5 Manfaat Bawang Merah Bagi Ibu Hamil Muda

Tentunya bawang merah selalu diandalkan sebagai bahan untuk masakan

28 Februari 2019

5 Manfaat Bawang Merah Bagi Ibu Hamil Muda
Freepik/Whatwolf

Banyak orang memakai bawang merah sebagai bumbu dapur. Apakah Mama salah satunya? Sementara bawang merah sangat bagus untuk kesehatan, di mana bawang merah memiliki kandungan vitamin C, vitamin B6, biotin, mangan, tembaga, fosfor, kalium, folat, yang baik bagi tubuh. 

Tapi apa saja sih manfaat bawang merah terhadap ibu hamil di trimester pertama? Inilah 5 efek baik mengonsumsi bawang merah untuk ibu hamil. Berikut rangkuman dari Popmama.com:

1. Mengeluarkan racun dalam tubuh

1. Mengeluarkan racun dalam tubuh
Freepik

Bawang merah memiliki asam amino yang terkandung seperti sistein dan metionin. Kandungan tersebut dapat membantu Ibu hamil mengeluarkan racun atau biasa disebut detoksifikasi.

Sementara toksin atau racun yang ada dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit kekebalan tubuh dan mengakibatkan gangguan karakter bayi saat lahir.

Nah, dengan detoksifikasi memakan bawang merah maka membuat banyak cairan tubuh keluar melalui keringat atau urine.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

2. Meningkatkan daya tahan tubuh
Freepik/boggy

Bawang merah juga memiliki kandungan vitamin yang tinggi seperti vitamin C dan vitamin B6. Selain itu terdapat kandungan polifenol yang dijadikan sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh ibu hamil dari serangan radikal bebas.

Sedangkan vitamin C sangat dibutuhkan ibu hamil. Vitamin C pun merupakan vitamin esensial yang larut dalam air dan dibutuhkan tubuh dalam membuat kolagen.

Di mana kolagen dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu dalam penyembuhan luka.

Editors' Picks

3. Mengatasi sembelit

3. Mengatasi sembelit
Freepik

Sudah bukan rahasia lagi kalau makanan Indonesia banyak memakai bawang merah sebagai bumbu masakan. Bawang merah pun punya manfaat baik untuk ibu hamil, yaitu sebagai serat dalam tubuh untuk memperbaiki gerak usus.

Dengan ibu hamil mengonsumsi bawang merah, maka dapat dijadikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah sembelit.

4. Mengatur gula darah dalam tubuh

4. Mengatur gula darah dalam tubuh
Freepik/xb100

Kadar gula darah yang tinggi sangat berisiko, yaitu akan mengakibatkan timbulnya penyakit diabetes mellitus.

Sementara ibu hamil yang mengonsumsi bawang merah dapat mengoptimalkan kadar gula darahnya. Selain itu juga dapat meningkatkan kadar insulin.

Jadi dengan mengonsumsi bawang merah, kadar gula darah ibu hamil bisa lebih terkontrol.

5. Menormalkan tekanan darah

5. Menormalkan tekanan darah
Freepik/petzshadow

Ternyata bawang merah kaya akan fionutrien, flavonol dan zat quercetin, kandungan tersebut dapat membantu ibu hamil dalam mengatur tekanan darah dalam tingkat yg normal.

Sedangkan tekanan darah yang tidak stabil berisiko buruk bagi ibu hamil, yakni bisa terjadi komplikasi kehamilan seperti preeklampsia.

Itulah kelima manfaat baik dari bawang merah yang baik bagi ibu hamil. Lalu Mama suka yang mana, memakan bawang merahnya secara langsung atau dalam bentuk bawang goreng yang renyah?

Baca juga: