Ini 5 Makanan Sumber Beta Karoten yang Baik untuk Ibu Hamil

Ternyata, makanan sehari-hari ini mengandung beta karoten yang baik untuk ibu hamil, lho

13 April 2020

Ini 5 Makanan Sumber Beta Karoten Baik Ibu Hamil
telegraph.co.uk

Ternyata, beta karoten memiliki peran sebagai molekul anti oksidan yang penting untuk tubuh. 

Betakaroten adalah senyawa alami tumbuhan yang menjadi bentuk awal dari vitamin A. Vitamin A diperlukan tubuh untuk untuk kesehatan kulit, sistem imun, dan kesehatan mata.

Beta karoten merupakan bentuk vitamin A yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Menurut Sciencedaily, kekurangan vitamin A pada ibu hamil terkait dengan kebutaan di masa kehamilan dan peningkatan risiko anemia.

Nah, berikut Popmama.com berikan 5 daftar makanan sumber beta karoten yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Yuk, cari tahu!

1. Bayam dianggap sangat sehat selama kehamilan

1. Bayam dianggap sangat sehat selama kehamilan
Freepik/Racool_studio

Salah satu alasan kenapa ibu hamil harus mengonsumsi bayam yakni karena sayuran ini mengandung beta karoten untuk membantu melindungi paru-paru dari kanker.

Parenting.firstcry mengatakan, bayam adalah sayuran hijau berdaun yang sangat sehat. Mengonsumsi  bayam dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan mata.

Ya, bayam adalah salah satu sayuran yang dapat membantu Mama memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan.

Bahkan bayam memiliki kandungan nutrisi dan juga vitamin yang cukup melimpah. Dalam 1 mangkuk sayur bayam terkandung 11318μg beta-karoten. Selain itu, bayam juga mengandung serat, vitamin C, zat besi, dan kalsium.

Editors' Picks

2. Brokoli bisa memberikan dorongan yang baik pada janin

2. Brokoli bisa memberikan dorongan baik janin
Freepik

Selain bayam, sayuran hijau lainnya yang juga mengandung beta karoten adalah brokoli.

WebMD memaparkan, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi brokoli untuk mendapatkan asupan folat, serat, kalsium, lutein, zeaxanthin dan beta karoten untuk mendapatkan penglihatan yang sehat.

Kandungan vitamin A dan kandungan nutrisi serta mineral lainnya di dalam brokoli juga dapat meningkatkan perkembangan janin.

Menariknya lagi, brokoli merupakan sayuran yang memiliki kandungan beta karoten dalam jumlah cukup tinggi, yaitu 623 IU/100 gram.

3. Melon bisa disantap selama kehamilan

3. Melon bisa disantap selama kehamilan
Freepik/topntp26

Selain sayuran, buah juga sumber makanan yang mengandung beta karoten. Salah satu buah yang mengandung beta karoten adalah melon.

Parentune berkata, buah-buahan yang mengandung anti oksidan, mineral, dan vitamin seperti melon memiliki peran yang besar untuk meningkatkan tingkat energi di masa kehamilan.

Jenis buah tropis yang mudah ditemui mengandung beta karoten sekitar 3575μg, untuk menyokong tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

4. Ubi jalar salah satu sumber terbaik vitamin A

4. Ubi jalar salah satu sumber terbaik vitamin A
Freepik/dashu83

Selain melon, beta karoten yang terkandung dari ubi jalar juga sangat baik untuk kesehatan ibu hamil.

Tasteofhome mengungkakan, ubi jalar mengandung beta karoten yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi lonjakan gula darah.

Mama juga bisa mengganti nasi dengan ubi jalar sebagai sumber karbohidrat sehari-hari.

Dalam 1 cup ubi jalar terkandung beta karoten sekitar 13308 μg. Sementara itu jumlah kalori yang terdapat dalam ubi jalar adalah 258 kkal. 

5. Wortel memiliki berbagai nutrisi penting

5. Wortel memiliki berbagai nutrisi penting
Freepik/Racool_studio

Beta karoten adalah molekul antioksidan penting bagi tubuh untuk melawan radikal bebas. Wortel juga termasuk jenis sayur yang mengandung beta karoten.

Dikutip dari Kitchenvarieties, wortel adalah sumber anti oksidan yang baik. Selain itu, berbagai nutrisi penting lainnya dalam wortel dapat membuat ibu dan bayi tetap sehat selama kehamilan.

Satu cup wortel yang sudah dimasak memiliki kandungan beta karoten sekitar 12998μg atau 120% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. 

Itulah tadi kelima makanan kaya beta karoten untuk ibu hamil. Mama bisa menjadikannya variasi dalam pola makan harian Mama. Selain itu, pastikan juga Mama mengonsumsi makanan lain yang dapat memenuhi kebutuhan gizi yang Mama butuhkan setiap hari.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.