TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Doa Ibu Hamil Muda untuk Kesehatan dan Keselamatan Janin

Jangan lupa untuk terus mengamalkannya, ya, Ma!

18 November 2022

Doa Ibu Hamil Muda Kesehatan Keselamatan Janin
Unsplash/Faseeh Fawaz

Kehamilan yang sehat merupakan harapan bagi setiap ibu hamil muda. Untuk mewujudkannya, ibu hamil pasti akan melakukan berbagai cara.

Mulai dari menerapkan pola hidup sehat, rutin mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secukupnya, dan berdoa untuk minta perlindungan kepada Allah SWT.

Berdoa kepada Allah SWT merupakan salah satu upaya memohon kesehatan dan keselamatan selama masa kehamilan hingga persalinan yang kerap dilakukan oleh umat muslim.

Cara berdoanya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Tapi, Mama bisa mencoba mengamalkan doa-doa berikut selama kehamilan.

Popmama.com merangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah doa ibu hamil muda untuk kesehatan dan keselamatan janin.

Doa Ibu Hamil Muda

Doa Ibu Hamil Muda
Freepik/jcomp

Pada trimester pertama kehamilan, biasanya ibu hamil muda banyak merasakan keluhan seputar kesehatan kehamilannya, seperti morning sickness, mood swing, dan mudah lelah. 

Maka tak heran, hal tersebut membuat ibu hamil muda merasa cemas dan khawatir. Untuk itu, demi ketenangan hati mama selama menjalani kehamilan, Mama dianjurkan untuk lebih banyak beribadah dan berdoa.

Ada beberapa doa untuk ibu hamil muda yang bisa diamalkan selama masa kehamilan, antara lain:

Editors' Picks

1. Doa terhindar dari keguguran

1. Doa terhindar dari keguguran
Pixabay/Nicci Coertze-Kruger

Doa pertama yang bisa Mama amalkan, yakni doa agar terhindar dari keguguran. Doa ini penting diamalkan mengingat tidak sedikit ibu hamil yang mengalami keguguran pada trimester awal kehamilan.

ٱللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَحْمِلُ كُلُّ أُنثَىٰ وَمَا تَغِيضُ ٱلْأَرْحَامُ وَمَا تَزْدَادُ ۖ وَكُلُّ شَىْءٍ عِندَهُۥ بِمِقْدَارٍ

Allaahu ya'lami maa tahmilu kullu untsaa wa maa taghiidhul arhaamu wa maa tazdaadu wa kullu syai'in 'indahu bimiqdaar. 

Artinya:

"Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan dan kandungan rahim yang kurang sempurna dan yang bertambah. Sungguh, segala sesuatu pada sisi-Nya ada ukurannya." (QS Ar-Ra'd: 8)

إِنَّ ٱللَّهَ يُمْسِكُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ أَن تَزُولَا ۚ وَلَئِن زَالَتَآ إِنْ أَمْسَكَهُمَا مِنْ أَحَدٍ مِّنۢ بَعْدِهِۦٓ ۚ إِنَّهُۥ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا

Innallaha yumsikus-samawati wal-arda an tazula, wa la'in zalata in amsakahuma min ahadim mim ba'dih, innahu knna haliman gafara.

Artinya:

"Sungguh, Allah yang menahan langit dan bumi agar tidak lenyap; dan jika keduanya akan lenyap tidak ada seorang pun yang mampu menahannya selain Allah. Sungguh, Dia Maha Penyantun, Maha Pengampun." (QS Al-Fatir:41)

2. Doa memohon perlindungan untuk bayi di kandungan

2. Doa memohon perlindungan bayi kandungan
Pexels.com/MelikeBenli

Doa selanjutnya yang bisa Mama amalkan adalah doa memohon perlindungan bayi dalam kandungan.

Doa ini dipanjatkan dengan harapan agar Allah SWT memberikan perlindungan atas janin yang mama kandung supaya selalu diberi kesehatan dan keselamatan hingga persalinan.

فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنْثَىٰ وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْأُنْثَىٰ ۖ وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Falammaa wa dho'atha qolat robbi innii wa dho'tuha untsaa walloohu 'alamu bima wadhoat walaisadz dzakaru kal unstaa wainnii sammaituha maryama wa innii u'idzuha bika wadzurriyyataha minasy syaitoonirrojiimi. 

Artinya:

"Maka tatkala istri Imran melahirkan anaknya, dia pun berkata: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku melahirkannya anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan." Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari setan yang terkutuk". (QS. Al-Imran: 36)

3. Doa memohon kesehatan janin

3. Doa memohon kesehatan janin
Pexels/MART PRODUCTION
Deteksi down syndrome melalui USG

Doa yang tak kalah penting untuk mama panjatkan, yakni doa memohon kesehatan janin dalam kandungan, yaitu:

اَللَّهَمَّ احْفَظْ وَلَدِيْ مَا دَامَ فِيْ بَطْنِيْ وَاشْفِهِ أَنْتِ الشَّافِيْ لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا 

Allaahummahfazh waladii maa daama fii bathnii, wasyfihii antas syaafii laa syifaa-a illaa syifaa-uka syifaa-an laa yughoodiru saqomaa.

Artinya:

"Ya Allah, peliharalah anakku selama berada dalam kandunganku. Dan sehatkanlah dia, karena sesungguhnya Engkau adalah zat yang Maha Menyehatkan, tiada kesehatan tanpa kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tidak meninggalkan penyakit sedikitpun. 

Selain doa-doa yang telah disebutkan sebelumnya, mama juga bisa menambahkan bacaan surat Al-Fatihah dan ayat kursi sebagai amalan saat Mama hamil muda.

Itu doa ibu hamil muda untuk kesehatan dan keselamatan janin. Jangan lupa untuk terus mengamalkannya supaya kehamilan diberi kelancaran sampai persalinan nanti, ya, Ma. Amin.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk