hanco

Nutrisi pada 7 Buah Ini Bermanfaat Membantu Proses Kehamilan

Selain enak dan segar, buah-buah di sini bermanfaat untuk proses kehamilan, Ma!

12 November 2019

Nutrisi 7 Buah Ini Bermanfaat Membantu Proses Kehamilan
Pixabay/fotoshoptofs

Melihat beberapa jenis buah yang nyatanya sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh Mama yang sedang hamil, Mama tentulah bertanya-tanya mengenai buah-buahan yang aman untuk kesehatan Mama dan si Kecil.

Dilansir dari laman healthline yang telah di-review secara medis oleh pakar Nicole Glaan, RN, berikut adalah beberapa rekomendasi buah-buah yang dapat dikonsumsi oleh Mama saat sedang menjalani masa kehamilan. Yuk, santap selagi segar, Ma!

1. Alpukat

1. Alpukat
Pixabay/tookapic

Sebagaimana yang kita ketahui, buah Alpukat merupakan satu dari beberapa buah yang mengandung lemak. Tentu, lemak yang dimiliki terkategorikan sebagai lemak baik sehingga memberi pengaruh positif pada tubuh termasuk jantung.

Namun, bukan hal itulah yang menjadi alasan utama kenapa Alpukat sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil. Tahukah Mama? Alpukat mengandung beberapa zat dan nutrisi yang bisa mengatasi masalah kehamilan.

Sebagai contoh, Alpukat mengandung kalium yang membantu meredakan kram kaki di mana ini merupakan gejala kehamilan secara umum. Selain itu, Alpukat juga mengandung kolin yang penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi mama tercinta.

Baca juga: Jangan Takut Gemuk, Ini Segudang Manfaat Makan Alpukat Untuk Ibu Hamil

2. Jeruk

2. Jeruk
Pixabay/stux

Tidak ada yang jauh lebih menyegarkan selain menikmati buah Jeruk secara khusus saat musim panas. Selain rasanya yang manis, kita tentu mengetahui bahwa buah Jeruk sangat kaya akan kandungan vitamin C yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Namun, secara khusus untuk Mama yang sedang hamil, Jeruk nyatanya merupakan sumber folat yang bagus di mana folat adalah vitamin B yang membantu mencegah kerusakan pada otak dan cacat saraf pada tulang belakang yang harus diperhatikan untuk si Kecil.

Baca juga: 10 Pilihan Makanan dengan Kandungan Asam Folat

3. Lemon

3. Lemon
Pixabay/pixel2013

Masih berbicara mengenai buah yang sangat enak dinikmati saat musim panas, kita tentu tidak boleh melupakan buah Lemon yang turut menjadi salah satu representatif buah di cuaca tersebut. Meskipun terasa asam namun buah ini menyegarkan.

Menariknya, buah dengan ciri khas warna kuning juga kaya akan vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh kesehatan tubuh fisik.

Tidak terkecuali untuk Mama yang sedang hamil, kandungan vitamin C dapat membantu proses kehamilan yang diharapkan lancar.

Editors' Picks

4. Mangga

4. Mangga
Pixabay/ancelin

Satu lagi jenis buah yang membuat siapapun yang menikmatinya langsung terasa segar, Mangga. Meksipun buah dengan khas warna jingga dan hijau ini harus diperhatikan kematangannya agar tidak asam, buah Mangga tetap enak untuk dikonsumsi, bukan?

Beruntunglah, buah Mangga turut menjadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh Ibu Hamil.

Buah Mangga mengandung vitamin A dan C dalam takaran yang banyak yang dibutuhkan oleh si Kecil di dalam kandungan.

5. Apel

5. Apel
Pixabay/955169

Bagaimana mungkin seseorang bisa menyukai buah Apel? Ungkapan ini tentu akan seketika terlintas dalam otak apabila menemukan orang yang benar-benar tidak suka menikmatinya. Pasalnya, rasanya yang enak dan netral kerap menjadi acuan banyak orang menyukainya.

Namun, bukan hanya itu saja. Apel memiliki banyak kandungan positif yang dibutuhkan tubuh sehingga menggaet banyak sekali peminat. Tanpa terkecuali untuk Ibu Hamil di mana Apel menawarkan manfaat kesehatan yang mengejutkan untuk bayi di dalam kandungan.

Secara khusus, hal tersebut dikemukakan dalam sebuah jurnal berjudul Thorax melalui penelitian terpercaya yang membuktikan bahwa mengonsumsi apel selama kehamilan membuat si Kecil rendah potensi asma dan gangguan alergi.

Baca juga: Tak Disangka, Ini Manfaat Apel yang Bikin Perempuan Tampil Menarik

6. Berries

6. Berries
Pixabay/publicdomainpictures

Berbicara mengenai buah-buahan yang memiliki rasa enak dan manfaat positif untuk kesehatan tubuh, bagaimana mungkin kita melupakan buah Berries? Buah-buahan dengan ciri khas penampilan yang menggemaskan ini sangat digemari oleh banyak orang.

Termasuk Mama yang sedang hamil, bukan? Kabar baiknya, Mama tetap bisa mengonsumsi buah-buahan Berries karena kelebihan nutrient-dense complex carbohydrates pada Berries yang bermanfaat saat Mama menjalani proses kehamilan.

7. Pisang

7. Pisang
Pixabay/thedigitalartist

Berbicara mengenai buah Berries, tahukah Mama buah Pisang ternyata masuk ke dalam golongan atau kelompok atau keluarga buah Berries itu sendiri? Hal inilah yang secara jelas turut membuat kami merekomendasikan Pisang untuk dikonsumsi.

Namun, selain itu, alasan utama kenapa Mama dapat mengonsumsi buah Pisang adalah karena kandungan beragam vitamin seperti B-6 dan C yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh saat hami. Tanpa terkecuali potassium dan zat besi yang dibutuhkan.

Sekarang, Mama sudah mengetahui beberapa jenis buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat hamil. Tentu, semuanya harus diselaraskan dengan hasil pertimbangan dan izin dari dokter terkait.

Baca juga: 16 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil yang Harus Mama Ketahui

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!