12 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Muda, Salah Satunya Ikan Kembung

Mengonsumi makanan sehat saat hamil muda dapat

4 Desember 2021

12 Makanan Sehat Ibu Hamil Muda, Salah Satu Ikan Kembung
Pexels/Andres Ayrton

Asupan makanan yang Mama makan saat hamil akan memengaruhi perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

Apa yang Mama makan tentunya itu yang ada dikonsumsi oleh si Bayi, untuk itu sudah menjadi kewajiban ibu hamil muda untuk bisa memilih makanan yang sehat. 

Memang tidak mudah ya, Ma untuk memilih makanan yang sehat dan tetap enak. Apalagi ketika hamil, Mama mudah merasa lapar dan tergiur makanan-makanan yang mungkin saja tidak sehat. 

Nah selama masa kehamilan Mama sekarang ini, pastikan apa yang Mama makan mengandung banyak gizi dan nutrisi, Ma. Supaya ketika lahiran nanti, si Bayi juga dalam kondisi yang sehat. 

Nah, untuk tahu makanan apa saja yang perlu Mama konsumsi selama hamil muda,  di bawah ini Popmama.com rangkum selengkapnya untuk Mama. 

Kira-kira apa saja ya, Ma? 

1. Telur

1. Telur
Pexels/Cup of Couple

Telur merupakan sumber protein yang sangat bagus, Ma. Telur mengandung lebih dari selusin vitamin dan mineral termasuk di dalamnya kolin.

Kolin yang yang terkandung di dalam kuning telur membantu otak dan sumsum tulang belakang bayi mama berkembang dengan baik dan membantu mencegah cacat lahir tertentu. 

Menurut penilitian dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), ibu hamil diharuskan mengonsumsi 1000 miligram kalsium setiap harinya. 

Produk susu juga dipercaya mengandung kalsium tinggi, protein, magnesium dan juga vitamin B. Selain telur, Mama juga bisa mengonsumsi produk olahan susu seperti yogurt dan keju.

2. Salmon dan ikan kembung

2. Salmon ikan kembung
Pexels/Valeria Boltneva and ArtHouse Studio

Salmon dan ikan kembung dikenal memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Kandungan omega-3 pada ikan kembung dapat membantu perkembangan otak dan juga mata bayi. 

Selain itu, kandungan tersebut juga membantu pertumbuhan otak normal dan perkembangan mata pada janin saat masih di dalam rahim. Jantung bayi akan sehat dan menjaga tekanan darah tetap normal. 

Salmon dan ikan kembung bisa menjadi pilihan makanan sehat mama karena rendah akan merkuri, bahkan salmon dianjurkan untuk dikonsumsi setiap minggu.

Kedua jenis ikan ini menyediakan protein serta vitamin D yang dibutuhkan bayi selama berada di kandungan.

3. Kacang-kacangan

3. Kacang-kacangan
Pexels/Marta Branco

Makanan sehat lainnya yang bisa Mama konsumsi adalah kacang-kacangan. Seperti kacang polong, kacang tanah.

Kacang-kacangan adalah sumber protein, zat besi, folat kalium dan juga magnesium yang baik. 

Kacang-kacangan merupakan jenis makanan yang baik untuk ibu hamil dan janin, ia membantu mencegah meringankan salah satu ketidaknyamanan yang sering terjadi pada ibu hamil muda, yaitu sembelit dan wasir.

4. Ubi jalar

4. Ubi jalar
Pexels/Ela Haney

Mungkin Mama senang mengonsumsi ubi jalar untuk kolak dan olahan lainnya. Ternyata ubi jalar juga baik lho, Ma jika dikonsumsi selama hamil muda.

Selama masa kehamilan, bayi mama membutuhkan vitamin A untuk kesehatan tulang, paru-paru, mata dan perkembangan kulit. 

Ubi jalar merupakan sumber vitamin C dan vitamin B6 yang baik untuk bayi.

Serat pada ubi jalar membuat Mama merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi lonjakan gula darah saat hamil dan meningkatkan kesehatan pencernaan. 

5. Sayur bayam dan sayuran hijau lainnya

5. Sayur bayam sayuran hijau lainnya
Pexels/Vo Thuy Tien

Makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa Mama konsumsi selanjutnya adalah bayam. Bayam yang enak jika dijadikan sayur bening ini ternyata kaya akan vitamin dan nutrisi, Ma.

Bayam memiliki konsentrasi vitamin K, vitamin A, asam folat, magnesium, zat besi yang tinggi serta mangan. 

Sayuran hijau baik dikonsumsi Mama selama hamil muda karena rendah lemak dan kalori.

Mengonsumsi sayuran membantu pencernaan karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. 

Editors' Picks

6. Daging merah dan daging ayam

6. Daging merah daging ayam
Pexels/Lukas

Makanan sehat lainnya ialah daging merah dan daging ayam. Daging merah diketahui kaya akan protein, vitamin B12 dan zat besi.

Sedangkan daging ayam memiliki kandungan protein, kolin, vitamin B12 dan vitamin B6. 

Pastikan juga Mama sudah mengolah daging merah dan daging ayam tersebut dengan baik dan matang ya, Ma sebelum dikonsumsi.

Biasanya, ibu hamil muda cenderung mengalami mual yang memang sudah umum terjadi, untuk itu mereka membutuhkan makanan yang dapat meredakan mual. 

7. Buah-buahan yang segar

7. Buah-buahan segar
Pexels/Trang Doan

Mengonsumsi buah-buahan juga diperlukan selama hamil, Ma. Buah-buahan menjadi makanan yang sehat untuk ibu hamil di trimester pertama. 

Biasanya saat mulai kehamilan, Mama akan mengalami kesulitan untuk mengonsumsi makanan berat dikarenakan rasa mual dan beberapa alasan lainnya, sehingga buah-buahan yang segar bisa menjadi pilihan untuk Mama. 

Buah-buahan diketahui mengandung vitamin B, asam folat dan serta makanan. Ada baiknya untuk dikonsumsi secara langsung, Ma daripada diolah menjadi jus atau smoothies

8. Biji chia

8. Biji chia
Pexels/Delphine Hourlay

Biji chia juga merupakan makanan sehat yang bisa dikonsumsi bagi ibu hamil muda. 2 sendok biji chia mengandung 138 kalori, sekitar 8,5 gram lemak, 4,5 gram protein, 11 gram karbohidrat dan 9 gram serat. Wah ternyata banyak sekali ya, Ma kandungan nutrisi pada biji chia ini. 

Selain itu, biji chia juga mengandung zat besi, sumber kalsium, dan vitamin A. Satu porsi biji chia saja mencukupi lebih dari 15 persen kebutuhan protein untuk ibu hamil. 

9. Buah-buahan kering

9. Buah-buahan kering
Pexels/Breakingpic

Buah-buahan kering bisa Mama konsumsi selama masa kehamilan. Biasanya buah-buahan kering cocok dijadikan camilan. Tentunya yang tidak mengandung tambahan gula.

Buah-buahan kering juga bisa dimakan untuk mendukung diet mama selama masa kehamilan. 

Salah satu buah-buahan kering yang bisa mama pilih ialah buah plum. Buah plum dipercaya bisa mengatasi sembelit pada ibu hamil. 

10. Konsumsi air putih

10. Konsumsi air putih
Pexels/Pixabay

Selama hamil, Mama harus tetap terhidrasi, karena selama itu volume darah meningkat sekitar 45 persen. Jika Mama mengalami dehidrasi, bayi mama juga akan mengalami hal yang sama. 

Gejala dehidrasi ringan termasuk sakit kepala, kecemasan, kelelahan, suasana hati yang buruk, dan penurunan daya ingat.

Meningkatkan asupan air dapat membantu meringankan sembelit dan mengurangi risiko infeksi saluran kemih yang umum terjadi selama kehamilan. 

11. Biji-bijian utuh

11. Biji-bijian utuh
Pexels/Mike

Biji-bijian utuh kaya akan serat dan nutrisi, termasuk vitamin B, zat besi, asam folat, magnesium, vitamin E antioksidan, dan mineral selenium.

Biji-bijian utuh juga mengandung fitonutrien, senyawa tanaman yang melindungi sel.

Jika Mama selama ini mengonsumsi roti tawar biasa, ada baiknya untuk mulai mencoba gandum utuh sebagai pengganti makanan sehat mama selama masa kehamilan. 

12. Alpukat 

12. Alpukat 
Pexels/Ready made

Alpukat mengandung banyak asam lemak tak jenuh tunggal. Alpukat juga tinggi serat, vitamin B (terutama folat), vitamin K, kalium, tembaga, vitamin E, dan vitamin.

Lemak sehat membantu membangun kulit, otak, dan jaringan si kecil, dan folat dapat membantu mencegah cacat tabung saraf, kelainan perkembangan otak dan tulang belakang seperti spina bifida. 

Kalium dapat membantu meredakan kram kaki yang merupakan efek samping kehamilan beberapa ibu hamil.

Faktanya, alpukat ternyata mengandung lebih banyak potasium daripada pisang lho, Ma.

Itulah 12 makanan sehat untuk ibu hamil muda. Semoga selama kehamilan ini, Mama bisa mengonsumsi makanan sehat di atas ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.