Pentingnya Mengonsumsi Karbohidrat untuk Mama yang Sedang Hamil

Yuk simak apa saja ya, Ma?

11 Februari 2020

Penting Mengonsumsi Karbohidrat Mama Sedang Hamil
Freepik/Yanalya

Apakah Mama sering lemas atau lelah tidak menentu?

Apakah Mama kurang mengonsumsi karbohidrat?

Karbohidrat atau biasa dikenal sebagai sakarida adalah gula atau pati yang berfungsi sebagai sumber energi tubuh. Selama masa kehamilan, sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nilai gizi tinggi bagi kesehatan Mama dan pertumbuhan janin.

Kamu perlu menyadari pentingnya memasukkan karbohidrat ke dalam makananmu karena karbohidrat juga mengandung serat yang baik untuk tubuh. Dengan mengonsumsi karbohidrat, kamu cenderung akan mendapatkan separuh energi yang diperlukan oleh tubuh yang berasal dari kalori.

Karena itu, dokter biasanya menyarankan Mama yang sedang hamil untuk tidak memilih diet yang rendah karbohidrat. Dengan mengonsumsi karbohidrat, kamu juga telah menghindari kemungkinan komplikasi yang akan terjadi selama masa kehamilan.

Berikut ini adalah manfaat mengonsumsi karbohidrat untuk Mama hamil yang telah Popmama.com rangkum:

1. Mencegah penyakit diabetes

1. Mencegah penyakit diabetes
Pexel/photomix

Asupan karbohidrat dapat membantu kamu yang sedang hamil dalam mengelola kadar gula darah serta menjaganya tetap stabil sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya diabetes gestasional.

Karbohidrat juga meminimalisir perubahan metabolisme yang dapat terjadi selama masa kehamilan.

Dengan mengonsumsi karbohidrat secara rutin, kamu dapat memenuhi kebutuhan energi yang kamu maupun perkembangan si Janin. 

Editors' Picks

2. Memberikan pasokan energi

2. Memberikan pasokan energi
Pexel/Marcossilva

Kehamilan dapat memicu rasa kelelahan pada Mama yang sedang hamil, namun karbohidrat dapat memberikan dorongan energi yang sangat dibutuhkan.

Karbohidrat bersifat mudah dipecah yang kemudian akan menjadi gula untuk memasok energi ke dalam sel-sel tubuh.

Karbohidrat mengandung fitonutrien yang berfungsi sebagai Antioksidan untuk membantu menghancurkan radikal bebas yang dihasilkan selama metabolisme, yang dapat membuat Mama hamil terkena penyakit.

3. Menghindari rasa mual

3. Menghindari rasa mual
nydailynews.com

Dengan makan makanan mengandung karbohidrat, kamu dapat menghindari gejala-gejala kehamilan seperti mual di pagi hari dan mual selama trimester pertama kehamilan kamu.

Karbohidrat juga memiliki serat yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan selama kehamilan dengan mengatur pergerakan usus dan mencegah sembelit.

Oleh karena itu sangat penting bagi Mama yang sedang hamil untuk mengonsumsi karbohidrat secara rutin dengan jumlah yang disarankan oleh dokter kandungan kamu.

Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.