Risiko yang Bisa Terjadi Saat Berpuasa pada Usia Hamil Muda

Berpuasa saat hamil muda, bisa tapi...

12 Mei 2019

Risiko Bisa Terjadi Saat Berpuasa Usia Hamil Muda
freepik.com/asierromero

Bagi Mama yang baru dinyatakan hamil saat masuk bulan Ramadan pastinya akan membuat ibu hamil merasa bingung, apakah mereka dapat berpuasa ketika sedang mengandung. 

Saat hamil muda pada usia trimester pertama merupakan satu masa di mana tubuh ibu hamil akan mengalami banyak perubahan terhadap hormon. Pada masa inilah perubahan hormon dapat menciptakan kondisi yang tidak biasa untuk ibu hamil.

Morning sickness akan sering terjadi, meskipun tidak semua ibu hamil dapat mengalami kondisi tersebut.

Nah, kondisi inilah yang sering dijadikan alasan mengapa ibu hamil disarankan agar tidak berpuasa terlebih dahulu.

Selain itu, ada pula beberapa masalah lain yang mungkin bisa terjadi jika seorang perempuan memaksakan puasa saat hamil padahal kondisi tubuh tidak mendukung. Apa saja risiko yang dihadapi jika ibu hamil berpuasa?

1. Risiko bayi rentan cacat

1. Risiko bayi rentan cacat
avenuesforwomen.com

Dari sebuah penelitian di Amerika, membuktikan apabila puasa saat hamil muda dapat menyebabkan ibu melahirkan bayi cacat.

Ibu hamil yang berpuasa dapat mengalami kekurangan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh bayi.

Masalah ini akan membuat janin mengalami perlambatan pertumbuhan didalam kandungan dan beberapa organ mungkin tidak dapat berkembang secara optimal.

Terutama untuk ibu hamil yang masuk dalam trimester pertama, maka puasa dapat menyebabkan kondisi kesehatan menurun drastis dan risiko pada bayi yang cacat.

2. Kelelahan yang parah

2. Kelelahan parah
healthyfamiliesbc.ca

Ibu hamil yang berpuasa terus menerus selama satu bulan, ternyata bisa mengalami kelelahan. Rasa lelah dapat disebabkan karena tubuh kekurangan energi saat menjalankan puasa.

Selain itu kelelahan juga dapat terjadi karena adanya penyakit anemia. Tubuh ibu hamil mungkin tetap menerima nutrisi penuh selama berpuasa, akan tetapi jam makan tertentu dapat menyebabkan ibu hamil menahan rasa lapar terlalu lama.

Ibu hamil yang sangat aktif juga kerap mengalami rasa lelah yang berlebihan.

Editors' Picks

3. Risiko keguguran bayi

3. Risiko keguguran bayi
amazonaws.com

Puasa saat hamil muda dapat mengalami risiko keguguran. Kondisi kesehatan ibu hamil sangat membutuhkan nutrisi secara penuh sehingga berpuasa dapat mengkhawatirkan kebutuhan nutrisi.

Walaupun beberapa ibu hamil tidak mengalami masalah ini, akan tetapi risiko keguguran cukup rentan untuk ibu hamil yang sedang mengalami masalah kesehatan.

Ibu hamil yang mempunyai riwayat anemia dapat memiliki risiko keguguran yang jauh lebih tinggi.

4. Risiko kelahiran prematur

4. Risiko kelahiran prematur
babycenter.com

Ibu hamil yang sedang berpuasa dapat mengalami kelahiran prematur. Kelahiran prematur menjadi sebuah masalah serius apabila terjadi saat usia kehamilan masih sangat muda. Terkadang kelahiran prematur pun dapat menyebabkan kematian bayi.

Sudah banyak  bayi lahir prematur  akibat ibu hamil yang berpuasa. Ibu dapat kekurangan nutrisi akut yang disebabkan oleh pola makan dan jenis makanan yang kurang bergizi.

Bahkan menahan rasa lapar serta haus terlalu lama dapat mempengaruhi ibu hamil mempunyai nafsu makan yang buruk.

5. Bayi lahir dengan berat badan rendah

5. Bayi lahir berat badan rendah
scarymommy.com

Puasa saat hamil muda dapat menyebabkan risiko bayi yang dilahirkan mempunyai berat badan yang rendah. Kondisi ini kerap terjadi pada ibu hamil yang nekat berpuasa saat masuk kehamilan trimester pertama.

Masa trimester pertama menjadi dasar dalam pembentukan jaringan tubuh sang janin. Berat badan bayi sangat penting dalam penilaian kesehatan dimasa yang akan datang.

Apabila bayi terlalu kecil dan mempunyai pertumbuhan yang buruk, maka dapat menyebabkan masalah kesehatan saat masa pertumbuhan berlangsung.Itulah tadi beberapa hal yang menjadi risiko jika perempuan hamil memaksakan untuk berpuasa dalam kondisi tubuh yang kurang mendukung.

Jadi, sebaiknya mama konsultasikan dulu ke dokter jika ingin puasa untuk menghindari beberapa risiko kehamilan. 

Topic:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;