Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Prohelic untuk Ibu Hamil: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Prohelic merupakan suplemen yang mengandung minyak ikan dan asam folat untuk ibu hamil

4 Desember 2022

Prohelic Ibu Hamil Manfaat, Dosis, Efek Samping
Promed.co.id

Mengonsumsi makanan sehat memang merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi untuk ibu hamil. Namun, terkadang makanan sehat saja tidak bisa mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Itulah sebabnya mengapa ibu hamil dianjurkan untuk mendapat asupan tambahan dari suplemen prenatal. Suplemen prenatal umumnya dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, termasuk vitamin dan mineral.

Salah satu suplemen ibu hamil yang dapat Mama jumpai di apotek adalah Prohelic. Suplemen ini mengandung berbagai vitamin, mineral dan asam lemak yang baik untuk kesehatan ibu hamil.

Untuk lebih jelasnya mengenai suplemen ini, berikut Popmama.com rangkum manfaat, dosis, dan efek samping Prohelic untuk ibu hamil. Yuk, kita simak!

1. Apa itu Prohelic untuk ibu hamil?

1. Apa itu Prohelic ibu hamil
Shopee.co.id

Prohelic merupakan suplemen dalam bentuk kapsul yang diproduksi oleh Promedrahardjo Farmasi Industri. Suplemen ini dapat dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan nutrisi mama dan bayi di dalam kandungan.

Tak hanya untuk ibu hamil, suplemen ini juga dapat dikonsumsi untuk ibu menyusui. Pasalnya, Prohelic mengandung vitamin dan mineral dengan asam lemak esensial yang dibutuhkan, baik oleh ibu hamil maupun ibu menyusui. 

Editors' Picks

2. Manfaat Prohelic untuk ibu hamil

2. Manfaat Prohelic ibu hamil
Freepik/Yanalya

Tiap kapsul Prohelic mengandung beberapa vitamin dan mineral yang memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil.

Berikut adalah beberapa vitamin dan mineral yang terkandung dalam Prohelic:

  • 200 mg minyak ikan  

  • 30 mg ferrous fumarate   

  • 0,8 mg asam folat

  • 6 mg vitamin B1                                              

  • 5 mg vitamin B6                                       

  • 30 mg niacinamide                  

  • 0,025 mg vitamin B12 

Sesuai dengan keterangan di atas, Prohelic mengandung minyak ikan yang dikenal manfaatnya untuk mengurangi risiko kelahiran prematur, serta mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan awal janin. 

Prohelic juga mengandung asam folat yang sangat penting untuk mengurangi risiko preeklampsia dan mencegah cacat tabung saraf.

Sementara ferrous fumarate dalam Prohelic merupakan senyawa yang mirip dengan zat besi. Ferrous Fumarate berperan untuk menjaga sel darah dalam tubuh untuk mencegah anemia. 

Selain itu, masih banyak lagi manfaat Prohelic untuk ibu hamil, seperti menjaga fungsi plasenta, menjaga kadar gula darah, dan lain-lain.

3. Dosis dan aturan konsumsi Prohelic

3. Dosis aturan konsumsi Prohelic
Shopee.co.id

Prohelic merupakan jenis suplemen yang termasuk dalam kategori obat bebas, sehingga penggunaannya bisa tanpa resep dokter. Meski demikian, Prohelic harus dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan. 

Dosis Prohelic adalah diminum sebanyak 1 kapsul sehari. Setelah diminum, simpan suplemen pada suhu di bawah 30ºC, di tempat yang kering dan sejuk.

4. Efek samping Prohelic

4. Efek samping Prohelic
Freepik/User14699452

Pada umumnya, Prohelic dapat diterima dengan baik oleh tubuh ibu hamil selama dikonsumsi sesuai dengan dosis yang telah ditentukan. Dengan kata lain, suplemen ini jarang menimbulkan efek samping setelah dikonsumsi. 

Namun, karena mengandung Ferrous Fumarate, suplemen ini mungkin akan mengubah warna feses menjadi lebih gelap. 

Selain itu, suplemen ini tidak dianjurkan untuk pasien yang mendapat transfusi darah berulang atau pasien dengan anemia yang tidak disebabkan karena defisiensi zat besi. 

5. Harga Prohelic untuk ibu hamil

5. Harga Prohelic ibu hamil
Shopee.co.id

Jika Mama sedang mengandung dan tertarik untuk mengonsumsi Prohelic, Mama bisa membelinya di apotek terdekat maupun di e-commerce. 

Harganya juga cukup bervariasi, yakni mulai dari Rp 55.000 satu strip yang terdiri dari 10 kapsul.

Nah, itu tadi penjelasan tentang manfaat, dosis, dan efek samping Prohelic untuk ibu hamil. Semoga informasi ini membantu, ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk