5 Alasan Memilih Bidan untuk Konsultasi Kehamilan hingga Persalinan

Tak ada salahnya memilih bidan sebagai tempat konsultasi masa kehamilan hingga melahirkan kok, Ma.

26 November 2020

5 Alasan Memilih Bidan Konsultasi Kehamilan hingga Persalinan
Unsplash/Omar Lopez

Memilih bidan sebagai tempat konsultasi kehamilan hingga proses persalinan bukan hal yang tidak biasa di Indonesia. Sedari dulu, tenaga bidan masih jadi pilihan dalam mendampingi proses kehamilan dan persalinan, terutama bagi ibu yang tinggal di komplek perumahan kecil.

Sudah pasti jarak rumah dekat dengan tempat praktek bidan, jika Mama memilih mereka dalam konsultasi kehamilan dan persalinan. Selain itu, dilansir dari Very Well Family, di sini Popmama.com juga merangkum beberapa alasan lain memilih bidan untuk konsultasi kehamilan hingga persalinan.

1. Mama dalam kondisi kehamilan berisiko rendah

1. Mama dalam kondisi kehamilan berisiko rendah
Freepik
Air putih sangat baik untuk tubuh dan cairan ketuban

Pada umumnya, bidan hanya berani menerima pasien dengan risiko rendah. Mereka sudah dilatih untuk memastikan bahwa Mama melakukan yang terbaik untuk tetap sehat dan bugar selama masa kehamilan. Bidan akan memandu Mama untuk memilih langkah yang sehat dalam proses ini.

Bidan juga akan terus-menerus mengawasi, memastikan Mama masih berada dalam parameter sehat, dan hanya akan bertindak pada saat-saat yang diperlukan saja. Namun terkadang ada juga bidan yang sudah terlatih menangani kehamilan dengan risiko tinggi, dan mereka akan memberi informasi dan edukasi pada pasien dalam menjalani prosesnya.

Editors' Picks

2. Mama ingin proses kelahiran normal

2. Mama ingin proses kelahiran normal
Pixabay/Sanjasy

Jika Mama memilih untuk bersalin dengan bantuan bidan, mereka akan membantu Mama untuk mengusahakan persalinan normal. Bidan punya banyak cara untuk membantu Mama menjalani proses kehamilan dan persalinan yang tidak melibatkan obat-obatan saat tidak diperlukan.

Beberapa bidan memang menggunakan obat selama persalinan, tergantung pada kebutuhan. Mereka juka lebih punya banyak waktu untuk dekat dengan Mama, bahkan menghabiskan waktu bersama dalam proses persalinan. Bidan akan lebih mudah dicari saat dibutuhkan, karena mereka hanya akan berada di tempat praktek saja.

3. Mama ingin konsultasi lebih lama di tiap kunjungan

3. Mama ingin konsultasi lebih lama tiap kunjungan
Freepik/pressfoto
Periksakan kehamilan secara rutin untuk memastikan kondisi mama tetap sehat.

Mama yang sudah pernah konsultasi dengan dokter kandungan pasti merasakan bahwa berada di ruang praktek dokter tidak bisa lebih lama dan seringkali menyisakan banyak pertanyaan yang belum sempat tersampaikan. Beda dengan bidan, di mana Mama akan punya lebih banyak waktu mengobrol dengannya.

Waktu konsultasi yang lebih panjang ini bagus, tidak hanya untuk mengenalnya lebih dekat dan sebaliknya, tapi juga untuk menjawab pertanyaan mama secara menyeluruh dan menjelaskan apa yang sedang terjadi. Hal ini bisa memberikan ketenangan perasaan bagi Mama yang sedang hamil.

4. Mama lebih suka cara penanganan bidan

4. Mama lebih suka cara penanganan bidan
Freepik
Menjaga berat badan saat hamil

Seorang bidan cenderung menjadi kawan dalam proses perawatan selama masa kehamilan, daripada jadi pengatur apa saja yang harus Mama lakukan. Bidan lebih sering akan meminta Mama ambil bagian, terlibat dalam proses perawatan kehamilan.

Beberapa bidan bahkan meminta pasiennya untuk mengukur sendiri berat dan lingkar badan, untuk memastikan Mama tahu bagaimana cara merawat tubuh. Dengan mempercayai tubuh mama dan menanamkan keyakinan positif, bidan membantu mendukung Mama memahami hal-hal alami yang terjadi atau berubah selama proses kehamilan hingga kelahiran si Kecil.

5. Mama punya lebih banyak pilihan tempat melahirkan

5. Mama pu lebih banyak pilihan tempat melahirkan
Unsplash/Martha Dominguez de Gouveia

Banyak bidan yang bekerja di rumah sakit, tapi Mama juga bisa menemukan bidan-bidan yang bekerja di pusat persalinan terdekat, tempat praktik mereka sendiri, atau bahkan di rumah. Mama jadi punya lebih banyak pilihan tempat untuk proses persalinan yang tepat dengan kondisi mama saat sudah waktunya nanti.

Nah, itu tadi adalah beberapa alasan untuk memilih bidan untuk konsultasi kehamilan hingga persalinan nanti. Ada banyak kemudahan yang bisa Mama dapatkan, dan tidak lebih repot dari proses di rumah sakit. Namun perlu diingat, bahwa kondisi mama harus tidak berisiko jika memilih menyerahkan segalanya pada bidan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.