Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Manfaat Kacang Koro untuk Ibu Hamil

Penuhi nutrisi selama kehamilan dengan mengonsumsi kacang koro

28 November 2022

5 Manfaat Kacang Koro Ibu Hamil
Instagram/Hendridinoto

Kacang-kacangan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan terutama saat hamil. Salah satu jenis kacang yang bermanfaat untuk ibu hamil adalah kacang koro, Ma. 

Selama kehamilan, mengonsumsi segenggam kacang koro dapat meningkatkan perkembangan bagian depan otak janin.  Selain itu, mengonsumsi kacang koro selama kehamilan juga bisa memberikan manfaat jangka panjang bagi perkembangan motorik dan kognitif si Kecil ke depannya.

Untuk mengetahui mannfaat kacang koro lainnya untuk ibu hamil, di bawah ini Popmama.com telah merangkum 5 manfaat kacang koro untuk ibu hamil. Yuk, kita simak bersama, Ma!

1. Asam folat yang tinggi

1. Asam folat tinggi
Instagram/Fitrahapsariapsari

Secara umum, kacang koro mengandung asam folat yang tinggi. Mengonsumsi kacang koro dapat memberikan tambahan nutrisi ke dalam tubuh dan baik untuk pembentukan sel otak janin.

Selain itu, kandungan asam folat di dalam kacang koro dapat membantu meningkatkan perkembangan tabung saraf janin untuk pembentukan sel darah merah, Ma.

Editors' Picks

2. Mencegah anemia pada ibu hamil

2. Mencegah anemia ibu hamil
Freepik/cookie_studio

Selama kehamilan, tubuh akan memproduksi lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan janin. Jika Mama tidak memiliki zat besi yang cukup, tubuh tidak akan bisa memproduksi darah secara efktif sehingga menyebabkan anemia.

Untuk mencegah risiko tersebut, pastikan Mama mendapakan zat besi yang cukup. Kacang koro memiliki kandungan zat besi yang tinggi, ini bisa menjadi pilihan camilan Mama untuk mencegah anemia selama kehamilan.

3. Membantu turunkan berat badan saat hamil

3. Membantu turunkan berat badan saat hamil
Instagram/Cemilon.jogja

Mengalami perubahan bentuk dan penambahan berat selama kehamilan merupakan hal yang wajar. Namun, apabila sampai menyebabkan obesitas saat hamil dapat berdampak buruk bagi kesehatan mama dan perkembangan janin.

Kacang koro memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi. Protein dan serat dalam kacang koro membuat Mama terasa kenyang lebih lama, menurukan berat badan, menurukan risiko kolestrol, dan melancarkan masalah pencernaan yang sering dialami selama kehamilan.

4. Meningkatkan pertumbuhan tulang janin

4. Meningkatkan pertumbuhan tulang janin
Freepik

Ibu hamil sangat membutuhkan kalsium. Hal ini dikarenakan kalsium termasuk asupan yang penting selama kehamilan. Penuhi kebutuhan kalsium selama kehamilan dengan mengonsumsi kacang koro, Ma.

Mengonsumsi kacang koro membantu meningkatkan tumbuh kembang si Kecil, seperti perkembangan tulang, gigi, saraf, jantung, dan otot janin yang sedang berkembang di dalam rahim.

5. Mencegah preeklamsia

5. Mencegah preeklamsia
Freepik/PV Productions

Preeklamsia terjadi karena tekanan darah tinggi selama kehamilan. Dengan mengonsumsi kacang koro dapat mengendurkan pembuluh darah dan mencegah tekanan darah tinggi.

Sebab, di dalam kacang koro mengandung kalium dan magnesium guna mengurangi tekanan darah tinggi, yang diharapkan  dapat menurunkan risiko preeklamsia.

Selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu tentang makanan yang ingin dikonsumsi selama kehamilan. Sebab, ada beberapa ibu hamil yang alergi terhadap kacang-kacangan/

Nah, itu tadi pembahasan 5 manfaat kacang koro untuk ibu hamil. Selalu jaga kesehatan dan penuhi nutrisi selama kehamilan demi perkembangan si Kecil, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk