5 Kombinasi Jus yang Mengenyangkan untuk Ibu Hamil saat Berpuasa

Minum jus buah selama masa kehamilan dapat membantu memenuhi nutrisi, lho!

2 Mei 2021

5 Kombinasi Jus Mengenyangkan Ibu Hamil saat Berpuasa
Freepik

Meski memiliki sejumlah risiko, bukan berarti ibu hamil tidak boleh berpuasa.

Puasa saat hamil sah-sah saja dilakukan jika sang ibu berada dalam kondisi sehat atau memiliki berat badan yang cukup.

Agar aman ketika berpuasa saat hamil, lebih baik konsultasikan kepada dokter terlebih dulu.

Selain itu, cobalah membuat daftar menu makanan agar mendapatkan asupan nutrisi yang cukup selama ibu hamil berpuasa. Salah satu yang bisa Mama lakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi adalah dengan mengonsumsi jus buah.

Nah, berikut Popmama.com berikan lima kombinasi jus untuk ibu hamil yang dijamin mengeyangkan selama bulan Ramadan.

1. Jus alpukat dan apel yang bisa memenuhi nutrisi ibu hamil

1. Jus alpukat apel bisa memenuhi nutrisi ibu hamil
Freepik

Mengonsumsi alpukat selama masa kehamilan dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Mama bisa membuat alpukat menjadi jus, dan mengombinasikannya dengan buah apel. Kombinasi ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, sebab alpukat bisa memberikan energi cukup tinggi selama berpuasa. Sedangkan apel memiliki kandungan serat yang baik untuk melancarkan pencernaan dan membuat Mama merasa kenyang lebih lama.

Editors' Picks

2. Jus apel dan sayuran dapat menjaga kesehatan tubuh

2. Jus apel sayuran dapat menjaga kesehatan tubuh
Freepik/master1305

Jus yang terbuat dari buah dan sayur segar juga bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Mama saat sedang berpuasa.

Kombinasi jus buah dan sayur akan memberikan Mama vitamin dan mineral yang Mama butuhkan selama kehamilan. Salah satu kombinasi buah dan sayur yang bisa Mama buat menjadi jus adalah buah apel dan sayuran seperti kale atau wortel.

Kombinasi jus tersebut bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata, hingga menjaga kesehatan jantung.

3. Jus mangga dan wortel mampu menyuplai energi selama berpuasa

3. Jus mangga wortel mampu menyuplai energi selama berpuasa
Freepik

Meski tidak banyak melakukan aktivitas berat, ibu hamil tetap memerlukan energi ekstra untuk menjalankan kehamilannya. Maka tidak heran bila ibu hamil juga memerlukan tambahan kalori yang bisa dipenuhi dari pola makan sehari-hari.

Mama bisa mengonsumsi jus buah mangga yang dicampur dengan wortel, untuk memberikan tambahan energi. Dengan begitu, Mama tidak akan mudah merasa lemas saat berpuasa.

Selain itu, mangga dan wortel juga mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan serangan virus agar Mama tidak mudah sakit.

4. Jus pepaya dan yoghurt yang kaya akan manfaat

4. Jus pepaya yoghurt kaya akan manfaat
Freepik/lifeforstock

Buah pepaya memang kaya akan manfaat karena mengandung banyak serat. Selain itu pepaya juga mengandung vitamin A, vitamin C, beta karoten, dan kalium yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Mama bisa mengombinasikan jus pepaya dengan yoghurt. Selain mengenyangkan, yoghurt juga mengandung protein dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang mama dan janin. Yoghurt juga mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan.

5. Jus pisang dan stroberi yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh

5. Jus pisang stroberi bermanfaat sistem kekebalan tubuh
Freepik/azerbaijan_stockers

Stroberi merupakan salah satu buah favorit untuk dibuat jus. Apalagi kalau bukan karena rasanya yang menyegarkan. Strpberi mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Mama bisa mengombinasikannya dengan pisang yang akan membuat Mama merasa kenyang lebih lama. Pisang mengandung lemak baik dan kalium yang dapat melancarkan peredaran darah dan menjaga kesehatan jantung.

Nah, itu dia kelima kombinasi jus untuk ibu hamil yang bisa mengenyangkan di saat bulan puasa. Pastikan Mama tidak menambahkan gula atau susu kental manis ke dalam jus yang Mama buat. Untuk menambah rasa, Mama bisa menambahkan madu yang lebih sehat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.