Untuk Kesehatan Jantung, Ketahui Manfaat Ikan Tenggiri untuk Ibu Hamil

Ikan tenggiri banyak manfaatnya lho untuk ibu hamil

17 Juni 2021

Untuk Kesehatan Jantung, Ketahui Manfaat Ikan Tenggiri Ibu Hamil
Pexels/energepic.com

Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang cukup demi kesehatan janin dan ibu hamil itu sendiri. Salah satu makanan yang dianjurkan adalah ikan. Mengonsumsi ikan dipercaya dapat membawa manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin karena ikan mengandung beragam nutrisi. Seperti protein, omega-3, vitamin B12, vitamin D, selenium, yodium, dan zat besi. 

Dilansir dari Food and Drug Administration (FDA) U.S, ikan dan makanan kaya protein lainnya memiliki nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Sebagai bagian dari pola makan sehat, makan ikan juga menawarkan manfaat kesehatan jantung dan menurunkan risiko obesitas.

Salah satu ikan yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil adalah ikan tenggiri. Ikan tenggiri memiliki banyak sekali kandungan nutrisi di dalamnya, seperti omega-3, fosfor, selenium, yodium, zat besi, dan zinc, dan kandungan mineral AA dan DHA.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, apa saja ya manfaat ikan tenggiri untuk ibu hamil? Berikut Popmama.com akan memberikan informasinya dari berbagai sumber. 

Disimak, yuk Ma!

1. Meringankan linu di kaki

1. Meringankan linu kaki
Freepik/yanalya

Saat kehamilan, rasa linu di bagian kaki menjadi keluhan yang banyak dialami. Hal ini dikarenakan bayi yang terus tumbuh dan berkembang, sehingga bertambahnya beban yang harus ditopang kaki ibu hamil. 

Mengonsumsi ikan tenggiri bagian sekitar insang dipercaya dapat meringankan linu di kaki. Daging yang berada di sekitar insang mengandung zat pereda ngilu dan linu persendian

Mama dapat mengolahnya dengan merebus ikan tenggiri dan mengonsumsi kuah kaldunya juga. 

Editors' Picks

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

2. Meningkatkan daya tahan tubuh
Freepik

Ikan tenggiri juga memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh ibu hamil. Dengan begitu, Mama tidak akan mudah jatuh sakit sehingga bisa tetap beraktivitas.

Selain itu, mengonsumsi ikan tenggiri dapat membuat tubuh menjadi lebih kuat berkat kandungan asam lemak omega-3 yang juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi saat kelak dilahirkan.

3. Meningkatkan fungsi otak janin

3. Meningkatkan fungsi otak janin
Freepik

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, ikan tenggiri juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak janin. Hal ini dikarenakan kandungan protein dan asam lemak omega-3 yang terdapat di dalam ikan tenggiri. 

Mama tentu saja menginginkan anak yang cerdas, bukan?

4. Menjaga tekanan darah

4. Menjaga tekanan darah
Pexels/parenthoof

Pentingnya menjaga tekanan darah selama masa kehamilan. Tekanan darah yang tidak normal, akan sangat berdampak pada kesehatan ibu hamil, misalnya tekanan darah tinggi (hipertensi) maupun tekanan darah rendah (hipotensi). 

Kandungan kalium yang terdapat di dalam ikan tenggiri berguna untuk menjaga tekanan darah normal dan menurunkan risiko komplikasi kesehatan. Termasuk berbagai risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit diabetes, jantung, dan stroke.

5. Meredakan gejala depresi

5. Meredakan gejala depresi
Freepik/Dragana_Gordic

Saat hamil, perubahan hormon dapat memengaruhi kimia di otak ibu hamil yang berhubungan dengan depresi dan kecemasan. Depresi sangat berpengaruh dalam tumbuh kembang janin. 

Kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan tenggiri, membantu meredakan gejala depresi pada ibu hamil.

Nah itu dia Ma, manfaat ikan tenggiri untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.