Inilah Penyebab Mata Mama Bintitan, Bagaimana Mengatasinya?

Pasti nggak nyaman ya, Ma!

7 Februari 2020

Inilah Penyebab Mata Mama Bintitan, Bagaimana Mengatasinya
Pinterest/activebeat

Mama pernah nggak sih mengalami mata tiba-tiba terasa bengkak dan sakit? Bisa jadi ini adalah kondisi bintitan. Bintitan terjadi ketika kelenjar yang berada di kelopak mata mengalami penyumbatan sehingga menimbulkan infeksi. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh bakteri umum yang berada di area kelopak mata, yang bernama Staphylococcus aureus.

Sama halnya dengan jerawat, ketika kelopak mata ini terinfeksi, minyak-minyak halus yang dikeluarkan oleh kelopak mata berubah tekstur menjadi tebal seperti pasta gigi. Hal inilah yang menyumbat kelenjar di kelopak mata sehingga mengakibatkan lebih banyak bakteri tumbuh dan akhirnya menyebabkan bintitan. 

Bintitan pada kelopak mata dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja, termasuk saat sedang hamil. Ketika mengalami bintitan, bagian kelopak matamu akan merasa sakit, kemerahan dan mungkin terasa panas saat disentuh, tetapi bintitan akan sembuh dalam beberapa hari.

Walaupun bintitan adalah kondisi yang sangat umum dan cenderung tidak berbahaya, tetap saja kamu pasti merasa risih apalagi saat di awal-awal kehamilan.

Jangan khawatir kamu bisa menghilangkannya dengan cara yang telah  Popmama.com  rangkum:
 

1. Kompres dengan air hangat

1. Kompres air hangat
pinterest/eyelovethesun

Mengkompresnya dengan air hangat dapat meringankan rasa sakit pada kelopak mata kamu. Caranya pertama-tama, ambilah kain flanel bersih, yang telah dicelupkan ke dalam air panas dan peras sampai kering, lalu tempelkan dengan lembut di mata yang tertutup.

Lakukan ini selama 5-10 menit, 3-4 kali sehari. Perlu diingat bahwa air panas yang dimaksud harus nyaman dan tidak mendidih.

Jika rutin, bintitannya akan meletus dengan sendirinya lalu mengering. Jangan coba-coba untuk memencet bintitan secara paksa karena hal tersebut hanya akan memperburuk kondisi mata kamu.

2. Gunakan Kantong teh yang hangat

2. Gunakan Kantong teh hangat
Pinterest/themakeyourownzone

Alih-alih menggunakan kompres kain hangat, kamu juga dapat menggunakan kantong teh hangat. Disarankan untuk memakai kantong teh hitam, karena teh hitam berfungsi membantu mengurangi pembengkakan sebab memiliki beberapa sifat antibakteri.

Caranya, rebus air dan masukan kantong teh ke dalam cangkir. Biarkan selama sekitar satu menit.

Tunggu sampai kantong teh cukup dingin untuk diletakkan di atas mata kamu, lalu tempelkan pada area bintitan selama sekitar 5 hingga 10 menit. Usahakan gunakan kantong teh terpisah untuk setiap mata.

Editors' Picks

3. Hindari pemakaian skincare di area mata

3. Hindari pemakaian skincare area mata
Pinterest/Intothegloss

Hindari menggunakan skincare di area mata ketika sedang muncul bintitan. Skincare dapat membuat mata semakin iritasi dan menunda proses penyembuhan.

Kamu juga dapat menyumbatnya dengan mengoleskan skincare di area bintitan sehingga makin memperburuk kondisi mata kamu. Kamu bisa mencoba menggunakan kacamata agar proses penyembuhan lebih maksimal.

4. Gunakan obat yang aman untuk mata

4. Gunakan obat aman mata
Pinterest/fivespotgreenliving

Kamu dapat membeli obat bintitan secara bebas di apotek terdekat dari rumah kamu. Cara menggunakannya pun cukup mudah, jika obat tersebut berbentuk salep, kamu tinggal menarik bagian kelopak mata kamu dan oleskan obat tersebut di area bintitan pada kelopak mata.

Hindari penggunaan steroid pada bintitan kamu. Steroid dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya pada Mama hamil. Pastikan juga obat yang kamu gunakan aman untuk mata bagian luar maupun bagian dalam mata. 

Berikut ini adalah rekomendasi obat yang aman digunakan untuk Mama yang sedang hamil:

  1. Erythromycin atau bisa juga disebut eritromisin adalah antibiotik yang memiliki beberapa jenis sediaan obat, mulai dari berbentuk cairan, hingga obat minum berupa tablet. Obat ini bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri yang menimbulkan infeksi termasuk infeksi pada kulit kelopak mata.

  2. Tobramycin adalah obat golongan antibiotik aminoglikosida yang digunakan untuk mengobati infeksi akibat bakteri, misalnya infeksi pada mata. Tobramycin bekerja dengan cara membunuh bakteri dan menekan pertumbuhannya agar tidak muncul kembali.

Tetapi perlu untuk diingat bahwa penggunaan obat jenis apapun, harus didiskusikan terlebih dahulu pada dokter sebelum diaplikasikan pada mata bintitan ya, Ma.

5. Membersihkan mata secara rutin

5. Membersihkan mata secara rutin
Pinterest/byrdie

Kamu bisa membeli sampo bayi dengan label 'tidak pedih di mata' untuk membersihkan area bintitanmu dan jangan lupa untuk mencampurnya dengan sedikit air hangat. Usap kelopak mata kamu dengan lembut menggunakan kapas atau lap bersih.

Kamu dapat melakukan ini setiap hari sampai bintitan menghilang. Membersihkan kelopak mata kamu juga membantu mencegah munculnya bintitan kelak.

Pilihan lain yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan larutan garam. Ini dapat membantu dalam membunuh bakteri pada bintitan kamu.

Semoga cepat sembuh ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.