Ini 6 Hal yang Harus Dibawa Saat ke Dokter Kandungan, Jangan Lupa!

Dicatat agar tidak ada yang tertinggal ya, Ma

7 September 2021

Ini 6 Hal Harus Dibawa Saat ke Dokter Kandungan, Jangan Lupa
Pixabay/Bokskapet

Setiap ibu pasti menginginkan proses kehamilan maupun persalinannya berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, segala sesuatu harus benar-benar dipersiapkan dengan matang. Salah satunya adalah mempersiapkan hal-hal yang diperlukan saat datang ke dokter kandungan. 

Terkadang Mama mungkin bingung apa saja yang perlu dibawa saat ke dokter kandungan. Kali ini, dr. Purnawan Senoaji, SpOG, seorang Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan, telah membagikan enam hal yang harus dibawa saat ke dokter kandungan melalui akun Instagramnya @purnawansenoaji_dr. 

Jika Mama penasaran apa saja hal yang harus dibawa saat ke dokter kandungan, Popmama.com sudah merangkumnya nih. Yuk disimak agar tidak lupa, Ma!

1. Daftar pertanyaan untuk ditanyakan ke dokter

1. Daftar pertanyaan ditanyakan ke dokter
Unsplash/Kate Hliznitsova

Sering kali terlintas dalam pikiran ibu hamil pertanyaan-pertanyaan seputar kehamilan. Bolehkah ibu hamil mengonsumsi kopi? Vitamin apa yang penting bagi ibu hamil? Apa tips agar proses persalinan berjalan lancar? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang muncul di dalam pikiran.

Nah, saat datang ke dokter kandungan merupakan kesempatan penting untuk Mama berkonsultasi dan bertanya seputar kehamilan. Bertanya merupakan hak pasien, sehingga tidak ada salahnya jika bertanya selengkap-lengkapnya kepada dokter.

Agar tidak lupa, selalu catat pertanyaan yang ingin diajukan ke dokter kandungan. Dengan begitu, tidak ada pertanyaan yang terlewatkan karena lupa.

2. Buku kontrol kehamilan

2. Buku kontrol kehamilan
Pexels/Mart Production

Buku kontrol kehamilan merupakan hal yang wajib dibawa saat datang ke dokter kandungan karena berisi seluruh catatan kehamilan. Setiap berkunjung ke dokter kandungan, bidan/dokter akan mencatat perkembangan kehamilan pada buku tersebut. Jadi, walaupun tidak datang di tempat dokter kandungan yang sama, Mama tetap harus membawa buku kontrol kehamilan agar tidak ada catatan yang terlewat. 

Editors' Picks

3. Hasil USG dan hasil lab sebelumnya

3. Hasil USG hasil lab sebelumnya
Freepik/prostooleh

Selain buku kontrol kandungan, hasil USG atau hasil lab juga wajib dibawa saat datang ke dokter kandungan. Dokter perlu hasil USG atau lab untuk memeriksa dan evaluasi perkembangan janin. Hasil USG dan hasil lab juga dapat membantu menunjukan masalah dan perkembangan janin selama di dalam kandungan jika Mama datang ke dokter kandungan yang berbeda. 

4. Obat-obatan dan vitamin yang sedang dikonsumsi

4. Obat-obatan vitamin sedang dikonsumsi
Pixabay/Pexels

Jika Mama memiliki riwayat penyakit dan sedang mengonsumsi obat tertentu, sebaiknya bawa obat tersebut saat Mama datang ke dokter kandungan. Hal ini agar dokter tahu apakah obat tersebut aman dikonsumsi di masa kehamilan. Selain itu, bawa juga vitamin yang sedang dikonsumsi agar dapat diresepkan ulang sesuai dengan anjuran dokter.

5. Surat rujukan (jika ada)

5. Surat rujukan (jika ada)
Pexels/Mart Production

Surat rujukan penting dibawa saat ke dokter kandungan agar dokter dapat mengetahui gambaran masalah yang dialami pasien. Dengan surat rujukan, dokter akan lebih mudah mengetahui urgensi dan titik berat pemeriksaan.

Surat rujukan biasanya didapat ketika ibu hamil konsultasi masalah kehamilan ke fasilitas kesehatan masyarakat dan membutuhkan pemeriksaan lanjut ke rumah sakit atau dokter spesialis. Dengan surat rujukan, proses pemeriksaan pun akan lebih mudah dan cepat.

6. Suami atau pendamping

6. Suami atau pendamping
Pixabay/estebantroncosofoto0

Nah, yang terakhir ini juga tidak kalah pentingnya dengan barang-barang sebelumnya nih, Ma. Ibu hamil memerlukan suami atau pendamping saat datang ke dokter kandungan untuk mendukung dan membantu menelaah informasi yang didapat dari dokter kandungan. 

Suami juga penting untuk menyampaikan kondisi masalah yang sensitif. Jadi, jika Mama lupa menyampaikan, ada suami yang siap mengingatkan.

Itulah enam hal penting yang perlu dibawa saat ke dokter kandungan. Manfaatkan momen saat di dokter kandungan untuk berkonsultasi dan bertanya hingga tuntas. Jangan lupa dicatat agar tidak lupa ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.