Tak Masuk Akal, Ini 9 Mimpi Aneh yang Sering Dialami Ibu Hamil

Apa mimpi teraneh yang pernah Mama alami selama hamil?

28 Oktober 2020

Tak Masuk Akal, Ini 9 Mimpi Aneh Sering Dialami Ibu Hamil
Unsplash/Frankie K

Meski hampir semua orang mengalami mimpi saat tertidur, namun bagi ibu hamil, mimpi cenderung disertai emosi, sebagai refleksi dari perubahan dramatis pada tubuh dan perasaan yang dirasakannya. Yang perlu Mama ingat, mimpi tak ada hubungannya dengan realitas, ya.

Mama tidak perlu terlalu memikirkan mimpi yang Mama alami semalam. Anggaplah mimpi tersebut sebagai bunga tidur semata. Banyaknya perubahan pada tubuh dan kecemasan yang dialami selama hamil membuat ibu hamil sering bermimpi, bahkan mimpi yang tidak masuk akal.

Berikut ini Popmamamerangkum sembilan mimpi aneh yang sering dialami ibu hamil menurut beberapa ahli.

1. Melahirkan binatang

1. Melahirkan binatang
Unsplash/Matheus Queiroz

Memelihara anak anjing atau kucing relatif lebih mudah dibanding mengasuh bayi. Mimpi melahirkan hewan peliharaan, menurut Hillary Grill rekan penulis Dreaming for Two, adalah mimpi "berlatih" mengasuh bayi. Mimpi ini mungkin didasari rasa takut bertanggung jawab mengurus makhluk tak berdaya.

Seiring bertambahnya usia janin, hewan di dalam mimpi juga menjadi lebih tua dan mengembangkan kualitas manusia. "Pada trimester pertama, ibu hamil mungkin bermimpi tentang kelinci, dan kalian berbicara bahasa kelinci. Tokoh binatang dalam mimpi digambarkan sangat ramah dan membuat kamu merasa aman," kata Veronica Tonay, Ph.D., penulis Every Dream Interpreted!


 

2. Melahirkan alien

2. Melahirkan alien
Unsplash/Brian McMahon

Meski sangat meresahkan, mimpi ini cukup normal. Dalam mimpi, wujud alien hanya berupa gambar sonogram yang terlihat seperti alien. Mimpi ini mirip artinya seperti mimpi melahirkan hewan.

"Ketakutan pada bayi biasa terjadi di kehamilan awal, jenis mimpi ini memungkinkan ibu hamil untuk mengatasi emosi," kata Jessica Lara-Carrasco, psikologi di Laboratorium Dream and Nightmare Universitas Montreal.

3. Melahirkan bayi dan memasukkannya kembali ke rahim

3. Melahirkan bayi memasukkan kembali ke rahim
Unsplash/Luma Pimentel

Mimpi ini sering terjadi setiap Mama merasa khawatir tentang kesehatan bayinya. Mimpi ini merupakan cerminan dari keinginan Mama melihat secara langsung kondisi bayi, apakah berkembang dengan sehat dan normal.

Berdasarkan penelitian Grill, mimpi ini umum terjadi pada perempuan yang pernah mengalami keguguran atau kehamilan berisiko tinggi.
 

Editors' Picks

4. Berenang, tenggelam, berdiri di atas laut

4. Berenang, tenggelam, berdiri atas laut
Unsplash/Tony Pham

Mimpi berenang bisa berarti Mama mencoba terhubung dengan bayi yang hidup di dalam air ketuban. Ini juga merupakan cara mama terhubung dengan alam karena merasa kehamilan sebagai bagian dari alam.

Tenggelam adalah citra umum yang berarti Mama merasa kewalahan, berbicara tentang rasa takut yang Mama rasakan selama hamil. Lautan dan ombaknya yang ‘pecah’ melambangkan kelahiran yang akan segera terjadi.


 

5. Pasangan selingkuh

5. Pasangan selingkuh
Freepik

Mimpi pasangan berselingkuh, tanda Mama merasa rentan dan tidak aman. Perubahan tubuh membuat beberapa perempuan memiliki citra negatif pada dirinya dan merasa tidak menarik lagi. Mereka bertanya-tanya, apakah suaminya masih menginginkannya, atau apakah mereka bisa mendapatkan tubuh lama mereka kembali.
 

6. Bertemu mantan kekasih

6. Bertemu mantan kekasih
Unsplash/Caleb Ekeroth

Mimpi yang mempertemukan Mama dan mantan pacar bukan berarti Mama diam-diam merindukannya dan ingin kembali kepadanya. Tapi ini pertanda Mama merasa senang sekaligus khawatir tentang peran baru dan tanggung jawab sebagai ibu setelah bayi lahir.
 

7. Lupa di mana meletakkan bayi

7. Lupa mana meletakkan bayi
Unsplash/Nynne Schroder

Banyak mama yang khawatir mimpi ini merupakan firasat buruk mengenai bayinya. Marjorie Greenfield, penulis The Working Woman's Pregnancy Book, mengatakan, "Saya memberi tahu para ibu bahwa mimpi adalah cara otakmu mengatasi ketakutan dan kecemasan. Mimpi hanyalah proyeksi dari apa yang sedang kau hadapi, bukan memprediksi masa depan."
 

8. Gigi rontok

8. Gigi rontok
Unsplash/Quang Tri Nguyen

Lara-Carrasco menjelaskan, gigi yang hancur adalah simbol kehilangan kontrol. Jika mimpi ini berulang, itu menunjukkan betapa Mama tertekan mengenai bagaimana kehamilan akan memengaruhi hidup mama.
 

9. Menjadi superstar terkenal

9. Menjadi superstar terkenal
Unsplash/Arie Wubben

Mimpi tentang ketenaran dan kepahlawanan sangat umum dalam kehamilan, ini sekaligus bukti bahwa Mama menginternalisasi pentingnya peran baru sebagai seorang mama. Bagaimana tidak, Mama akan menjadi salah satu orang paling berpengaruh dalam kehidupan anak. Ya, seorang superstar sejati!

Itulah sembilan mimpi aneh yang sering dialami ibu hamil. Sekali lagi, ini hanya mimpi, ya, Ma, dan ini normal terjadi di kalangan ibu hamil. Sebagai bahan diskusi, Mama bisa menceritakan mimpi kepada pasangan. Ini bisa jadi terapi dan juga hiburan bersama, plus membantu Mama dan suami menjadi lebih dekat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.