5 Manfaat Wortel Bagi Ibu Hamil, Bisa Melawan Infeksi

Bisa dijadikan jus juga lho, Ma!

5 April 2021

5 Manfaat Wortel Bagi Ibu Hamil, Bisa Melawan Infeksi
Freepik/Racool_studio

Apa yang ada di benak mama ketika mendengar sayur wortel? Mungkin kebanyakan orang akan menjawab, wortel sebagai sayuran yang baik untuk kesehatan mata. Bukan begitu, Ma?

Namun nyatanya, tak hanya baik untuk kesehatan mata saja, Ma. Sayuran berwarna oranye yang kaya akan vitamin dan mineral ini ternyata juga dianjurkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungannya.

Identik sebagai pelengkap yang selalu ada dalam sayur sop, wortel juga biasa dikonsumsi mentah maupun dibuat jus agar lebih bervariasi. Dengan mengonsumsi wortel, maka akan menambah energi mama agar tidak mudah lelah dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Selain menambah energi, berikut Popmama.com telah merangkum manfaat lain dari wortel untuk ibu hamil. Disimak yuk, Ma!

1. Mencegah infeksi

1. Mencegah infeksi
Pexels/Wendy Wei

Dalam penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Pediatrics disebutkan bahwa, vitamin A dalam wortel dapat membantu melawan infeksi, Ma. Jadi tak hanya baik untuk kesehatan mata, tetapi juga mampu melawan infeksi.

Dengan begitu, Mama tidak akan mudah jatuh sakit saat hamil.

Editors' Picks

2. Mencegah kram dan menguatkan otot saat hamil

2. Mencegah kram menguatkan otot saat hamil
Freepik/torwaiphoto

Meski umum terjadi, kram dan rasa kaku pada otot selama kehamilan sering kali membuat kegiatan sehari-hari mama menjadi terganggu. Dengan mengonsumsi kalsium yang terdapat pada wortel, maka nantinya akan mencegah kram otot selama masa kehamilan, Ma.

Jadi tak hanya untuk menguatkan otot dan meningkatkan kualitas ASI, kalium dalam wortel juga akan membantu mempersiapkan serta merangsang pertumbuhan tulang pada janin yang Mama kandung.

3. Memperlancar pencernaan

3. Memperlancar pencernaan
Freepik

Selain kram, permasalahan yang banyak dialami ibu hamil adalah gangguan pencernaan seperti halnya sembelit. Mama bisa memanfaatkan kandungan serat yang ada pada wortel untuk menjauhkan risiko sembelit atau konstipasi.

Tak hanya memperlancar pencernaan, serat pada wortel juga bermanfaat untuk menjaga berat badan ibu hamil agar tetap stabil di masa kehamilannya, juga untuk mengurangi kadar gula dalam darah yang baik bagi ibu hamil untuk mengurangi risiko diabetes.

4. Menjaga tekanan darah agar stabil

4. Menjaga tekanan darah agar stabil
Freepik

Kunci kehamilan yang sehat hingga persalinan yang aman adalah dengan menjaga tekanan darah agar tetap stabil di batas normal. Mama bisa merawatnya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi untuk produksi dan pembentukan sel darah merah.

Wortel bisa menjadi pilihan yang baik karena kandungan zat besi di dalamnya yang mampu menjaga tekanan darah mama agar tetap stabil dan terhindar dari penyakit anemia saat hamil.

5. Merawat kesehatan kulit

5. Merawat kesehatan kulit
Freepik/user18526052

Kandungan kalium dan zat besi pada wortel juga baik untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku di masa kehamilan, Ma. Sehingga mengonsumsi wortel yang kaya akan vitamin dan mineral tentunya baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandung.

Nah, itu dia manfaat wortel untuk ibu hamil. Meski bermanfaat, Mama tetap perlu memerhatikan asupan wortel yang dikonsumsi agar tidak berlebihan dan menghindari konsumsi wortel mentah ya, Ma.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat menjalani kehamilan yang sehat, Mama!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.