Bolehkah Minum Susu Almond selama Kehamilan?

Susu almond memiliki banyak manfaat karena kaya akan nutrisi

6 Maret 2021

Bolehkah Minum Susu Almond selama Kehamilan
Pexels/caronlina-grabowska

Saat mengetahui kehamilan, biasanya ibu hamil mulai mencari makanan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi. Berbagai jenis susu pun mulai Mama pilih untuk mengoptimalkan keseimbangan nutrisi bayi.

Dari berbagai jenis susu, baik nabati maupun hewani. Lantas, apakah susu almond boleh dikonsumsi ibu hamil? Jawabannya adalah boleh. Susu almond aman dikonsumsi selama Mama tidak memiliki riwayat alergi sebelumnya, dan dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Susu almond adalah salah satu jenis pilihan minuman sehat untuk dikonsumsi, terutama bagi Mama yang memiliki toleransi rendah terhadap laktosa.

Berikut informasi mengenai manfaat susu almond untuk ibu hamil yang telah Popmama.com rangkum

1. Rendah kalori

1. Rendah kalori
Pexels/pegah

Susu almond memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan susu sapi,. 240 ml susu almond yang tidak manis mengandung 30-50 kalori, sementara olahan susu lain mengandung 146 kalori.

Tingkat kalori yang rendah berguna untuk menyukseskan diet ibu hamil, sebab mengonsumsi susu almond yang rendah gula akan mengurangi kalori secara efektif dan mencegah obesitas.

Editors' Picks

2. Kaya akan vitamin E

2. Kaya akan vitamin E
Pexels/cottonbro

Secara alami kacang almond memiliki kadar vitamin E yang tinggi, dan menyediakan 37 persen kebutuhan vitamin E harian per 28 gram. Satu cangkir susu almond menyediakan 20-50 persen kebutuhan vitamin E harian mama.

Vitamin E berguna untuk memelihara kulit mama selama kehamilan agar tetap sehat dan mencegah pigmentasi.

Terlebih lagi, vitamin E yang merupakan antioksidan kuat memiliki kegunaan untuk mengurangi stres dan peradangan selama kehamilan. Vitamin E juga bermanfaat untuk kesehatan otak, tulang, dan mata.

3. Menjaga kesehatan tulang

3. Menjaga kesehatan tulang
Pexels/karolina-grabowska

Susu adalah sumber kalsium. Walaupun almond hanya mengandung sedikit kalsium, almond yang dibuat menjadi susu akan memperkaya kandungan kalsium di dalamnya.

Kalsium berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium juga membantu mengurangi risiko osteoporosis. Satu cup susu almond (240 ml) mengandung 20-45 persen kebutuhan kalsium perhari.

4. Bebas laktosa

4. Bebas laktosa
Pexels/polina-tankilevitch

Susu almond cocok dikonsumsi untuk Mama yang memiliki toleransi rendah terhadap laktosa. Karena susu almond secara alami bebas laktosa.

Toleransi rendah terhadap laktosa biasanya disebabkan karena tubuh kekurangan laktase atau enzim yang bertanggung jawab untuk memecah laktosa sehingga tubuh akan merespon dengan gejala seperti sakit perut atau kembung.

5. Tahan lama

5. Tahan lama
Pexels/polina-tankilevitch

Susu almond memiliki masa kedaluwarsa lebih lama dibanding susu lainnya. Susu almond juga tidak perlu disimpan di dalam lemari es.

Susu almond yang tahan lama menjadikannya mudah untuk dibawa selama Mama berpergian saat sedang hamil. Jadi tidak perlu repot lagi ya, Ma.

Itulah manfaat susu almond untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi selama masa kehamilan. Selain menjadi pilihan minuman susu almond juga bisa Mama konsumsi sebagai smoothies maupun kuah tambahan untuk menambah variasi rasa makanan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.