Selain Atasi Gangguan Tidur, Ini 5 Manfaat Sawi Putih untuk Ibu Hamil

Kira-kira apa saja ya, Ma?

19 Februari 2020

Selain Atasi Gangguan Tidur, Ini 5 Manfaat Sawi Putih Ibu Hamil
qualityfood.ae

Menjalani trimester pertama kehamilan tentu membutuhkan berbagai asupan bergizi, sehingga membantu kesehatan semakin lebih optimal.

Sayuran seperti sawi putih dengan berbagai olahan favorit pun bisa membantu memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh. 

Selama masa kehamilan asupan sawi putih boleh dikonsumsi oleh ibu hamil asalkan sudah dicuci dan dimasak dengan benar.

Namun, pada kondisi tertentu saat perut kembung dan nyeri pada bagian ulu hati sebaiknya sawi putih serta makanan penghasil gas lainnya perlu dihindari terlebih dahulu.

Perlu diketahui bahwa sawi putih dapat menurunkan tingkat stres ibu hamil saat mengalami gangguan tidur.

Kandungan senyawa alami pada sawi putih memiliki sifat sebagai obat penenang dan menjadi anti stres, sehingga membantu ibu hamil menjadi lebih nyenyak saat tidur. 

Untuk Mama yang ingin lebih mengetahui apa saja manfaat sawi bagi kesehatan ibu hamil, kali ini Popmama.com sudah merangkumnya. 

Semoga informasi kali ini bisa memberikan pengetahuan baru mengenai manfaat dari sawi putih untuk kesehatan selama hamil ya, Ma!

1. Menjaga kesehatan mata agar pandangan tidak mudah kabur

1. Menjaga kesehatan mata agar pandangan tidak mudah kabur
Pixabay/savagexy

Selama masa hamil terjadi perubahan cairan di sekitar mata dan hormon, sehingga mata ibu hamil bisa mudah terasa kering.

Jika sudah terasa kering, maka seperti ada yang mengganjal dan membuat mata lebih lelah saat sedang melakukan aktivitas. 

Selain itu, dokter spesialis obgyn di Colorado Center for Reproductive Medicine, New York City, dr Brian Levine mengatakan bahwa gangguan mata yang terjadi selama masa kehamilan karena kelengkungan lensa mata dapat berubah karena pengaruh hormon. 

Untuk mengatasi berbagai penyakit yang dapat merusak kesehatan mata selama hamil, sebaiknya Mama perlu mengonsumsi sawi putih karena mengandung vitamin A dan alfa-karoten. 

Jika sawi putih dikonsumsi secara rutin selama hamil agar kesehatan mata terus terjaga. 

Editors' Picks

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama masa kehamilan

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama masa kehamilan
Freepik/108motiongraphic

Ketika menjalani masa-masa kehamilan tak jarang kondisi kesehatan ibu hamil bisa menurun bila tidak dijaga dengan optimal seperti makan sembarangan atau gaya hidup yang tidak sehat. 

Selain itu, ibu hamil yang masih bekerja pun membutuhkan energi dan stamina lebih agar kesehatan tubuhnya tetap terjaga.

Apalagi saat sudah menjalani kehamilan, ibu hamil tidak bisa terlalu egois dengan tubuhnya sendiri karena ada bayi di dalam janinya. 

Untuk mengatasi tubuh tidak mudah sakit, sebaiknya asupan makanan bergizi rutin diberikan.

Mama bisa memilih untuk mengonsumsi sayuran seperti sawi putih karena memiliki kandungan anti inflamasi dan zat anti oksidan, sehingga mampu melindungi tubuh dari berbagai radikal bebas. 

3. Membantu menjaga kenaikan berat badan agar tidak berlebihan

3. Membantu menjaga kenaikan berat badan agar tidak berlebihan
Pixabay/lpegasu

Jika Mama sedang berniat menjaga kenaikan berat badan selama hamil, sawi putih bisa disarankan untuk dikonsumsi karena rendah kalori dan mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Kandungan serat di dalam sawi putih membantu seseorang menjadi lebih kenyang dalam waktu yang lebih lama. 

Kandungan gizi di dalam sawi putih dapat membantu ibu hamil dalam menjaga kenaikan beratnya agar lebih terjaga. 

4. Menjaga kesehatan kulit menjadi lebih sehat dan terawat

4. Menjaga kesehatan kulit menjadi lebih sehat terawat
mhunters.com

Selama hamil, banyak perempuan masih ingin kulitnya tetap terawat dengan baik. Apalagi kulit wajah yang bermasalah dapat menurunkan kepercayaan diri ibu hamil. 

Ada beragam faktor yang memicu terjadinya masalah kulit selama hamil, seperti penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh, perubahan kadar hormon, kenaikan berat badan hingga sirkulasi darah dalam tubuh.

Padahal kesehatan kulit perlu diperhatikan melalui berbagai asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. 

Saat sedang hamil dan menginginkan kulit tetap dalam kondisi yang sehat, Mama bisa mengonsumsi sawi putih sebagai salah satu makanan bernutrisi.

Sawi putih mengandung vitamin C dan vitamin E, sehingga membantu kulit lebih cerah dan kesehatannya terjaga. 

Perlu diketahui bahwa kandungan antioksidan polifenol pada sawi putih juga cukup ampuh dalam memerangi segala kerutan dan tanda-tanda penuaan dini. 

Jika sawi putih dikonsumsi dengan pengolahan yang tepat dan tetap menjaga kebersihannya, maka dapat membantu kulit menjadi semakin lebih sehat. 

Baca juga: Hati-Hati, Kebiasaan Mengonsumsi Ini Bisa Menyebabkan Penuaan Dini!

5. Menjaga sirkulasi darah lebih lancar agar terhindar dari anemia

5. Menjaga sirkulasi darah lebih lancar agar terhindar dari anemia
organiccatalogue.com

Anemia menjadi salah satu penyakit yang perlu diwaspadai selama masa kehamilan karena dapat memengaruhi kesehatan diri sendiri dan janin di dalam kandungan.

Jika anemia tidak ditangani dengan benar, maka dapat meningkatkan berbagai risiko komplikasi seperti persalinan prematur. 

Untuk meminimalisir mengalami anemia saat hamil, sebaiknya mengonsumsi sayuran seperti sawi putih.

Sayuran yang satu ini dapat membantu penghambat pembuluh darah dapat dinormalkan kembali secara efektif dalam waktu cukup cepat. 

Menjaga sirkulasi atau peredaran darah menjadi lebih lancar di dalam tubuh sangat penting dilakukan.

Apalagi untuk ibu hamil yang pernah mengalami masalah darah rendah, sehingga membutuhkan banyak sayuran seperti sawi putih agar terhindar dari anemia.  

Wah, benar-benar banyak sekali manfaat dari sawi putih yang diketahui banyak orang.

Semoga berbagai nutrisi yang ada di dalam kandungan sawi putih bisa membantu ibu hamil lebih lancar menjalani masa-masa kehamilan kali ini ya.

Tetap semangat ya, Ma! 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.