hanco

7 Manfaat Ikan Mas untuk Mama yang Sedang Hamil Muda

Ikan mas hidup di air bersih yang tidak mengandung merkuri lho, Ma

2 Desember 2019

7 Manfaat Ikan Mas Mama Sedang Hamil Muda
ftcdn.net

Trimester pertama yang berlangsung selama minggu pertama hingga minggu ke-13 adalah masa-masa penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Hampir semua organ janin sedang berkembang pada masa ini.

Melihat pentingnya masa ini, kecukupan nutrisi adalah hal yang tidak bisa ditawar. Mama harus memenuhi kebutuhan asam folat, protein, zat besi, omega 3, hingga vitamin A.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, Mama bisa mengonsumsi ikan mas. Seperti kebanyakan ikan lainnya, ikan mas mengandung banyak nutrisi dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Selain itu, ikan ini mudah ditemukan di pasaran dan mudah diolah menjadi berbagai kreasi hidangan.

Yuk, simak tujuh manfaat ikan mas untuk Mama yang sedang hamil muda berikut:

1. Memaksimalkan perkembangan mata janin

1. Memaksimalkan perkembangan mata janin
cdnparenting.com

Mata adalah salah satu organ yang mulai berkembang pada trimester petama. Pada empat minggu pertama, saraf optik dan lensa mata akan mulai terbentuk. Untuk memaksimalkan perkembangan ini, ibu hamil memerlukan asupan DHA yang cukup.

Seperti ikan-ikan lainnya, ikan mas mengandung kandungan DHA yang tinggi. Oleh karena itu, konsumsi ikan ini selama trimester pertama akan memaksimalkan perkembangan mata janin.

2. Menjaga keseimbangan tekanan darah

2. Menjaga keseimbangan tekanan darah
picdn.net

Selama masa kehamilan, ibu hamil berisiko menderita tekanan darah tinggi. Ia adalah kondisi yang harus dihindari.

Pasalnya, tekanan darah tinggi dapat mengurangi aliran darah ke plasenta sehingga janin kekurangan oksigen dan nutrisi. Tekanan darah tinggi juga berisiko memicu preeklamsia pada ibu hamil.

Nah, Mama bisa menjaga keseimbangan tekanan darah Mama dengan mengonsumsi ikan mas. Seperti kebanyakan ikan, ikan mas mengandung lebih sedikit lemak jenuh pemicu darah tinggi sehingga lebih aman dikonsumsi.

3. Mengurasi risiko osteoporosis

3. Mengurasi risiko osteoporosis
cdnparenting.com

Osteoporosis kerap dikaitkan sebagai penyakit orangtua. Faktanya, penyakit ini juga bisa menyerang ibu hamil lho. Pasalnya selama kehamilan, asupan kalsium ibu akan diserap oleh janin untuk pertumbuhan gigi dan tulangnya.

Nah, konsumsi ikan mas dapat mengurangi risiko osteoporosis. Ikan ini mengandung 20 mg kalsium untuk mencukupi kebutuhan kalsium Mama.

Editors' Picks

4. Memenuhi kebutuhan fosfor

4. Memenuhi kebutuhan fosfor
wordpress.com

Selain membutuhkan kalsium, ibu hamil juga memerlukan fosfor untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Faktanya, ibu hamil disarankan untuk mengonsumi 600 mg fosfor setiap hari.

Nah, salah satu makanan yang dapat memenuhi kebutuhan fosfor tersebut adalah ikan mas. Setiap ikan ini mengandung 150 mg fosfor.

5. Memenuhi kebutuhan zat besi

5. Memenuhi kebutuhan zat besi
rackcdn.com

Kecukupan zat besi seringkali diabaikan oleh ibu hamil. Padahal, zat ini dapat mencegah anemia pada ibu hamil hingga memengaruhi tumbuh kembang dan kecerdasan janin. Ia bertugas memproduksi hemoglobin untuk mengikat oksigen di dalam darah.

Nah, agar Mama tidak kekurangan asupan zat besi, Mama bisa mengonsumsi ikan mas. Ikan air tawar ini mengandung 2 mg gram zat besi yang cukup untuk menjaga kesehatan Mama selama masa trimester pertama.

6. Memenuhi kebutuhan protein

6. Memenuhi kebutuhan protein
picdn.net

Protein adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Nutrisi ini berperan memaksimalkan perkembangan organ, otot, persendian, dan tulang janin. Ia juga menjaga kesehatan rahim agar mampu menunjang perkembangan janin.

Bahkan, ibu hamil disarankan mengonsumsi 40 hingga 50 gram protein setiap hari. Jumlah ini pun semakin bertambah seiring bertambahnya usia kehamilan.

Nah, Mama bisa memenuhi kebutuhan protein Mama dengan mengonsumsi ikan mas. Ikan ini mengandung 16 gram protein dalam setiap porsinya.

7. Memenuhi kebutuhan omega 3

7. Memenuhi kebutuhan omega 3
pixfeeds.com

Menurut Dr. Bruce Holub dari University of Guelph, asupan omega 3 selama masa kehamilan dapat mengurangi kelahiran prematur.

Ia juga memaksimalkan perkembangan otak dan kecerdasan janin. Bahkan, anak yang mendapat asupan omega 3 yang cukup selama di dalam kandungan terbukti kemampuan kognitif dan motorik yang lebih baik lho, Ma.

Nah, Mama dapat memenuhi kebutuhan omega 3 sejak dini dengan mengonsumsi ikan mas.

Itulah tujuh manfaat yang bisa Mama dapatkan dari ikan mas untuk kehamilan Mama. Selain manfaat-manfaat tersebut, ikan mas lebih unggul karena hidup di air tawar yang bebas merkuri. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, beli dan siapkan menu ikan mas hari ini!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!