5 Obat Mual yang Aman untuk Ibu Hamil

Saat mual tak tertahankan, berikut obat yang aman dan tak perlu resep dokter

14 September 2019

5 Obat Mual Aman Ibu Hamil
pureroothealth.com

Mual dan muntah adalah hal yang cukup sering dialami para ibu hamil. Adapun mereka yang tidak mual dan muntah bisa dibilang para ibu hamil yang beruntung. 

Sedangkan bagi Mama yang mual dan muntah selama kehamilan, harus bersabar menghadapi hal ini. Gejala mual saat hamil sering disebut morning sickness. Biasanya, gejala ini tidak terlalu mengganggu. Asal sabar, masih bisa ditangani dengan cara alami. 

Sedangkan jika mual tak tertahankan bahkan sampai muntah, ini baru yang mengganggu. Gejala ini sering disebut sebagai hiperemesis gravidarum. 

Mama yang mengalaminya biasanya muntah setiap hari dan kesulitan memasukkan asupan makanan ke dalam tubuh. Oleh karena itu, para ibu hamil dengan keluhan ini membutuhkan obat untuk mengurangi gejala tersebut. Namun harus dipastikan bahwa obat tersebut aman untuk ibu hamil.

Disusun Popmama.com, berikut beberapa obat mual yang aman untuk para ibu hamil:

 1. Vitamin B6 dapat bantu atasi mual

 1. Vitamin B6 dapat bantu atasi mual
Freepik/Spukkato

American College of Obstetrician and Gynecologists (ACOG) mengatakan bahwa vitamin B6 adalah penolong pertama untuk morning sickness atau mual saat hamil.

Suplemen ini mampu membantu ibu hamil mengatasi mual dan muntah selama kehamilan. Beberapa merk yang bisa dipilih adalah Liconam-10, Pyridoxine HCL, dan Vitamin B6.

Untuk ibu hamil, dosis yang diperbolehkan adalah 75 mg. Serta, hanya boleh dikonsumsi sehari sekali.

Editors' Picks

2. Kombinasi vitamin B6 dan doxylamine dinilai cukup efektif bantu atasi morning sickness

2. Kombinasi vitamin B6 doxylamine dinilai cukup efektif bantu atasi morning sickness
momblogsociety.com

Selain merekomendasikan vitamin B6, ACOG juga menyarankan obat kombinasi antara vitamin B6 dan doxylamine sebagai penangkal morning sickness. 

Kombinasi dari kedua zat ini dinilaiaman dan cukup efektif untuk mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil. Yang harus diperhatikan adalah penggunaan obat ini harus dengan pengawasan dokter. 

Ada baiknya Mama mengonsultasikan hal ini ke dokter kandungan terlebih dahulu. Dari situ, baru akan terlihat Mama bisa mendapat dosis sesuai serta anjuran minum suplemen tersebut. 

3. Antihistamin bisa jadi pilihan atasi mual saat hamil muda

3. Antihistamin bisa jadi pilihan atasi mual saat hamil muda
Freepik/Eva058929

Antihistamin adalah obat yang sering digunakan untuk melawan alergi. Namun tak hanya itu saja, obat ini juga diakui manjur untuk mengurangi rasa mual dan muntah saat hamil. 

Salah satu merk yang mudah dicari adalah doxylamine. Ini adalah obat bebas yang bisa dibeli tanpa resep dokter. 

Adapun efek samping dari obat ini adalah mengantuk. Jadi ada baiknya Mama menyiapkan diri untuk istirahat setidaknya 30 menit setelah mengonsumsi obat ini. 

Sayangnya, obat ini tidak bisa terus-terusan digunakan karena akan memberikan efek samping negatif. Mama bisa menggunakan doxylamine maksimal selama kurang dari 2 minggu. 

Untuk dosisnya, maksimal 25 mg sekali minum dengan frekuensi s ekitar 6 jam sekali. Untuk lebih jelasnya, jangan lupa konsultasikan dengan dokter kandungan dahulu, ya. 

4. Obat asam lambung diangap ampuh mengobati mual

4. Obat asam lambung diangap ampuh mengobati mual
Freepik/Whatwolf

Bagi beberapa kasus, seringnya mual dan muntah saat hamil dikarenakan asam lambung yang naik. Oleh karena itu, mengonsumsi obat asam lambung adalah jawabannya. 

Yang harus dipastikan adalah, Mama sudah mendapat jawaban dari dokter bahwa mual dan muntah yang dialami memang berasal dari gangguan asam lambung. Dengan begitu, memilih obat asam lambung jadi jawaban yang tepat. 

Hindari menerka dan mencari jawaban sendiri karena bisa berbahaya untuk Mama dan janin yang sedang dikandung. 

Obat asam lambung yang bisa dibeli secara umum adalah antasida. Salah satu yang paling ampuh melawan mual dan muntah adalah jenis hydrotalcite

Jenis ini menggabungkan magensium dan aluminium. Zat tersebut mampu menetralkan asam lambung. Meski efeknya cukup lama bereaksi, namun ampuh. 

5. Prochlorperazin kurangi rasa mual

5. Prochlorperazin kurangi rasa mual
Freepik

Untuk ibu hamil yang tidak mempan dengan antihistamin untuk mengurangi mual, bisa coba obat yang satu ini. Biasanya dokter meresepkan obat ini saat mual tidak berkurang dan malah jadi bertambah.

Prochlorperazin bekerja untuk mengurangi mual berlebih. Obat ini juga mampu membuat ibu hamil merasa lebih tenang sehingga mual bisa berkurang atau hilang sekaligus. 

Merk obat yang bisa dibeli adalah Stemetil atau metochlopramide. Kedua jenis obat ini diklaim sangat aman untuk ibu hamil. Namun ada efek sampingnya yaitu rasa mengantuk.

Sehingga disarankan untuk tidak melakukan kegiatan berat setelah minum obat ini. Satu lagi, obat ini tidak bisa dibeli bebas, harus dengan resep dokter.

Dengan beberapa jenis pilihan obat dan suplemen di atas, semoga mual Mama bisa segera berkurang, ya!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk