TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cara Membedakan Tanda Kehamilan dan Menopause

Kenali tanda kehamilan dan menopause, yuk, Ma!

24 September 2022

Cara Membedakan Tanda Kehamilan Menopause
Freepik/Wayhomestudio

Biasanya perempuan di atas usia 40 tahun lebih sulit membedakan antara kehamilan dan menopause. Dengan memahami gejala kehamilan dan menopause akan membantu Mama mengetahui apa yang dialami.

Kehamilan dan menopause memiliki banyak gejala yang sama. Namun, pada beberapa perempuan mengira dirinya akan mengalami menopause tapi ternyata dia hamil.

Oleh karena itu, sangat penting untuk para perempuan mengetahui cara membedakan tanda kehamilan dan menopause, Terlebih lagi jika usia sudah memasuki kepala empat.

Berikut Popmama.com rangkum cara membedakan tanda kehamilan dan menopause. Simak, yuk, Ma!

Gejala Kehamilan

Gejala Kehamilan
Freepik/Racool_studio

Perempuan tidak akan mengalami menstruasi jika sedang hamil. Namun, biasanya akan timbul bercak darah yang bisa disalah artikan sebagai menstruasi.

Selain itu, biasanya perempuan akan mengalami gejala lain pada kehamilan. Seperti masalah tidur, perubahan suasan hati, sakit kepala, kelelahan, mual, muntah, hingga ke toilet lebih sering.

Gejala Menopause

Gejala Menopause
Freepik/Benzoix

Perempuan yang sudah menopause akan mengalami perubahan periode menstruasi, atau tidak akan mengalami menstruasi lagi untuk seterusnya.

Pada perempuan yang akan mengalami menopause, akan mengalami gejala seperti sulit tidur, kurangnya minat pada seks, kekeringan vagina yang membuat seks tidak nyaman, dan perubahan suasan hati.

Editors' Picks

Mendiagnosisi Kehamilan

Mendiagnosisi Kehamilan
Freepik/4045

Mama bisa menggunakan test pack untuk mengetahui apakah Mama benar mengalami kehamilan atau tidak.

Namun, cara yang paling akurat untuk mengetahui bahwa Mama hamil atau tidak adalah dengan melakukan USG. Sebab, USG menggunakan gelombang suara yang dapat mendeteksi keberadaan janin.

Mendiagnosis Menopause

Mendiagnosis Menopause
Freepik/Wayhomestudio

Dokter biasanya sulit untuk mendiagnosis menopause. Selain itu, dokter akan mengecek kondisi hormon, seperti estrogen dan progesteron yang biasanya menurun ketika perempuan mengalami menopause.

Selanjutnya, dokter akan melakukan tes darah untuk megetahui kadar hormon pada perempuan. Dan kemungkinan akan mempertimbangkan dengan semua gejala yang dialami oleh Mama.

Langkah Selanjutnya Setelah Didiagnosis Hamil

Langkah Selanjut Setelah Didiagnosis Hamil
Freepik/benzoix

Perempuan yang baru mengalami kehamilan diusia 35 tahun ke atas, bisa disebut sebagai “Hamil usia tua”.

Tidak memandang usia, semua ibu hamil harus melakukan yang terbaik untuk diri sendiri dan janin seperti mengubah kebiasaan hidup yang buruk, mengonsumsi makanan yang sehat, minum banyak air, serta menghindari stres dan kecemasan.

Langkah Selanjutnya Setelah Didiagnosis Menopause

Langkah Selanjut Setelah Didiagnosis Menopause
Freepik/Pressfoto

Jika mengalami menopause, Mama tetap harus menerapkan pola hidup sehat. Seperti tetap berolahraga, mengonsumsi makanan yang sehat, dan konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan rutin.

Menggunakan Hormone Replacement Therapy (HRT) juga dapat mengurangi gejala yang berhubungan dengan menopause.

Namun, Hormone Replacement Therapy (HRT) dapat memicu masalah kesehatan, seperti meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Jadi, penggunaan HRT wajib konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, ya, Ma!

Nah, itu tadi cara membedakan tanda kehamilan dan menopause. Selalu jaga kesehatan dalam kondisi apa pun, ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk