Ternyata, Inilah 5 Bahaya Terkena Ambeien di Masa Kehamilan

Jagalah kebersihan dan menjaga pola makan yang baik

9 Desember 2019

Ternyata, Inilah 5 Bahaya Terkena Ambeien Masa Kehamilan
Freepik/katemangostar

Sebenarnya tidak ada yang ingin mengalami ambeien. Apalagi di awal kehamilan.  Namun ambeien adalah fakta kehidupan bagi banyak orang, terutama selama kehamilan.

Hal tersebut terjadi karena sebelum kehamilan sudah didapatkan hemorrhoids. Sedangkan hemorrhoids inilah yang menyebabkan ibu hamil mengalami ambeien.

Di mana ambeien hanyalah vena di dalam atau di luar anus yang telah menjadi besar dan bengkak.

Jika dibiarkan dengan tidak menjaga kebersihan sekitar anus, pola makan dan BAB yang kurang baik maka akan meningkatkannya risiko ambeien.

Nah, berikut ada 5 dampak dari bahaya ambeien pada ibu hamil yang perlu diketahui sejak dini. Yuk, cek ulasannya dari Popmama.com:

1. Anemia akibat pendarahan saat ambeien terjadi

1. Anemia akibat pendarahan saat ambeien terjadi
Freepik

Dampak ambeien di masa kehamilan ialah bisa terjadi pendarahan. Hal ini semakin memperbesar terjadinya risiko anemia pada ibu hamil.

Penyebabnya dikarenakan akumulasi pendarahan dari ambeien secara sedikit-sedikit dan terus-menerus hingga akhirnya akumulasi darah yang hilang menjadi banyak.

Sementara jika keadaan ambeien berat dengan pendarahan disertai kurangnya asupan nutrisi, maka anemia akan lebih buruk.

Dampak dari anemia itu sendiri dapat menyebabkan kurangnya aliran darah dalam suplai nutrisi dan oksigen, sehingga membuat pertumbuhan janin menjadi lambat.

Editors' Picks

2. Kesulitan dalam proses defekasi atau proses BAB

2. Kesulitan dalam proses defekasi atau proses BAB
Freepik/jcomp

Sebenarnya jaringan yang terdapat dalam anus dapat mengontrol BAB. Namun apabila sudah terjangkit ambeien, akibatnya ibu hamil akan merasa kesulitan dalam proses defekasi atau proses BAB.

Terlebih lagi jika kondisi ambeien sudah dalam keadaan berat, di mana benjolan dari anus sudah keluar dan tidak dapat dimasukkan.

Hal tersebut semakin membuat BAB tidak nyaman, terasa perih, terjadi pendarahan dan akan lebih sulit dalam menjaga higenitas setelah proses BAB. 

Seperti yang diungkapkan oleh Everyday Health, ibu hamil yang mengalami konstipasi cenderung terkena ambeien dan bisa sangat menyakitkan. Terutama selama atau setelah buang air besar.

3. Infeksi yang menyebabkan nyeri dan demam

3. Infeksi menyebabkan nyeri demam
Freepik/pressfoto

Pada kondisi ambeien berat atau akut dan terjadi pendarahan, maka otomatis akan ada luka di permukaan kulit anus.

Jika terdapat luka, akibatnya bisa berisiko terjadi infeksi yang menyebabkan nyeri, demam hingga memperlambat proses penyembuhan ambeien.

Keadaan infeksi terjadi jika rendahnya kebersihan atau higenitas di sekitar anus. Hal tersebut menjadi faktor risikonya infeksi.

Dikutip dari Healthline, sebaiknya ibu hamil segeralah ke dokter. Langkah ini untuk memastikan diagnosis yang tepat dan memahami opsi perawatan yang tersedia.

4. Semakin terasa tidak nyaman ketika duduk

4. Semakin terasa tidak nyaman ketika duduk
Freepik/jcomp

Saat terkena ambeien, tentu rasanya sangat gatal dan menyakitkan.

Apalagi di tengah faktor pertambahan usia kehamilan yang bisa berisiko memperberat ambeien, akibatnya semakin terasa tidak nyaman ketika duduk.

Terlebih lagi jika ambeien yang dialami ibu hamil sudah dalam kondisi berat.

Hal ini dikarenakan adanya benjolan pada anus yang terasa mengganjal dan terasa perih, sehingga membuat ibu hamil kesulitan mencari bantalan atau posisi duduk yang dirasa nyaman.

5. Sangat rentan melakukan persalinan secara normal

5. Sangat rentan melakukan persalinan secara normal
Freepik/valeria_aksakova

Ambeien sendiri terjadi akibat meningkatnya tekanan pada pembuluh darah di anus, di mana pembuluh darah tersebut tersusun seperti anyaman.

Ketika tekanan terhadap rongga pembuluh darah meningkat, lama-kelamaan dinding pembuluh darah tidak kuat lagi menahan tekanan. Akibatnya akan pecah dan mengeluarkan darah.

Hal ini sangat rentan untuk ibu hamil melakukan persalinan secara normal.

Tentu saja akan disarankan menjalani proses persalinan dengan prosedur operasi caesar.

Itulah kelima dampak buruk ambeien di saat hamil. Sebaiknya memasukkan lebih banyak serat ke dalam makanan seperti pir, alpukat, sayuran dan biji-bijian yang termasuk berbagai jenis kacang-kacangan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.