Ini Dia 5 Manfaat Makan Mangga Muda untuk Ibu Hamil

Ternyata buah mangga muda dapat menangkal radikal bebas

3 Maret 2021

Ini Dia 5 Manfaat Makan Mangga Muda Ibu Hamil
Freepik/dashu83

Saat hamil muda sangat identik dengan yang namanya mengidam.

Biasanya mengidam makanan dan minuman tertentu, salah satunya mangga muda. Jika Mama menginginkan mangga muda di awal kehamilan, maka konsumsilah buah tersebut dengan batas normal. 

Namun meski dikenal dengan rasanya yang asam, ternyata mangga muda mengandung segudang manfaat. Mangga muda mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan, termasuk bagi ibu hamil.

Nutrisi yang terkandung dalam mangga di antaranya adalah vitamin (A, B, dan C), asam folat, kalsium, zat besi, dan magnesium. Dengan kandungan gizi tersebut, maka sangat baik untuk kesehatan ibu hamil.

Berikut ada lima manfaat mangga muda untuk ibu hamil yang sudah dirangkum oleh Popmama.com:

1. Baik untuk kesehatan jantung

1. Baik kesehatan jantung
Freepik

Ketika Mama sedang hamil, tubuh pun akan mengalami banyak perubahan. Ya, salah satunya adalah detak jantung yang lebih cepat dari biasanya. Namun hal itu tidak membahayakan. 

Sementara mengonsumsi mangga muda di awal kehamilan juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan jantung. Di mana mangga setengah matang ini mengandung antioksidan.

Kandungan tersebut dapat menangkal radikal bebas penyebab beberapa penyakit seperti kanker, penyakit jantung, hingga alzheimer.

Mangga muda juga mengandung niacin atau vitamin B3 yang bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Editors' Picks

2. Memberi dorongan energi untuk ibu hamil

2. Memberi dorongan energi ibu hamil
Unplash/Omar lopez

Salah satu permasalahan gizi yang sering terjadi pada ibu hamil adalah kekurangan energi kronis (KEK).

Kekurangan energi kronis (KEK) itu sendiri yang menyebabkan keluar masuknya energi tidak seimbang di dalam tubuh ibu hamil.

Seorang ibu hamil yang kekurangan energi kronis biasanya akan merasa kelelahan yang berkepanjangan, kesemutan, dan cenderung memiliki wajah pucat atau tidak segar.

Dengan mengonsumsi mangga muda maka dapat memberi tubuh mama sebuah dorongan energi yang membantu untuk bisa tetap beraktivitas.

3. Menjaga kesehatan gigi dan mulut ibu hamil

3. Menjaga kesehatan gigi mulut ibu hamil
Freepik

Pada umumnya saat hamil, Mama lebih rentan mengalami penyakit gigi dan mulut. Penyakit ini bisa memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin.

Di mana sejak awal kehamilan, kadar hormon progesteron di dalam tubuh meningkat hingga 10 kali lipat dari biasanya. Hal inilah yang dapat meningkatkan risiko sakit gigi di awal kehamilan.

Mengonsumsi vitamin C adalah solusi terbaik untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi ibu hamil. Sementara mangga muda punya kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Mengonsumsi mangga muda akan memberikan sumber vitamin C yang dapat membantu pencegahan gusi berdarah, bau mulut, dan kerusakan gigi. 

4. Menyeimbangkan cairan tubuh

4. Menyeimbangkan cairan tubuh
Freepik/249anulak

Manfaat buah mangga muda untuk ibu hamil sangat erat kaitannya dengan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Nah, ternyata buah yang rasanya asam saat dimakan itu dapat menjadi salah satu solusi camilan sehat penuh manfaat. Mangga muda kaya akan elektrolit yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh ibu hamil.

Bahkan mengonsumsi buah mangga muda dengan takaran yang pas bisa mencegah ibu hamil dari dehidrasi, dengan menghentikan hilangnya natrium klorida dan zat besi yang berlebihan dari dalam tubuh. 

5. Menyembuhkan masalah perut

5. Menyembuhkan masalah perut
Freepik/Yanalya

Sembelit bisa menjadi masalah di awal kehamilan hingga trimester terakhir. Hal ini terjadi karena pergerakan usus lebih lambat dibandingkan saat tidak hamil.

Gangguan perut tersebut terkadang membuat ibu hamil jadi merasa tidak nyaman.

Untuk itu ibu hamil memerlukan asupan serat untuk mencegah konstipasi yang kerap muncul selama masa kehamilan. Salah satu makanan sumber serat yang bisa dikonsumsi adalah mangga muda.

Ya, mangga setengah matang dipercaya dapat mengatasi gangguan pencernaan pada ibu hamil. Bahkan mangga muda juga sering disarankan untuk ibu hamil yang sering mengalami morning sickness dan diare. 

Pasalnya mangga muda termasuk buah kaya akan serat dan mengandung alkali yang tinggi, sehingga dapat mencegah sembelit dan melancarkan saluran cerna pada ibu hamil. 

Itulah lima manfaat mangga muda untuk ibu hamil. Jangan lupa untuk memastikan kebersihan buah mangga dengan menjaga kebersihan tangan sebelum mengolah dan mengonsumsinya ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.