Inilah 5 Perubahan Bentuk Tubuh saat Hamil di Trimester Pertama

Jangan kaget bila menghadapinya ya, Ma

17 Juni 2021

Inilah 5 Perubahan Bentuk Tubuh saat Hamil Trimester Pertama
Freepik/ jcomp

Ada berbagai perubahan yang bisa menjadi tanda awal kehamilan. Salah satunya yakni perubahan bentuk tubuh. Bahkan, perubahan itu sudah terjadi sejak beberapa minggu pertama kehamilan.

Ya, dengan kondisi tersebut mungkin membuat Mama tidak nyaman. Namun perubahan tubuh mungkin akan berbeda-beda pada setiap ibu hamil.

Berikut Popmama.com telah merangkum lima perubahan tubuh ibu hamil trimester pertama yang mungkin akan Mama alami.

1. Payudara tumbuh melebar dan membesar

1. Payudara tumbuh melebar membesar
Freepik

Meningkatnya level hormon estrogen dan progesteron menyebabkan terjadinya perubahan payudara di awal kehamilan. Di mana kedua hormon tersebut menyebabkan areola dan puting payudara tumbuh melebar dan membesar.

Sejak minggu awal kehamilan, payudara terasa lebih lembut, nyeri, dan lebih sensitif. Bahkan ukuran payudara pun mulai bertambah, terasa lebih berat dan penuh.

Untuk membuat Mama lebih nyaman sebaiknya gunakan bra khusus untuk ibu hamil di masa kehamilan.

Editors' Picks

2. Membuat perubahan pada kulit

2. Membuat perubahan kulit
Freepik/Racool_studio

Pada umumnya kulit ibu hamil tampak lebih bermasalah atau malah lebih bercahaya di awal kehamilan. Hal ini dikarenakan perubahan hormon dan peningkatan sirkulasi darah di bawah kulit.

Di mana hormon-hormon di awal kehamilan dapat menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit sang Mama, sehingga membuat kulit menjadi lebih lembap dan tampak glowing.

Namun bisa juga terjadi perubahan kulit seperti jerawat, eksim, stretch mark, hingga garis gelap yang membentang mulai dari pusar sampai ke rambut kemaluan.

3. Pembuluh darah vena yang berwarna biru

3. Pembuluh darah vena berwarna biru
Freepik/pressfoto

Perubahan lainnya juga terjadi pada pembuluh darah. Hal ini mungkin terjadi karena volume darah bertambah dan jantung memompa darah lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan kehamilan.

Pembuluh darah vena yang berwarna biru mungkin akan lebih terlihat di perut, payudara, dan lengan. Sedangkan pembuluh darah laba-laba atau spider veins juga bisa muncul bagian di kaki.

Kondisi tersebut disebut dengan varises. Pembuluh darah yang membesar ini bisa sangat terlihat dan berwarna ungu atau biru.

4. Kondisi perut yang membesar

4. Kondisi perut membesar
Freepik/valeria_aksakova

Mungkin beberapa ibu hamil akan sudah terlihat perutnya membesar sejak trimester pertama kehamilan. Sementara, kondisi ibu hamil lainnya bisa jadi belum terlalu kelihatan tonjolan di perutnya sampai memasuki trimester kedua.

Ini normal terjadi dan tidak menjadi hal yang perlu dikhawatirkan. Kalau perubahan perut mama termasuk yang mana?

5. Mengalami berbagai perubahan di bagian vagina

5. Mengalami berbagai perubahan bagian vagina
Freepik/jcomp

Pada saat kehamilan, vagina juga mengalami berbagai perubahan. Di mana lapisan vagina bisa menjadi lebih tebal dan kurang sensitif.

Bahkan sebagian ibu hamil mungkin alami keputihan dan perdarahan ringan. Namun kondisi ini sebenarnya sangat normal di awal kehamilan dan tidak perlu dikhawatirkan.

Mama perlu khawatir apabila kondisinya terasa gatal atau panas di area vulva dan menyebabkan rasa nyeri. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Nah, itulah beberapa perubahan tubuh pada ibu hamil trimester pertama yang bisa Mama alami. Nikmati segala perubahan yang terjadi. Namun, bila perubahan yang Mama alami membuat Mama tidak nyaman, jangan segan untuk berkonsultasi ke dokter, ya.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.