7 Cara Menjalani Hamil Trimester Pertama dengan Lebih Nyaman

Trimester pertama memang kadang penuh tantangan

26 Januari 2020

7 Cara Menjalani Hamil Trimester Pertama Lebih Nyaman
Freepik/senivpetro

Bagi sebagian orang, hamil trimester pertama berjalan lancar tanpa keluhan. Sedangkan bagi sebagian yang lain, penuh perjuangan karena banyak keluhan. 

Jika hamil trimester pertama Mama penuh perjuangan, berarti tidak sendiri. Banyak juga ibu hamil muda yang merasakan hal sama. Mulai dari mual di pagi hari, hingga lemas mengantuk sepanjang hari. 

Bukan berarti Mama tak bisa membuat perjalanan hamil jadi lebih lancar dan menyenangkan. Ada beberapa cara yang bisa membantu kehamilan trimester pertama terasa lebih nyaman, seperti dirangkum oleh Popmama.com.

1. Selalu bawa camilan

1. Selalu bawa camilan
parenting.com

Bagi ibu yang sedang hamil muda, rasa lapar bisa mengganggu. Bukan hanya mengganggu suasana hati, tapi juga bisa membuat mual. 

Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu menyiapkan camilan agar tidak merasa terlalu lapar saat hamil muda. 

Profesor ahli kandungan di Universitas Yale, AS, Mary Jane Minkin, M.D, mengatakan bahwa terlalu lapar atau terlalu kenyang bisa membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dan berujung mual. Jadi, nyemil sedikit namun rutin bisa mengurangi rasa tersebut. 

2. Jangan pernah menunda istirahat

2. Jangan pernah menunda istirahat
Freepik/Phduet

Hamil muda butuh banyak penyesuaian. Tak hanya tubuh, tapi juga suasana hati. Saat suasana hati sedang tidak terlalu menyenangkan, atau mual sedang tak tertahankan, segera istirahat, kapanpun itu. Mama harus bisa menyediakan waktu untuk istirahat, utamakan kenyamanan diri sendiri, terlebih saat hamil muda. 

Pada saat hamil muda, biasanya Mama sering sulit tidur sehingga membuat kelelahan di keesokan harinya. Maka dari itu, penting sekali untuk menyediakan waktu untuk istirahat. 

Waktu istirahat pun tak melulu lama. Tidur sebentar sekitar 30 menit atau duduk tenang selama 5 menit pun bisa meredakan mual atau membuat suasana hati lebih baik. 

3. Dengarkan tubuh sendiri

3. Dengarkan tubuh sendiri
pixabay/Tawny van Breda

Sesuatu hal yang cocok untuk seseorang belum tentu cocok dengan tubuh sendiri. Oleh karena itu, tak perlu menyamakan apa yang harus dan tidak harus dikonsumsi atau dilakukan.

Setiap orang memiliki kebutuhannya masing-masing. Jika ada teman Mama yang bisa reda mualnya saat minum dingin, mungkin tidak dengan Mama. 

Malah, minum air hangat bisa mengurangi rasa mual. Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu mendengarkan tubuh sendiri, apa yang kira-kira dibutuhkannya.

Editors' Picks

4. Lakukan kegiatan yang menenangkan

4. Lakukan kegiatan menenangkan
Freepik/pch.vector

Di kehamilan trimester pertama, kebanyakan ibu hamil memiliki perasaan takut akan keguguran. Terlebih saat ini sudah semakin banyak kasus keguguran yang dialami para ibu hamil.

Selain itu, masih banyak perasaan lain yang dirasakan para ibu yang sedang hamil muda. 

Perasaan ini tak bisa dielakkan, namun bukan berarti tak bisa diredakan. Mama bisa melakukan kegiatan yang bisa membuat suasana hati dan perasaan jadi lebih tenang. 

Setiap orang memiliki cara menenangkan diri yang berbeda. Ada yang bisa lebih tenang setelah berolahraga, ada juga yang mendengarkan lagu, bermeditasi, dan lainnya. 

Saat sedang merasa khawatir dan banyak pikiran, lakukan mana saja yang menurut Mama paling cocok. 

5. Rutin bergerak

5. Rutin bergerak
Freepik

Pada dasarnya, rasa mual bisa dikurangi dengan banyak bergerak. Beragam gerakan yang bisa Mama lakukan seperti yoga, jalan cepat, ajalan santai, berenang, atau berenang. 

Melakukan kegiatan ini bisa membuat Mama sejenak melupakan rasa mual dan fokus pada pergerakan yang sedang dilakukan. Banyak bergerak juga bisa melancarkan peredaran darah dalam tubuh. 

Dengan begitu, perasaan Mama otomatis jadi lebih baik. Tubuh pun makin ringan.  Yang harus diperhatikan adalah gerakannya tidak terlalu ekstrem dan sudah dikonsultasikan dengan dokter kandungan Mama. 

6. Jangan ragu bicarakan keadaan pada dokter

6. Jangan ragu bicarakan keadaan dokter
Freepik/vgstockstudio

Setiap kehamilan sangatlah unik. Ada yang berjalan lancar, ada yang banyak keluhan. 

Penting sekali membicarakan keadaan Mama pada dokter kandungan, terutama pada trimester pertama. Dengan begitu, dokter bisa memutuskan hendak memberikan suplemen apa yang tepat untuk Mama. 

Bicarakan keadaan dengan sedetil mungkin sehingga dokter bisa tahu bagaimana keadaan Mama. Jika takut ada pertanyaan terlewat, Mama bisa menuliskannya dalam catatan dan membaca saat kunjungan. 

7. Tidur dengan bantal lebih tinggi 

7. Tidur bantal lebih tinggi 
Freepik/bearfotos

Salah satu keluhan lain saat hamil trimester pertama adalah perasaan terbakar di ulu hati yang sering disebut heartburn. Rasa ini biasanya dibarengi juga dengan mulut yang terasa pahit. 

Mengonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan kalsium tinggi bisa jadi salah satu cara. Selain itu, Mama bisa tidur dengan bantal yang lebih tinggi. 

Pastikan kepala lebih tinggi dari dada. Dengan begitu, asam yang ada di lambung takkan menjalar ke atas dan tetap berada di perut. 

Selain itu, tidur dengan bantal lebih tinggi juga bisa mengurangi rasa tidak nyaman kala penyesuaian pada hamil muda. 

Perjalanan hamil memang penuh kejutan dan menyenangkan. Mempersiapkan segalanya dengan lebih maksimal bisa membuat perjalanan ini jadi lebih indah. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!