Patut Dicoba, 5 Tips Meningkatkan Nafsu Makan saat Hamil Muda

Nafsu makan harus tetap terjaga agar janin bisa tumbuh dengan sehat

28 Februari 2021

Patut Dicoba, 5 Tips Meningkatkan Nafsu Makan saat Hamil Muda
Freepik/cookie_studio

Mual muntah merupakan keluhan yang paling sering dialami oleh ibu yang tengah hamil muda. Bahkan mual muntah dianggap sesuatu yang wajar dan harus diterima dengan pasrah.

Keluhan mual muntah seringkali membuat ibu hamil menjadi tidak nafsu makan hingga merasa lemas seharian. Padahal asupan nutrisi adalah sesuatu yang penting untuk menjaga kesehatan mama dan janin.

Kehilangan nafsu makan tidak boleh dibiarkan begitu saja. Berikut Popmama.com berikan tips untuk meningkatkan nafsu makan saat hamil muda:

1. Hindari makanan dengan bau menyengat

1. Hindari makanan bau menyengat
Pexels/Tookapic

Ya, pada dasarnya indera penciuman pada ibu hamil akan jauh lebih sensitif. Menghirup aroma makanan yang berbau terlalu tajam bisa membuat Mama merasa mual hingga kehilangan nafsu makan.

Jadi, ada baiknya bila Mama melewatkan dahulu makanan yang menggunakan bumbu berbau menyengat, seperti bubuk cabai, kayu manis, atau terasi.

Pilihlah makanan yang menggunakan bumbu dengan aroma yang lebih ringan.

Editors' Picks

2. Coba menu makanan baru

2. Coba menu makanan baru
Pexels/Pixabay

Pada masa kehamilan, tentunya ibu hamil memerlukan asupan makanan bernutrisi. Saat ini banyak tersedia berbagai variasi makanan dengan menu yang beragam. 

Untuk meningkatkan selera makan, Mama bisa mencoba menu makanan baru yang belum pernah Mama coba sebelumnya. Namun pastikan menu makanan yang Mama pilih tetap bernutrisi dan tidak membahayakan janin.

3. Minum air jahe

3. Minum air jahe
Pexels/Pixabay

Mama yang sedang kehilangan nafsu makan saat hamil bisa mengatasinya dengan memasukkan jahe ke dalam menu minuman.

Mama bisa menyeduh teh dengan irisan jahe atau membuat minuman tradisional seperti wedang jahe. Bila perlu selalu bawa minuman jahe yang sudah Mama buat ke dalam botol saat Mama bepergian.

Tahukah Ma, jahe juga bermanfaat untuk menenangkan perut dan mengatasi rasa mual saat hamil, lho. Ketika rasa mual menyerang secara tiba-tiba, segeralah meminum air jahe atau wedang jahe untuk mengusir rasa mual ya, Ma. 

4. Penuhi kebutuhan vitamin

4. Penuhi kebutuhan vitamin
Pexels/Tookapic

Kehilangan nafsu makan bisa membuat Mama kekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Padahal kebutuhan nutrisi mama akan terus meningkat seiring dengan pertambahan usia kandungan.

Mama bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi suplemen vitamin. Sementara untuk cara yang alami, Mama bisa mengonsumsi buah-buahan sebagai camilan atau susu khusus ibu hamil.

Saat ini sudah tersedia susu ibu hamil yang mampu mengatasi mual muntah penyebab menghilangnya nafsu makan.

Susu kehamilan yang kaya akan vitamin B6, asam folat, protein, kalsium, zat besi, omega-3, dan omega-6, akan memenuhi kebutuhan gizi mama.

5. Makan sedikit tapi sering

5. Makan sedikit tapi sering
Freepik/Yanalya

Siapa bilang ibu hamil nggak boleh makan dalam jumlah sedikit?

Ibu hamil yang sedang malas makan setidaknya bisa menyiasatinya dengan makan lebih sedikit tapi sering dalam jarak waktu yang dekat.

Makan lebih sedikit tapi sering juga akan meringankan kerja sistem pencernaan, Ma.

Kelima cara di atas bisa Mama lakukan untuk meningkatkan nafsu makan saat hamil muda. Semoga berhasil ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.