5 Makanan Ini Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Wajib dikonsumsi selama hamil nih, Ma!

19 Mei 2020

5 Makanan Ini Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil
Pexels/mastercowley

Makanan dan minuman yang dikonsumsi selama masa kehamilan tentu harus diperhatikan dengan yang baik ya, Ma. Perlu diingat kalau nutrisi ibu hamil sangatlah penting dan menjadi prioritas nomor satu.

Apapun yang masuk ke dalam sistem pencernaan juga akan berpengaruh terhadap kesehatan serta perkembangan si Kecil.

Selama masa kehamilan, Mama pun perlu mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi saat ini Indonesia masih menjadi negara yang mengalami pandemi Covid-19. Ditambah lagi rencana Pemerintah untuk melonggarkan aturan PSBB.

Ditambah lagi ibu hamil merupakan kelompok yang rentan untuk terinfeksi virus. Namun, Mama tidak perlu panik menghadapi kondisi saat ini. Mama hanya perlu lebih ekstra dalam menjaga kesehatan, termasuk menjaga pola makan.

Jika Mama ingin mengetahui makanan yang dapat memperkuat daya tahan tubuh selama hamil, kali ini Popmama.com sudah merangkumnya. 

Baca artikel berikut ini ya, Ma!

1. Telur

1. Telur
Pexels/Julio Melanda

Mengonsumsi telur bisa menjadi sumber nutrisi tersendiri untuk ibu hamil. Saat mengonsumsi telur, ada banyak kandungan nutrisi yang bisa didapat, di antaranya vitamin dan mineral. 

Telur yang bisa diolah menjadi berbagai makanan ini termasuk sumber alami karena kaya akan zinc, zat besi, asam lemak omega-3, selenium, hingga protein. Beragam kandungan yang terdapat pada telur dapat meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik. 

Sebelum mengonsumsi telur, ada baiknya untuk benar-benar memastikan tingkat kematangannya terlebih dahulu. Jika sudah matang sempurna, maka Mama terbebas dari kontaminasi bakteri salmonella.

Editors' Picks

2. Sup ayam

2. Sup ayam
Pixabay/RitaE

Ada yang sering mengonsumsi sup ayam selama masa-masa kehamilan nggak nih, Ma? Kuah hangat dari sup ayam yang dikonsumsi dapat membantu ibu hamil merasa lebih rileks dan nyaman. 

Tak perlu diragukan lagi karena sup ayam termasuk salah satu sumber nutrisi terbaik bagi ibu hamil dalam menjaga kekebalan tubuhnya. Perlu diketahui kalau kuah sup ayam yang dikonsumsi saat masih dalam keadaan hangat, dapat membantu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. 

Selain itu, komposisi daging serta tulang ayam pada sup menjadi sumber mineral utama bagi tubuh seperti fosfor, sulfur, hingga magnesium. Kandungan mineral-mineral ini dapat berperan penting dalam memelihara fungsi tubuh selama masa kehamilan seperti menjaga tingkat sel, jaringan, organ, dan sistem organ. 

Mengonsumsi semangkuk sup ayam dapat meningkatkan sistem imun serta membuat tulang lebih kuat. Apalagi kandungan asam amino pada daging ayam bersifat antiinflamasi, sehingga menjaga kesehatan selama masa kehamilan. 

Dari semangkuk sup ayam, Mama akan memiliki kekebalan tubuh yang tinggi terhadap infeksi serta peradangan. 

3. Bawang putih

3. Bawang putih
Freepik

Selain dapat menurunkan risiko preeklampsia, bawang putih yang dikonsumsi selama masa kehamilan juga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung antivirus dan antibakteri alami. 

Seorang ahli nutrisi holistik dari Amerika Serikat bernama Andrea Moss pun mengatakan bahwa bawang putih termasuk salah satu makanan terbaik karena dapat meningkatkan kekebalan tubuh selama masa kehamilan. 

Saat dikonsumsi, bawang putih memiliki kandungan sulfurik alami bernama alicin yang berguna dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Tanpa disadari bawah putih bisa membantu menjaga kesehatan ibu hamil serta janin dalam kandungan, Ma. 

4. Daging merah 

4. Daging merah 
Pexels/mali maeder

Memiliki daya tahan tubuh serta tumbuh kembang janin dalam kandungan yang tetap terjaga, tentu menjadi impian semua ibu hamil. 

Untuk itu, kebutuhan tubuh akan zat besi harus dipenuhi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Daging merah dengan kualitas baik tentu memiliki nutrisi, termasuk zat besi yang diperlukan selama hamil.

Kekurangan zat besi dapat membuat ibu hamil rentan terinfeksi virus. Bahkan virus yang membahayakan kesehatan ibu hamil serta janin dalam kandungan akan mudah masuk, tanpa bisa dilawan dengan baik oleh sistem imun. 

Sebelum ini terjadi sebaiknya memang perlu memperbanyak konsumsi daging merah selama menjalani kehamilan ya, Ma. 

5. Yoghurt

5. Yoghurt
Freepik/nensuria

Rutin mengonsumi yoghurt selama masa kehamilan secara alami dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Seperti yang ketahui jika yoghurt menjadi salah satu sumber probiotik yang baik, sehingga mampu menjaga kesehatan serta sistem pencernaan lebih lancar. 

Ibu hamil perlu memiliki sistem pencernaan yang sehat, sehingga lebih optimal dalam menghalau segala virus yang dapat membahayakan kandungan. Sistem pencernaan yang sehat merupakan awal untuk sitem imun yang lebih kuat. 

Selain itu, yoghurt juga mengandung kalsium dan protein yang memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Kalsium di dalam yoghurt membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi sejak dalam kandungan. 

Rasa yoghurt yang segar juga membantu ibu hamil dalam mengurangi rasa mual dan muntah selama menjalani masa-masa kehamilan. 

Beberapa jenis makanan di atas tentu bisa menjadi pilihan selama menjalani masa-masa kehamilan. Pastikan Mama selalu mengonsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Yuk Ma, tetap perhatikan dan selalu memberikan asupan terbaik untuk si Kecil sejak dalam kandungan!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.