9 Rekomendasi Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Skincare yang aman untuk kulit ibu hamil yang sensitif

27 Juni 2020

9 Rekomendasi Skincare Aman Ibu Hamil
Freepik/Maksymiv-yura

Merupakan hal yang baik jika perempuan sering membaca dan memerhatikan bahan-bahan dalam skincare, tetapi tidak jarang Calon Mama untuk benar-benar memperhatikannya ketika hamil.

Ketika hamil, secara alami bagi perempuan untuk muncul jerawat dan kondisi kulit lainnya yang sering membuat kehamilan menjadi terganggu yang diakibatkan dari perubahan hormon dalam tubuh yang menyebabkan munculnya permasalahan di kulit perempuan.

Sebagai Calon Mama juga harus lebih berhati-hati tentang apa yang diaplikasikan pada kulit. Karena produk-produk yang memiliki bahan ampuh untuk menghilangkan jerawat seperti retinoid atau retinol, hidrokuinon, benzoil peroksida, dan asam salisilat tidak aman digunakan selama kehamilan.

Namun, jangan khawatir ya! Karena ada banyak skincare yang aman untuk diaplikasikan di kulit saat kehamilan. Popmama.com telah merangkumnya dalam 7 rekomendasi skincare yang aman untuk digunakan dalam masa kehamilan.

1. The Ordinary Azelaic Suspension 10%

1. The Ordinary Azelaic Suspension 10%
Samika.co.za

Biasanya, perempuan menggunakan retinoid, retinol, dan asam salisilat untuk menghilangkan jerawat maupun garis-garis halus dengan mengganti sel-sel kulit, sayangnya bahan tersebut tidak aman digunakan selama kehamilan.

Untuk mengganti bahan tersebut, beberapa ahli merekomendasikan penggunaan asam azelaic yang juga digunakan untuk mengobati jerawat kemerahan atau rosacea, yang bekerja dengan membunuh bakteri yang ditemukan pada pori-pori wajah. Azelaic dapat ditemukan di dalam krim dari The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10%

Asam azelaic membantu menghilangkan kemerahan, jerawat, serta mengurangi produksi pigmen sehingga membantu menghilangkan noda-noda hitam bekas jerawat. Selain itu asam azelaic dapat mencerahkan wajah dan membuatnya menjadi lebih halus.

2. Bio Oil Skincare Oil

2. Bio Oil Skincare Oil
Amazon.ca

Bio Oil merupakan minyak multifungsi yang mudah ditemukan di toko-toko kecantikan manapun. Bio Oil digunakan untuk menghidrasi wajah dan menghilangkan noda-noda hitam hiperpigmentasi akibat bekas jerawat.

Selain digunakan untuk wajah, Bio Oil juga dapat membantu mencegah atau menghilangkan stretch mark dan membantu menghilangkan bekas luka di tubuh.

3. Drunk Elephant C-Firma Vitamin C Day Serum

3. Drunk Elephant C-Firma Vitamin C Day Serum
Jcpenney.com

Selama kehamilan, banyak perempuan yang terganggu akibat memburuknya hiperpigmentasi pada wajah mereka. Meskipun tergoda untuk menggunakan skincare dengan bahan seperti hidrokuinon untuk menghilangkan pigmentasi, sangat disarankan untuk tidak menggunakannya.

Sebaiknya, cari serum yang dapat membuat kulit menjadi cerah seperti Drunk Elephant C-Firma Vitamin C Day Serum yang memiliki kandungan Vitamin C dan ekstrak buah yang dapat membantu untuk memudarkan noda-noda hitam pada wajah dengan lembut.

Editors' Picks

4. Neutrogena Hydro Boost Gel-Cream

4. Neutrogena Hydro Boost Gel-Cream
Neutrogena.com

Jika Mama sedang mencari pelembap untuk wajah, lebih baik menggunakan produk yang mengandung asam hialuronat yang dapat menghidrasi dan mampu membantu untuk memproduksi sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Asam hialuronat adalah zat alami yang ditemukan dalam tubuh.

Krim gel dari Neutrogena adalah pelembap yang terjangkau serta dapat melembapkan dan menyamarkan garis-garis halus pada wajah.

Namun, sebelum menggunakan pelembap, perhatikan kandungan asam lain seperti asam alfa hidroksi atau AHA dan asam beta hidroksi atau BHA. Pemakaian skincare dengan kandungan ini harus dihindari atau digunakan sesuai takaran yang disetujui oleh dokter kandungan.

5. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

5. Cetaphil Gentle Skin Cleanser
Target.com

Jarang menjadi perhatian, ternyata memilih sabun cuci muka juga penting selama masa kehamilan. Kamu dapat mencoba produk dari Cetaphil Gentle Skin Cleanser dua kali sehari.

Cetaphil merupakan sabun yang ringan, tidak mengandung parfum, dan uniknya tidak mengandung sabun yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

Menggunakan sabun yang kandungannya keras, cenderung dapat mengiritasi kulit dan penggunaan yang berlebihan lebih rentan menghasilkan jerawat selama kehamilan.

6. Mario Badescu Drying Cream

6. Mario Badescu Drying Cream
Mariobadescu.com

Zat-zat yang ampuh untuk menghilangkan jerawat adalah asam salisilat dan benzoil peroksida, yang justru dapat berbahaya jika dipakai secara terus menerus selama masa kehamilan.

Salah satu produk perawatan alternatif paling efektif yang aman digunakan selama kehamilan adalah Mario Badescu Drying Cream.

Sebagai perawatan yang digunakan pada malam hari, kandungan sulfur koloid pada produk ini dapat menghilangkan jerawat dan mengeringkannya dengan cepat.

Namun, meski tergolong aman untuk ibu hamil, sayangnya Mario Badescu Drying Cream ini memiliki bau yang menyengat sehingga kurang nyaman digunakan jika hidung sensitif selama kehamilan.

7. Elta MD UV Clear SPF 46

7. Elta MD UV Clear SPF 46
Wallmart.com

Menggunakan sunscreen secara rutin dapat membantu untuk mengurangi hiperpigmentasi yang disebabkan dari sinar UV. Menggunakan sunscreen yang mengandung zinc oxide dengan titanium dioksida adalah cara terbaik untuk menghindari hiperpigmentasi yang dipicu kehamilan.

Sunscreen yang berbahan dasar mineral juga lebih mudah pada kulit ibu hamil yang cenderung lebih sensitif. Formula ringan dan bebas minyak dari Elta MD UV Clear SPF 46 dapat menyerap dengan cepat dan tidak meninggalkan residu pada pori-pori wajah.

Serta, mengandung niacinamide yang aman untuk kehamilan, yang sebenarnya dapat digunakan untuk mengurangi perubahan warna di wajah dan kemerahan.

8. Sensatia Botanicals Rejuvenating Pomegranate Cleansing Oil

8. Sensatia Botanicals Rejuvenating Pomegranate Cleansing Oil
Instagram.com/sensatiabotanicals

Sensatia Botanicals adalah produk yang berasal dari Bali. Saat ini semakin banyak produk skincare lokal yang kualitasnya bisa bersaing dengan produk skincare produksi luar negeri. Salah satu yang aman digunakan untuk ibu hamil adalah Sensatia Botanicals Rejuvenating Pomegranate Cleansing Oil.

Sesuai namanya, produk pembersih yang satu ini mengandung delima yang kaya vitamin E. Sudah sejak lama vitamin E terbukti mampu menjaga kesehatan kulit.

Produk skincare ini mengandung bahan-bahan alami, produk tidak di test pada binatang, tidak mengandung paraben dan phthalate, dan telah memiliki sertifikasi halal dari MUI.

Sebelum membeli produk Sensatia Botanicals, Mama sebaiknya memastikan ada logo pregnancy safe di kemasannya.

9. Skin Dewi

9. Skin Dewi
Instagram.com/skindewi

Satu lagi skincare lokal yang aman untuk ibu hamil. Skin Dewi terbuat dari bahan natural dan organik. Skincare yang satu ini identik dengan penggunaan rempah-rempah khas Indonesia sebagai bahan utamanya.

Skin Dewi memiliki rangkaian skincare untuk perawatan wajah hingga perawatan tubuh. Semuanya terbuat dari bahan alami yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Nah, itulah 9 produk skincare yang aman untuk ibu hamil. Mama bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit mama. 

Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.