk, Ma. 

1. Baby bump muncul lebih cepat di kehamilan kedua

1. Baby bump muncul lebih cepat kehamilan kedua
Freepik/prostooleh

Pada kehamilan kedua, baby bump akan terlihat lebih cepat. Hal ini disebabkan oleh rahim yang tidak cukup menyusut kembali ke ukuran aslinya setelah kehamilan dan tubuh sudah mulai bergerak.

"Rahim telah melakukan ini sebelumnya. Ligamen dan otot telah merenggang dan kehamilan akan terlihat lebih awal" ungkap dokter kandungan, Jillian Coolen. 

2. Merasakan gerakan lebih awal

2. Merasakan gerakan lebih awal
Freepik/prostooleh

Ibu hamil lebih sadar dan waspada dengan kehamilan karena gerakan bayi yang ada di dalam perutnya. 

"Pertama kali hamil, mungkin mengira gerakannya seperti gas, tetapi untuk kedua kalinya, banyak mama mengenali kepakan itu sebagai gerakan bayi" ungkap bidan, Nicola Strydom.

Editors' Picks

3. Lebih merasa lelah

3. Lebih merasa lelah
Freepik/pvproductions

Saat kehamilan kedua, pastinya Mama sudah mempunyai tanggung jawab lain yaitu anak pertama. Menjaga dan memenuhi kebutuhan anak pertama sekaligus mengerjakan pekerjaan rumah membuat ibu hamil akan lebih merasa lelah. 

Disarankan untuk selalu mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan energi agar tidak mudah lelah. 

4. Lebih banyak rasa sakit dan nyeri

4. Lebih banyak rasa sakit nyeri
Freepik/senivpetro

Lebih banyak merasakan sakit dan nyeri juga menjadi hal yang harus diperhatikan ketika kehamilan kedua. Sebab, tubuh dengan sangat cepat mulai mengendurkan persendiannya yang akan menyebabkan lebih banyak nyeri tubuh. 

Dari mengendurnya persendian, memungkinkan bayi berbaring lebih rendah di perut dan timbul nyeri di bagian punggung, pinggul menjadi kendur, serta round ligament pain atau nyeri pada ligamen di perut bagian bawah.

5. Lebih banyak kontraksi palsu

5. Lebih banyak kontraksi palsu
Pexels/freestocks.org

Konstraksi palsu akan lebih banyak terjadi pada kehamilan kedua ini. Namun, pastinya Mama sudah dapat mengenali dan merasakan bagaimana konstraksi yang nyata.

Selain itu, Mama juga dapat membedakan apakah ini kontraksi palsu atau nyata karena sudah merasakan pada kehamilan pertama. 

6. Durasi waktu melahirkan lebih cepat

6. Durasi waktu melahirkan lebih cepat
Pexels/Jonathan Borba

Ada satu penelitian menunjukkan bahwa seorang mama yang pertama kali melahirkan rata-rata menghabiskan waktu sembilan jam persalinan aktif, sementara mama dengan kehamilan kedua rata-rata menghabiskan waktu enam jam dalam persalinan aktif dan setengah jam untuk mengejan. 

"Rahim dan leher rahim telah melalui ini sebelumnya, jadi semua fase persalinan, hingga mengejan, lebih pendek untuk ibu yang melahirkan kedua kalinya." ungkap dokter kandungan, Jillian Coolen. 

7. Rasa sakit setelah melahirkan lebih parah

7. Rasa sakit setelah melahirkan lebih parah
Pexels/Jonathan Borba

Setelah melahirkan bayi kedua, rahim memiliki tonus otot yang lebih sedikit daripada yang pertama kali, dan lebih agresif dalam menekan secepat mungkin untuk mengurangi kemungkinan perdarahan. 

Ini menghasilkan rasa sakit setelah melahirkan yang lebih kuat, saat terjadi kontraksi setelah persalinan yang membuat rahim kembali ke ukuran semula.

Itu dia Ma hal-hal yang harus diketahui tentang kehamilan kedua. Jadi, apakah Mama tertarik untuk melakukan program hamil kedua?

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.