6 Manfaat Jeruk untuk Ibu Hamil Muda

Selain rasanya yang segar, buah jeruk juga memiliki berbagai manfaat untuk ibu hamil muda

28 Mei 2022

6 Manfaat Jeruk Ibu Hamil Muda
Freepik/azerbaijan_stockers

Selama masa kehamilan, apa yang dikonsusmi oleh mama sangat berpengaruh terhadap kondisi janin di dalam perut. Oleh karena itu, sebaiknya Mama mengonsumsi asupan makanan yang bergizi untuk memberikan nutrisi terbaik yang dibutuhkan oleh si Kecil. 

Adapun asupan yang tak boleh terlewatkan oleh ibu hamil adalah buah-buahan. Salah satu jenis buah yang memiliki segudang manfaat untuk ibu hamil adalah jeruk.

Buah jeruk sudah sangat terkenal kaya akan vitamin C. Selain itu, jeruk memiliki sensasi yang segar dan nikmat untuk dikonsumsi sebagai jus maupun dikonsumsi secara utuh. 

Nah, kali ini Popmama.com akan membahas mengenai manfaat buah untuk ibu hamil muda. Penasaran apa saja manfaat buah ini? Langsung saja simak informasi berikut yuk, Ma!

1. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

1. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Freepik/Jcomp

Ibu hamil membutuhkan sistem kekebalan tubuh yang kuat karena rentan terhadap penyakit, seperti alergi yang bisa memengaruhi kondisi janin. Oleh karena itu, penting untuk Mama tetap menjaga sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi buah yang sehat, termasuk jeruk.

Jeruk sudah sangat dikenal kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, jeruk dapat melepaskan zat besi dan seng yang penting untuk menjaga imun. 

Oleh karena itu, baik untuk Mama mengonsumsi buah jeruk. Buah ini juga bisa membantu menurunkan risiko alergi saat hamil serta mendukung perkembangan tulang rawan, jaringan, pembuluh darah, dan tulang bayi.

2. Dapat membantu perkembangan otak bayi

2. Dapat membantu perkembangan otak bayi
Freepik/pch.vector

Selain kaya akan vitamin C, jeruk merupakan sumber vitamin B6 dan asam folat yang baik bagi ibu hamil. Mengonsumsi jeruk saat hamil juga dapat membantu perkembangan otak bayi.

Tak hanya itu, mengonsumsi jeruk juga dapat mencegah cacat tabung saraf, yang diketahui dapat menyebabkan kelainan otak dan sumsum tulang belakang pada bayi. 

Kandungan folat dalam buah jeruk juga dapat membantu pembentukan sel darah, pertumbuhan jaringan baru dan perkembangan plasenta yang sehat.

Editors' Picks

3. Membantu mencegah sembelit

3. Membantu mencegah sembelit
Pexels/Andrea Piacquadio

Jeruk dapat mencegah sembelit selama masa kehamilan. Jeruk kaya akan serat yang dapat membantu mengatur pergerakan usus dan menyembuhkan sembelit. Kandungan serat di dalam buah jeruk juga dapat meredakan masalah perut dan kembung.

Serat dalam jeruk tidak hanya membantu menjaga kesehatan pencernaan, tetapi juga mengatur tekanan darah, kolesterol, gula darah, dan mencegah aterosklerosis (terdapat tumpukan kolesterol dan zat lain di dalam dinding pembuluh darah arteri).

4. Mengontrol tingkat tekanan darah

4. Mengontrol tingkat tekanan darah
Freepik/Pressfoto

Salah satu masalah kesehatan yang dapat membahayakan ibu hamil dan janin adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi gestasional. Oleh karena itu, sebaiknya Mama mencegah hipertensi dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Salah satu cara mencegah hipertensi gestasional adalah dengan mengonsumsi buah dengan kandungan potasium adalah jeruk, yang mengandung potasium yang cukup tinggi yang dapat membantu mengatur tingkat tekanan darah pada ibu hamil.

5. Menjaga ibu hamil tetap terhidrasi

5. Menjaga ibu hamil tetap terhidrasi
Freepik/jcomp

Dilansir dari American Pregnancy Association, ibu yang sedang mengandung membutuhkan cairan lebih banyak dibanding dengan orang biasa. Kekurangan cairan dapat menyebabkan Mama dehidrasi dan akan berpengaruh pada perkembangan bayi, termasuk untuk pembentukan plasenta.

Agar terhindar dari dehidrasi, Mama perlu mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih yang cukup. Selain itu, Mama juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan cairan, seperti jeruk.

Selain dapat berkontribusi pada asupan cairan harian, jeruk juga bisa memberikan natrium dan kalium untuk menjaga keseimbangan kadar cairan dalam tubuh. Buah jeruk juga mengandung 88 persen air yang dapat membantu keseimbangan air dan menjaga ibu hamil tetap terhidrasi.

6. Menjaga kesehatan kulit

6. Menjaga kesehatan kulit
Freepik/master1305

Ibu hamil bisa mengalami perubahan kulit menjadi kusam karena hiperpigmentasi. Untuk mengatasinya, Mama bisa menjaga kesehatan kulit dari luar dan dalam. 

Mama bisa menggunakan skincare untuk perawatan kulit dari luar dan mengonsumsi buah-buahan, seperti jeruk untuk menjaga kulit dari dalam. 

Jeruk adalah antioksidan yang dapat memberikan efek menenangkan pada kulit dan memberikan kelembaban yang cukup untuk mencegah jerawat.

Vitamin C pada jeruk juga dapat membantu mencegah kerusakan kulit dan membantu tubuh menghasilkan kolagen yang membuat kulit tetap kencang.

Nah, itulah 6 manfaat buah untuk ibu hamil muda. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya Mama mengonsumsi buah utuh atau minum jus jeruk yang diolah sendiri di rumah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk