Ayo, Kenali 5 Tanda Kehamilan Sehat Sejak Dini

Payudara yang mulai membesar merupakan tanda kehamilan sehat

17 September 2019

Ayo, Kenali 5 Tanda Kehamilan Sehat Sejak Dini
Freepik

Tentunya kesehatan ibu hamil harus selalu dijaga. Apalagi ketika usia kehamilan yang kurang dari 7 minggu, karena masih sangat lemah dan rawan keguguran.

Terlepas dari hal tersebut, ibu hamil sebisa mungkin terhindar dari penyakit kronis.

Seperti dikutip dari Lifealth.com, kehamilan yang sehat adalah kondisi bayi di dalam rahimnya terbilang aman dan sehat. Oleh karenanya ibu hamil harus membaca tanda-tanda yang ditunjukkan tubuhnya dengan jelas.

Kehamilan sehat bisa dipastikan melalui pemeriksaan oleh dokter. Selain itu Mama perlu mengetahui 5 tanda kehamilan yang sehat dari Popmama.com. Yuk, baca selengkapnya:

1. Penambahan berat badan adalah hal normal dan tanda kehamilan yang sehat

1. Penambahan berat badan adalah hal normal tanda kehamilan sehat
Freepik

Menjadi sehat dalam kehamilan adalah yang paling penting.

Sementara penambahan berat badan sejak awal kehamilan adalah hal normal terjadi. Di mana mengalami kenaikan berat badan diperlukan untuk menunjang perkembangan janin dalam kandungan. 

Biasanya kenaikan berat badan selama kehamilan sekitar 12-15 kilogram dari kisaran sebelum hamil.

Pada umumnya jumlah berat badan yang naik secara bertahap merupakan tanda pertama bahwa kehamilan Mama berjalan lancar dan sehat.

Editors' Picks

2. Perubahan payudara dan mengalami rasa nyeri saat disentuh

2. Perubahan payudara mengalami rasa nyeri saat disentuh
Freepik/teksomolika

Pada umumnya kehamilan menyebabkan banyak perubahan pada tubuh, salah satunya adalah perubahan payudara.

Namun Mama tidak perlu khawatir, karena perubahan tersebut terbilang normal dan menandakan awal kehamilan yang sehat dan lancar.

Perubahan hormon pada trimester pertama membuat aliran darah meningkat dan mengubah jaringan pada payudara yang disebabkan oleh peningkatan kadar estrogen.

Di mana areola dan puting mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap hingga munculnya garis-garis stretch mark. Bahkan Mama juga mengalami payudara yang terasa nyeri, geli, bengkak dan sensitif jika disentuh.

Selain itu payudara akan mulai terlihat membesar dari biasanya, yaitu satu hingga dua cup dari ukuran sebelum hamil.

3. Tingkat tekanan darah dan gula dalam batas normal di awal kehamilan

3. Tingkat tekanan darah gula dalam batas normal awal kehamilan
Freepik/xb100

Mama sedang hamil di trimester awal?

Ya, indikator utama dari kehamilan sehat adalah tekanan darah dan kadar gula yang tidak mengalami kenaikan atau penurunan.

Pemantauan ini harus dilakukan di setiap trimester selama kehamilan. Sebab beberapa ibu hamil mengalami peningkatan tekanan darah maupun kadar gulanya, sehingga memengaruhi kesehatannya.

Sementara jika Mama memiliki tekanan darah dan kadar gula dalam batas normal, itu merupakan tanda kehamilan yang baik dan sehat.

Selanjutnya harus selalu Mama jaga agar kondisi ini berlangsung sampai menjelang persalinan.

4. Lebih emosional karena peningkatan kadar estrogen dan progesteron

4. Lebih emosional karena peningkatan kadar estrogen progesteron
Freepik/bristekjegor

Pernahkah Mama merasa suasana hati berubah drastis, dari perasaan senang lalu tiba-tiba menjadi sedih?

Ya, hal ini umum terjadi saat kehamilan. Di mana suasana hati ibu hamil yang mudah naik dan turun dikarenakan adanya peningkatan kadar estrogen dan progesteron dalam darah, sehingga Mama jadi lebih sensitif dari sebelumnya.

Kondisi tersebut biasa terjadi saat 12 minggu pertama kehamilan dan seolah merasa sulit untuk mengendalikan emosi selama trimester pertama.

Jangan khawatir, Ma. Mood swing ini merupakan tanda kehamilan yang normal dan sehat, asalkan Mama bisa mengelola emosi selama kehamilan dengan baik tanpa berlebihan.

5. Morning sickness merupakan tanda positif dari kehamilan yang sehat

5. Morning sickness merupakan tanda positif dari kehamilan sehat
happyfamilyorganics.com

Gejala ini paling umum terjadi di awal kehamilan. Ya, morning sickness yang umumnya meliputi mual dan sensitif terhadap bau atau rasa tertentu adalah tanda positif dari kehamilan yang sehat.

Biasanya gejala morning sickness akan terjadi di pagi hari karena menumpuknya asam lambung yang disebabkan oleh perubahan hormon.

Di mana morning sickness ini disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon yang dipengaruhi oleh pertumbuhan janin di dalam tubuh.

Tapi hal ini bisa berbeda-beda pada setiap ibu hamil.

Itulah kelima tanda kehamilan yang sehat. Selama kehamilan tubuh akan menyesuaikan diri dengan kehadiran janin di dalam rahim. Untuk memastikan apakah hamil sehat atau tidak, konsultasi ke dokter secara rutin sesuai jadwal.

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.