7 Manfaat Makan Semangka untuk Ibu Hamil

Biar nggak penasaran, yuk cek artikel ini, Ma!

24 Agustus 2019

7 Manfaat Makan Semangka Ibu Hamil
Unsplash/rawpixel

Menjadi Mama adalah impian hampir setiap perempuan di dunia. Namun, dalam keadaan hamil apalagi anak pertama, akan membuat Mama menghadapi beberapa kesulitan dan kebingungan.

Salah satunya adalah kebingungan untuk mengonsumsi buah seperti buah semangka misalnya. Semangka, buah yang memiliki nama ilmiah Citrullus lanatus ini merupakan tanaman yang berasal dari Afrika.

Bertolak belakang dengan pernyataan “semangka tidak aman dikonsumsi oleh Mama yang sedang hamil”, para pakar justru memasukkan nama buah yang memiliki daging berwarna merah dan kuning ini ke dalam daftar buah yang aman dikonsumsi karena kaya akan manfaat.

Nah, untuk meyakinkan Mama, berikut Popmama.com kumpulkan informasi mengenai beberapa manfaat semangka yang akan Mama dapatkan. 

1. Mengurangi morning sickness

1. Mengurangi morning sickness
Unsplash/Fernando Brasil

Efek morning sickness dapat dikurangi dengan mengonsumsi semangka secara teratur lho, Ma. Semangka akan menyegarkan, menyejukkan dan membuat hari Mama menjadi ringan.

Maka dari itu, Mama bisa awali hari dengan meminum segelas jus semangka segar atau memakan beberapa potong semangka segar.

Itulah cara terbaik untuk memulai hari yang akan mencegah Mama mengalami morning sickness.

2. Meredakan heartburn saat hamil muda

2. Meredakan heartburn saat hamil muda
Unsplash/Joanna Kosinska

Selama hamil, Mama akan merasakan berbagai masalah pencernaan terkait keasaman, masalah lainnya, dan juga heartburn.

Heartburn sendirimerupakan suatu kondisi di mana beberapa isi perut dipaksa kembali ke kerongkongan yang kemudian akan menciptakan rasa sakit yang membakar di dada bagian bawah.

Nah, hal pertama yang Mama perlu ketahui adalah buah semangka memiliki sifat pendingin yang akan membantu meredakan atau meringankan heartburn sesegera mungkin.

3. Mengurangi pembengkakan atau edema

3. Mengurangi pembengkakan atau edema
Flickr.com/Rolando Melendez
Kaki Kim Kardashian saat hamil.

Edema atau pembengkakan pada kaki dan tangan merupakan sesuatu yang sangat umum terjadi selama kehamilan.

Salah satu cara untuk mengurangi pembengkakan tersebut adalah dengan mengonsumsi semangka.

Dengan kandungan airnya yang tinggi yaitu sekitar 92%, penyumbatan yang terjadi di pembuluh darah dan otot yang menyebabkan edema akan berkurang.

Editors' Picks

4. Mengurangi kram otot

4. Mengurangi kram otot
womenshealtmag.com

Dalam halaman stylecraze.com disebutkan bahwa tubuh Mama akan mengalami beragam perubahan selama kehamilan berlansung.

Perubahan tersebut mulai dari berat badan hingga hormon yang akan menyebabkan otot dan tulang Mama terasa sakit.

Kram otot juga merupakan masalah lain yang mengganggu Mama. Nah, untuk Mama ketahui, kandungan l-Citrulline dalam buah semangka dapat mengurangi nyeri otot dengan membantu otot untuk mendapatkan oksigen lebih cepat.

Jadi, dengan mengonsumsi semangka dalam bentuk apa pun dapat membantu tubuh Mama dalam mengatasi segala perubahan dan meredakan kram otot dengan baik.

5. Mendukung perkembangan janin

5. Mendukung perkembangan janin
Unsplash/Suhyeon Choi

Semangka adalah buah yang sangat bergizi, Ma. Buah Ini mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin B6, dan mineral seperti kalium dan magnesium.

Seluruh kandungan ini akan sangat bermanfaat dalam perkembangan sistem mata, otak, saraf dan sistem skeletal bayi mama yang belum lahir.

Kandungan kalium dan kalsium juga akan membantu pembentukan tulang janin Mama.

6. Menyembuhkan infeksi saluran kemih

6. Menyembuhkan infeksi saluran kemih
Unsplash/Camila Cordeiro

Pada tahap awal kehamilan, banyak Mama yang mengeluhkan infeksi saluran kemih. Ini merupakan masalah yang umum terjadi tapi hal ini akan mengganggu, terlebih Mama tidak boleh asal mengonsumsi obat selama kehamilan.

Namun, jangan khawatir, Ma! Semangka teruji mampu menyembuhkan infeksi saluran kemih. Buah berair ini sangat sempurna karena kandungan airnya yang tinggi dan sifat antibakterinya.

Jadi, dengan mengonsumsi buah ini, maka saluran kemih Mama akan terbebas dari bakteri stagnan, sehingga Mama juga terbebas dari buang air kecil yang terus-menerus dan menyakitkan.

7. Jadi makanan sehat untuk Mama

7. Jadi makanan sehat Mama
Unsplash/Caju Gomes

Mama mungkin terbiasa mengonsumsi buah semangka dengan memuntahkan bijinya. Akan tetapi, dilansir dari halaman beingtheparent.com, nilai gizi dari biji semangka dapat membuat Mama menyesal, lho.

Biji semangka itu memiliki kalori yang rendah dan padat nutrisi. Saat dipanggang, biji-biji semangka ini akan menjadi renyah dan bisa menjadi pilihan kudapan sehat selama kehamilan, Mama.

Selain itu, biji semangka kaya akan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh janin yang sedang tumbuh.

Biji semangka juga mengandung nutrisi seperti vitamin B, potassium, zat besi, magnesium, folat, dan seng. Mereka juga merupakan sumber lemak sehat dan protein yang baik yang bermanfaat untuk perkembangan janin Mama yang sehat.

Nah, itulah beberapa manfaat yang akan Mama dapatkan dengan mengonsumsi buah semangka selama kehamilan.

Jadi, buang jauh-jauh mindset bahwa semangka itu berbahaya bagi Mama yang sedang hamil, ya!

Jangan ragu! Dikonsumsi dalam bentuk apa pun, manfaat semangka tidak akan berkurang.

Jadi, jika Mama tahu resep-resep unik untuk mengonsumsi semangka, silakan share di kolom komentar ya, Ma!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;